25 Jul 2013

Tips: Cara Mudah Membuat Watermark Foto

Salam Sobat Blogger,

Contoh : Hasil Foto yang watermark
Mungkin tips tentang cara mudah membuat watermark foto bisa jadi alternatif mudah.  Pernah dengar, ada diskusi ramai soal salah seorang blogger yang serta merta "asal" mencomot sebuah gambar/foto yang notabene sudah diprotek ??? Maksutnya foto tersebut sudah menjadi hak milik pribadi orang. Sebenernya, kalau kita mau mencantumkan sumber dan darimana link gambar foto tersebut diambil sekiranya tidak menjadi soal. Sayangngnya, terkadang ada orang yang nekad mengambil foto/gambar milik orang lain (ditandai dengan foto yang diwatermark ) diikut sertakan dalam kontes lomba. 

Nah, kan jadi berabe. Apalagi si empunya foto/gambar tersebut tidak terima. Protesnya berujung pelaporan  ke pihak panitia lomba. Ujung-ujungnya blogger nekad tersebut dicabut hak lombanya, bahkan yang lebih tragis bisa kena backlist. Aduuuuh, jangan sampai deh sobat. Kita bisa kok cari amannya, dengan berusaha menciptakan foto/gambar tersendiri. Atau mencari gambar lain yang khusus disediakan freely.
Selanjutnya agar foto/gambar terhindar dari pencomotan orang yang kurang bertanggung jawab caranya dengan memberi watermark .
Apa sih , yang dimaksud dengan watermark ??  Watermark merupakan sebuah teks bisa juga logo yang sengaja disematkan dalam foto/gambar gambar berfungsi untuk pemberian identifikasi  atau menghindari pembajakan image. Jelasnya Watermark adalah seperti Copyright sebuah image foto.
Mungkin ada sebagian sobat yang bingung, karena edit suatu gambar/foto dibutuhkan ketrampilan khusus. Biasanya software yang digunakan adalah photosop. Berhubung banyak blogger yang terkadang merasa ribet dengan software tersebut, sekarang ada cara mudah membuat watermark foto. Kali ini saya menggunakan software editing online di www.pixlr.com.
Perhatikan langkah-langkah berikut dalam membuat watermark foto dengan mudah di pixlr.com.
1. Buka software editing online pixlr.com sehingga tampil seperti berikut :
Pilih Open Pixlr Editor

2. Siapkan foto/gambar yang akan diberi watermark di penyimpanan hardisk sobat
Pilih salah satu file foto di PC sobat
3. Ada menu option padamenu editor seperti klik new layer pada kolom kanan atau bisa juga di menu tab>> LAYER pilih New Layer
Add caption
4. Pilih MAIN COLOUR>> MARQUEE TOOL >>BUCKET TOOL, pemakaian marquee tools ditandai adanya garis putus-putus pada bidang obyek.
Pengisian warna memakai bucket tool juga bisa diatur dengan "Toogle Layer Setting" .
5. Untuk pengeditan bisa pilih Select All (pengaturan warna setelah pemakaian bucket tool) lalu klik Type tool seperti gambar :
Edit tulisan sesuai yang diinginkan
6. Tulisan watermark yang sudah dibuat bisa digeser posisi melalui move tool
7. Langkah terakhir, adalah menyimpan hasil foto watermark ke dalam komputer Sobat sesuai format yang ada.

Selamat mempraktekan cara mudah membuat foto watermark. Semoga bisa menjadi manfaat dalam melindungi apa yang menjadi hak milik kita. Tetap tingkatkan semangat dalam beretika ngeblog. Salam suksesa selalu. Silakan tinggalkan koment dibawah jika ada yang kurang jelas dengan cara tutorial ini.


