3 Mar 2013

Blogwalking Nyaman Tanpa Si Robot

 Pernahkah hati merasa kesal apabila hendak meninggalkan jejak pada kolom komentar blog orang. Errrgh...sudah semangat-semangatnya untuk memberi saran atau opini kita, eeit gak tahunya dihadang robot untuk mengharuskan verifikasi suatu kode. Sudah kepala gliyeng (baca:pusing) masih ditambah bingung melototin kode kombinasi angka dan huruf yang susah terbaca. Hehehe.
si robot yang menjengkelkan

Harus diakui komentar yang berdatanganlah salah satu yang membuat blog terasa hidup, karena biarpun postingan banyak dan data statistik menunjukkan page view yang banyak, bisa terasa hampa tanpa adanya komentar pengunjung.
Mungkin bagi para pemula blogger, yang baru belajar mendalami nge-blog bakalan kabur deh, alias mengurungkan niatnya untuk memberi komentar. Sama halnya dengan pengalaman pribadi dulu, manakala belajar otodidak mengutak-atik blog sambil blogwalking di blog teman. Kadang merasa beruntung sekali, saat meninggalkan komentar di blog orang bisa berjalan mulus tanpa kendala. Bahkan secara otomatis langsung bisa terupload dikolom blog teman yang bersangkutan.
Tetapi urusannya jadi ribet jika dipaksa memasukkan kode verifikasi yang agak menganggu.
Belajar dari pengalaman tidak mengenakkan tersebut, saya berusaha menerapkan yang terbaik dalam blog pribadi dengan menyilakan siapapun untuk bisa berkomentar secara nyaman tanpa terganggu kehadiran si robot (word verification).
Adanya kode verifikasi di dalam kolom komentar, tak lain dan tak bukan untuk menangkal dari serangan Spam,tapi kalau masih newbie dunia blogging (bukan blog seleb,traffik yang diperoleh kebanyakkan berasal dari blogwalking, dimana memang mengharapkan kunjungan balasan bersama komentar dari blog yang telah dikunjungi) sebaiknya tidak perlu memasang kode verifikasi yang berujung pada ketidaknyamanan. 
Bayangkan saja, jika sebagian orang yang berkunjung ke blog, merasa dipersulit dalam meninggalkan jejak. Misalnya, saat setting komentar dalam blog belum ada opsi untuk berkomentar dengan menggunakan Name/Url. Bisa juga visitor yang datang kebetulan berada di komputer umum semacam warnet,tidak sedang login akun google melainkan berbrowsing ria untuk berkomentar di blog tidak akan bisa kecuali harus login terlebih dahulu, lebih ribet lagi kalau pengunjung memakai HP.

Berikut langkah mengubah setting komentar dalam tampilan blogspot yang baru. 
1.Masuk dashboard blog dulu
2.Klik setelan atau Setting lalu comment (pos dan komentar)
3.Pada tampilan verifikasi kata--> pilih opsi "Tidak"   
4.Pilih opsi"anyone" untuk siapa yang mengomentari,agar semua visitor bisa komentar termasuk anonymous.  
 

Nah, kini pengunjung akan merasa lega sekaligus nyaman saat berkunjung ke blog dan meninggalkan komentar. Karena robot "capcay" di kolom komentar sudah ditiadakan.
Untuk mengantisipasi kekuatiran komentar berjenis spam, bisa bikin komentar di moderasi saja, menjaga setiap kali ada komentar tidak langsung muncul. Terlebih lagi sudah ada fitur blogspot yang mengelola komentar spammer yang masuk.

19 comments:

  1. HIhihi, saya sering kesal dgn captcha ini. Tapi, ya tiap orang kan maunya beda. Dulu saya ga suka komen di blog orang yg pake captcha, tp sekarang gak lagi. Ya, biar blog kita banyak yg komen otomatis kita harus banyak komen di blog orang, sekali pun pake captcha :)

    ReplyDelete
  2. lumayan mengganggu sih.. walopun gitu tetep komen apalagi kl memang menarik artikelnya. Tapi kalo udah berkali2 recaptcha masih juga gak kebaca.. Kalo udah gitu biasanya sy tinggal tanpa kasih komen :)

    ReplyDelete
  3. idem deh mbak@Nia pengalamannya sama daku yang terdahulu, terkadang kalo mata lagi sepet n pikiran kusut hehehe komen bisa difolow up ya mb @Myra :)

    ReplyDelete
  4. Blog-ku aku pasangin captcha sejak banyak yg nyepam. Bikin enek, karena jumlahnya bisa puluhan spam setiap hari... Alhamdulillah jadinya ketahuan mana temen blogger yg serius dan nggak.. Salam, Mbak

    ira
    www.keluargapelancong.net

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas komen cantiknya ya,mbak Ira. Ini aku posting gara2 sering menemui captca di blog temen. Bikin repot.Hahaha

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, bermanfaat banget! :)

    ReplyDelete
  7. thks banget ya mas Sokat,hehehe linknya udah aku tempelin tuh dari lama :)hehehe,baru ijin skrg ^_^

    ReplyDelete
  8. Wah saya termasuk new bie ini belum ketemu yang begitu.

    ReplyDelete
  9. hai,mba Nur makasi sdh kasih komen :) smoga saja tips ini bermanfaat. Ingat seandainya ketemu demikian, mungkin blog teman belum disetting seperti diatas. Emang sangat merepotkan,kok,mbak :)

    ReplyDelete
  10. yups betul mbak, sangat merepotkan memang klo di komentar minta verifikasi, makasih infonya, sangat bermanfaat dan menarik

    ReplyDelete
  11. Semoga saja bermanfaat bagi yang lain juga ya mbak @Lisa. Thks banget atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  12. memang mengganggu , tapi ada gunanya juga kan. supaya robot nggak bikin spam komentar di blog kita. ya kan?

    ReplyDelete
  13. hehehe cekidot masbro :), kan kita nih,bkn seleb alias msh unyu2 didunia perngeblog (welah bahasane acak adut),jadi gak perlu banget psg robot.kan kita butuh balasan dari temen/visitor utk traffik. :D

    ReplyDelete
  14. capcay bikin enak tapi kalau capcha sudah salah lebih dari tiga kali, kesal juga ya?

    ReplyDelete
  15. Nah itu mbaak yg bikin susah, kalo utk pendatang baru di blog, gak mau repot,malahan kabur. Tapi ada yg gigih **moodel saya**hihihi, tanceeep trus sampe bisa :)

    ReplyDelete
  16. @Darto : Good..top markotop deh, sudah ngecek disana. Ternyata sudah okaay banget. Slmt rajin update artikel ya :)

    ReplyDelete
  17. untuk kolom tampilkan tautan balik diisi apa?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)