16 Jun 2013

(Tutorial) Cara Memasang Widget Blog

Para Sobat Blogger,
Setelah membahas cara mempercantik blog dengan beragam aksesoris, kini saatnya mempelajari Cara Memasang Widget cantik. Beberapa tips sederhana dan mudah bisa langsung dipelajari dalam artikel seperti dibawah ini, diantaranya :


1. Memasang jam di blog
Sebenarnya widget ini bisa diletakkan dalam template blog kita semisal di side bar, header, footer ataupun dalam isi artikel tergantung selera kita masing-masing. Perhatikan  salah satu contoh bentuk widget.
Agar kita bisa memasang bentuk widget "jam blog" seperti contoh, terlebih dahulu kita mengambil kodenya disini clocklink . Setelah berhasil sesuai langkah yang dijalankan, akan ada halaman persetujuan sebelum kode muncul. 
Silakan klik tulisan "accept" kemudian akan muncul halaman yang berisi kode. Anda bisa menyetting warna tampilan, ukuran maupun zona waktu yang diinginkan. Setelah itu copy kodenya dan tempelkan pada blog.
Adapun cara copas dalam blog :
Langkah pertama, masuk ke dashboard, pilih tata letak, dan tambahkan gadget, pilih HTML/Javascript untuk menaruh kode yang telah dicopas tadi. Setelah itu simpan.
Jam blog yang sukses dipasang
2. Memasang Logo/banner  di blog
Blog pada umumnya akan tampak manis apabila ada logo/banner yang menghiasi side bar. Terlebih lagi bila blog yang dibuat memiliki komunitas yang mensyaratkan untuk memasang gambar berupa logo/banner. Bagi pemula mungkin ada rasa bingung, bagaimana cara memasukkan logo/banner tersebut. Jangan kuatir, mudah kok cara memasangnya. Ikuti petunjuk sederhana berikut ini,ya :)
Cara pertama tetap masuk ke dashboard, pilih tata letak, dan tambahkan gadget, pilih gambar. Pilih file dari laptop ataupun dekstop yang ada.
Setelah menemukan pilihan gambar yang diinginkan--pilih open untuk mengambil file gambar dalam komputer. Kemudian simpan settingan.

Ada lagi cara memasang widget cantik lainnya seperti  Banner/logo lomba semisal seperti ini :
<"http://microsite.detik.com/minisite/YamahaBlogContest/" target="_blank" alt="Yamaha Blog Competition">


Tinggal copaskan saja kode lomba tersebut langsung ke halaman pos. Dengan mengklik gambar pensil.
Setelah gambar dirasa cukup memuaskan baru dipasang ke side bar sesuai dengan kode html .


Nah, bagaimana cukup mudah bukan ??? Hayo saatnya mempraktekkan cara memasang widget cantik dalam blog supaya semakin semangat untuk mengupdate tulisan dan cerita menarik lainnya.
Selamat mencoba, yaaa.


13 komentar:

  1. Sangat membantu sekali bagi temen-temen yang baru mengenal blog. Sekarang kan lagi bermunculan blogger-blogger baru kak.

    Tetap semangat untuk menuliskan sesuatu ya kak. Gaya tulisanmu sudah menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimnakasih yaa, wuih keren blognya banyak ya mas :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. thks alot ya mbaak, senangnya dapat tamu cantik :)

      Hapus
  3. diriku jadi berandai2, andai kita satu kota, tentu aku akan menjambangimu Mbak Tanti, mendaulatmu menjadi guru, eh temanan di FB ya, ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa, sih mbaak.,.ngak nyangka yaa dulu aku sbnrnya tinggal dekat rumahmu,lo (HANOMAN RAYA no.23) masih ada tuh rumahnya :) PEngin balik lagi ke Semarang...hehehe. It's okaay deh.

      Hapus
  4. wah sbnrnya gk susah jg ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai,mba Enny caem iyaa kan so simple. Thks ya mba sudi mampir ke omahantikQ . Muaccch **Big HUg**

      Hapus
  5. Wah Mantab nih, dpt ilmu lagi nih buat kutak atik template melalui halaman posting. mkasih banyak infonya. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas kunjungannya...salam kenal juga mas :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)