26 Apr 2013

Tips Memilih Kamera DSLR



Jaman sekarang, banyak orang suka mejeng, alias narsis. Gak afdol namanya kalo tidak bisa eksis (baca :memampangkan foto). Maklumlah sekarang semuanya sudah melek tehnologi. Sosmed seperti : Facebook, twitter sudah seperti menu makanan sehari-hari. Berbagai cara bisa dipakai untuk mendapatkan jepretan gambar yang menarik. Apalagi sekarang tersedia fasilitas kamera ponsel.
Kamera DSLR :dipinjam dari sini
Tetapi menurut pengalaman pribadi, rasanya kurang puas jika mendapatkan gambar yang diinginkan via ponsel. Beragam kekurangan yang seringkali dijumpai, seperti pencahayaan yang kurang atau terkadang gambar kurang fokus. 
Kini orang mulai melirik kamera digital. Demi memenuhi hasrat fotografi yang tidak sekedar hobi. Beberapa  diantaranya tergoda untuk membeli kamera DSLR yang harganya lebih tinggi ketimbang kamera saku.
Tahukah kamera DSLR merupakan singkatan dari Digital Single-Lens Reflec. Kamera digital yang menggunakan lensa tungga. Dimana hasil akhir yang diperoleh akan sama dengan apa yang tampak melalui lubang intip atau biasa disebut view-finder.

Berikut ada tips yang saya peroleh dari seorang teman jurnalis ANTARA, bila seorang pemula  berminat untuk membeli kamera DSLR.
1. HARGA
Pastinya ada beragam  merek kamera mahal "DSLR" serta fiturnya yang canggih di pasaran.     Oleh karena itu, perkirakan budget (dana) disesuaikan dengan harga pilihan kamera. Buat perbandingan antara satu merek dengan merek lainnya. Informasi bisa diketahui lewat internet maupun bertanya langsung ke gerai kamera.
2. FUNGSI
Jangan langsung terburu-buru, pertimbangkan kembali fungsi kamera yang akan dibeli. Atau kegunaan kamera DSLR sekedar untuk ajang pamer, berarti tidak perlu memakai kamera dengan harga selangit dan fitur yang canggih. Jadi, sesuaikan kamera dengan kebutuhan yang ada.
3. UKURAN serta KECEPATAN
Kamera DSLR  pada umumnya berukuran kebih besar daripada kamera biasa. Bagi yang sering mobile, sebaiknya memilih kamera DSLR yang berukuran kecil karena agak ringan dan mudah dibawa kemana-mana.
Begitu pula dengan speed kamera DSLR ini berlainan. Kecepatan yang ada seperti untuk menjepret dan ambil fokus. Semakin tinggi speed memotretnya, semakin mahal harga suatu kamera DSLR. Contohnya memotret balapan motor yang bergerak cepat atau gerakan akrobatik seorang pesenam.
4. KONEKTIVITAS
Ada jenis kamera DSLR memiliki fitur konektivitas wireless. Fitur ini cukup praktis, karena bisa memindahkana gambar dari piranti kamera ke laptop maupun komputer tanpa kabel data.
5. ANEKA FITUR TAMBAHAN
Salah satu fitur tambahan pada kamera DSLR, adalah pengaturan ISO untuk memotret suasana atau tempat kurang pencahayaan,ada lensa khusus untuk yang sudah terampil fotografi dan sebagainya

Yang penting semua informasi  bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli kamera yang sesuai dengan pilihan hati. Tentunya bukan sekedar pamer atau sok gaya-gayaan saja :)

10 comments:

  1. makasih mak atas tips2 nya, wah udah bisa intai2 kamera nih

    ReplyDelete
  2. Terus terang saya sedang ngidam kamera DSLR wong saya hobi banget mejeng dan masang gambar di blog.
    Terima kasih tipsnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  3. @Lisa :terimakasih ya mbak Lisa kalo tipsnya bisa berguna
    @Ade: thks sudah kasih komentar mbak Ade.Sukses slalu
    @Cholik:Mtrnuwun Cikgu berkenan mampir dan meninggalkan jejak disini :) slm hangat juga dari Kudus ^_^.

    ReplyDelete
  4. Makasih ya Tips nya ..
    Ngiler mau DSLR juga :D

    ReplyDelete
  5. Terimakasih, sudi mampir kemari :) senengnya kalo bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. DSLR nggak kuku harganya, ngidam prosumer aja lah, semoga bisa kebeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja mbak Ety bisa beli juga kamera idaman :)

      Delete
  7. My Canon Camera is my life :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiiiiiiip mbaak, aku naksisr CxxxN sejak kecil.

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)