46 komentar:

  1. Untuk gambar hasil sendiri, ane mah langsung upload aja. Tapi kalau ngambil dari google, ane selalu memodifikasinya. Jadi tetep kreasi sendiri too?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang boleh pie dimodifikasi? hehe

      Hapus
    2. Tetep saja aku lebih aman pake gambar sendiri mas,kecuali terpaksa ambil dari google ya aku sebutin nama sumbernya :)

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Ho, aku pake photoscape Mbak, gamping... :)
    Eh, aku pernah lho diprotes ma temen di FB ma temen kuliah.
    "Kenapa sih fotonya selalu diedit (Pake watermark)."
    Agak jengkel juga pas ditanya gitu dengan tampang judes tuh temenku, tak jawab aja, "Biar gak kamu comot aja."
    Hihihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak ika saya juga pake photoscape, atau photoshop jg bisa. Its much simple, pake photoscape

      Hapus
    2. good answer mbaIka n mb Afin :) lagi getol sama yang softaware online editing nih ;)

      Hapus
    3. Saya juga sering pake photoscape kalau ngedit foto, tapi kalau untuk ngedit foto" untuk di blog belum nyoba *ikutan nyamber* hehehe

      Hapus
  3. dimodifikasi gimana ya pak yitno? Mending gak usah aja timbang jadi perkara. Jika memang ambil gambar dari inet cantumkan saja link-nya. Itu lebih aman kurasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebaiknya, kalo pun kita ambil gambar dari google dan kita modif [nambahin tulisan atau apa pun], tetap cantumkan sumber gambar asalnya deh, biar lebih aman. Begitukan mbak Afin? :)

      Hapus
  4. softwarenya online ya, mak? kalo yang offline ada? jadi ga perlu ol dulu, hehe :D soale rodo males nek kudu buka web sik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ingin edit online, sebenarnya juga bisa kok, Ila. Saya biasanya cukup dg menempel foto yang dimaksud pada halaman word, lalu tambahkan tulisannya [insert word art], terus skrinsut deh tuh foto. Dan karena menggunakan Mac, jadi ngerjainnya lebih simple. Mac punya fasilitas skrinsut khusus utk bagian yang kita inginkan saja, ga seluruh layar. Kebanyakan foto yang ada di blogku tuh hasil olahan dengan cut and paste di word aja. #IkutanNimbrung. Boleh ya, Mak Tanty. :)

      Hapus
    2. Makasi Mak Ika yang caem...senangnya bisa dibantu dengan jawaban yang makyuuus, kereeen banget. Wah kalo ga pake lepi merk MAC, gimana dong ada solusi lain buat yang bisa offline ;)

      Hapus
  5. maksudnya fotonya dikasi nama gitu ya..trims ya nambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Bunda, biar aman dari pembajakaan :) hehehe. Makasi yaa sudi berkunjung lagi ^_^

      Hapus
  6. Gambarnya unyu - unyu hehehe...itu software editing online ya, kalau yang bukan editing online ada ndak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas, kalo pake phtotosop lepinya ga kuat hikks... bisa dicoba yang editing OL .Ini spt saran blogger senior mb Alaika :
      (Kalo ingin edit online, sebenarnya juga bisa kok. Saya biasanya cukup dg menempel foto yang dimaksud pada halaman word, lalu tambahkan tulisannya [insert word art], terus skrinsut deh tuh foto. Dan karena menggunakan Mac, jadi ngerjainnya lebih simple). Begitu saran mba Alaika mas.

      Hapus
  7. Wah tjantik banget itu mak ??

    BalasHapus
  8. mak, sbnrnya watermark itu intinya gimana sih? Tulisan yang kita tambahin di foto kita gitu ya? Saya nambahin tulisan pake paint (yg paling gampang aja), itu termasuk watermark atau watermark itu ada ciri tertentu yg berbeda dari sekadar tulisan di atas foto?
    maap gaptek :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa sama deh mbaa, kadang aku juga pake PAINT, ini lagi kesengsem sama PIXLR kok...slm kenal ya mba :)

      Hapus
  9. biasanya aku pakai pixlr versi android atau pakai picasa. nggak perlu online dulu. jdi tinggal upload aja kalau mau pubish tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kadang aku juga gak perlu online tapi klo mau bebas sih enakan pake pC :D

      watermark itu penting sih biar gak dicuri D:

      Hapus
    2. Hehehe kagak punya Android mbaa Rochma...btw cepetan smbuh yaa,
      Siip deh mba Hana itu just in case as Rightprotect :)

