27 Apr 2013

Lentog Kudus Bikin Makyuuus


Sebagai penikmat kuliner jalanan, belum puas rasanya jika tidak mengupas resep masakannya di blog. Etung-etung berbagi info resep dengan pecinta kuliner lainnya.  Setiap daerah pasti memiliki cita rasa kuliner tersendiri, ada yang bercita rasa manis,pedas seperti khas Yogya. Atau yang pedas berlemak seperti masakan Padang. 
Kalau orang Betawi mencari Ketoprak untuk sarapan pagi, di Kudus yang kerap di datangi akhir weekend  itu Lentog.

Siapa sih yang tidak kenal Lentog Kudus. Makanan yang terdiri dari lontong, gori atau sayur nangka muda, diguyur opor tahu tempe. Dijamin pengunjung yang datang akan membludag di hari liburan. Hehehe, namanya saja hari santai bersama keluarga. Tidak terkecuali saya dan keluarga, setiap minggu pagi langsung berburu kuliner yang satu ini.
Lezatnya Lentog Kudus : dipinjam dari sini
 Umumnya penyajian Lentog  diatas daun pisang begitu mengunggah selera. Lentog juga disantap dengan makanan pendamping seperti : sate usus, sate telur puyuh ataupun bakwan sayur. Semakin menambah nikmat cita rasa Lentog. Belum lagi kalau ditambah dengan sambal yang sudah diuleg halus, Kalau tidak suka terlalu pedas, bisa diganti dengan cabe rawit yang direbus.
Kalau ingin membuatnya sendiri di rumah, ada sisipan resep dari mertua yang asli Kudus,nih :
Resep Lentog Kudus

1. Bahan Sayur Nangka 
250 gram gori dipotong-potong, lalu direbus
2 lembar daun salam, setengah ruas laos dimemarkan
1 liter santan kental dari1/2 butir kelapa.
2 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

2. Bumbu Halus untuk Sayur Nangka
siapkan 5 butir bawang merah, 3 bawang putih , 4 butir kemiri disangrai, 1/2 sdt ketumbar
3. Bahan Opor Tahu Tempe
2 buah tahu kulit segitiga
200 gr tempe potong diagonal
2 lembar daun salam
2 cm laos dimemarkan
2 lembar daun jeruk
2 batang serai,diambil yang putihnya,dimemarkan
1 sdt garam, 1 sdt gula pasir
1/2 liter santan dari separo kelapa
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus Opor 
5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih
3 butir kemiri, 2 cm jahe memarkan
3 butir kemiri disangrai
1 sdt ketumbar
1/2 sdt  merica, 1/2 sdt jinten

Pelengkap
lontong, bawang merah goreng, rawit merah rebus
Cara memasak
1. masukkan jadi satu gori yang sudah direbus, daun salam,laos, santan,gula pasir, garam dan bumbu halus. Masak hingga matang.Sisihkan
2. Panaskan minyak.Tumis bumbu halus opor, serai,laos,daun salam, daun jeruk sampai harum. Tambahkan potongan tahu dan tempe. Aduk hingga rata.
3.Lalu masukkan santan, gula pasir, garam. Aduk rata. Sambil diaduk sampai kuah mengental. Angkat.
4. Sajikan bersama lontong, disiram dengan kuah opor dan sayur nangka. Taburi dengan bawang goreng.

Selamat mencoba di akhir pekan yang menyenangkan. Semoga resep diatas berkenanbagi keluarga penikmat kuliner daerah.

5 comments:

  1. Mak nyuss ya Mba, jadi kepengen, secara suka banget sama masakan yang kaya bumbu

    ReplyDelete
  2. Hayuuuk, mba bikin siapa tau ketagihan.Hihihi :)

    ReplyDelete
  3. Mau coba ahh Mak Christanty..kmrn minggu aku ke Kudus..cuma..nggak sempat nyicip lentog kudusnya..udah kenyang duluan makan Soto Kudus Bu Jatmi.hihi..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)