      Hapus
  10. Wah nambah ilmu lagi, bermanfaat banget ini buat pemula :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaa, senengnya bisa berbagi dengan temen2 keren nih :)

      Hapus
    2. Mbak Putri, aku sudah follow blog ini ketika main pertama kali ke sini :), dengan GFC Titis Ayuningsih :D

      Hapus
  11. Aku juga kebiasa pake photoscape. Emang lebih simpel kayaknya :)

    BalasHapus
  12. Hehehe iyaa sih cuman lagi getol aja pakenya mas :)

    BalasHapus
  13. kalo saya biasanya bikinnya di photoshop atau di photoscape, nice info mbak bisa dijadikan alternatif ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalo untuk artwork kadang suka pake logo-logoan yg udah di jadiin png dan ngeditnya pun di photoshop :3

      Hapus
    2. Ya niih mba emang praktis di photoscape/photsop, cuman ini lagi seneng2nya sama Pixlr... maklumlah :) thks sdh mampir :)

      Hapus
  14. Wah, kaum hawa semua yang berkomentar tapi tidak ada salahnya saya ikut nebeng di sini sebab tujuan saya damai untuk nyari ilmu. Terima kasih infonya mbak yang manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa.. aya2 ae. Loo ada kok yang koment dari awal cowo masih brondong pula. Seperti mas Yitno HP. Blognya dominan dgn tutorial dan soal cari duit vi INET :)

      Hapus
  15. info yang bermanfaat ini program versi sederhana dari Photoshop tapi versi online

    BalasHapus
  16. Pake software aja semisal Visual Watermark... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga deh mas, whatever yang penting individunya enjoy deh :) Peace ^_^

      Hapus
  17. Balasan
    1. Monggo mas, terus sukses dengan bisnis mebelnya :)

      Hapus
  18. keren :D
    https://p4ndoo.blogspot.com

    BalasHapus
  19. aku pake photoscope mbak, terus juga kadang kadang pake edit manual di power point aja tapi kualitas photo jadi agak berkurang kalo pake itu...kadang aku malah lupa untuk watermark photo..positif thinking aja..tapi aslinya emang aslinya kayaknya bagusan untuk di watermark untuk biar tahu bahwa photo ini punya kita..property rightnya ada dikita..:) TFS mak mau coba juga ah Pixlr nya

    BalasHapus
  20. Saya punya aplikasi adobe photoshop CS3 dan photoscape V3.6, dapat dari anak teman yang pelajar SMK Jaringan Informatika. Tapi saya tak pernah meng-oprek-nya. Gaptek habis. Hihi. Gak ada panduannya atau bingung cari kata kunci. Cuma pernah ngelihat anak teman praktekin sekali, tapi habis itu lupa lagi. Editing merupakan kelemahan saya. Ingin coba juga panduan Mak Tanty. Makasih, ya. :)

    BalasHapus
  21. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN TERIMAH KASIH BANYAK KEPADA MBAH YANG SUDAH MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN HIDUP KAMI BILA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DIDALAM BERMAIN TOGEL HUB MBAH WITJAKSONO DI:0852_2223_1459 KAMI SUDAH 7X TERBUKTI




    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN TERIMAH KASIH BANYAK KEPADA MBAH YANG SUDAH MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN HIDUP KAMI BILA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DIDALAM BERMAIN TOGEL HUB MBAH WITJAKSONO DI:0852_2223_1459 KAMI SUDAH 7X TERBUKTI





    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN TERIMAH KASIH BANYAK KEPADA MBAH YANG SUDAH MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN HIDUP KAMI BILA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DIDALAM BERMAIN TOGEL HUB MBAH WITJAKSONO DI:0852_2223_1459 KAMI SUDAH 7X TERBUKTI




    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN TERIMAH KASIH BANYAK KEPADA MBAH YANG SUDAH MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN HIDUP KAMI BILA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DIDALAM BERMAIN TOGEL HUB MBAH WITJAKSONO DI:0852_2223_1459 KAMI SUDAH 7X TERBUKTI

    BalasHapus
  22. Kalo saya, biasanya buat watermark pake photoscape, mbak :)

    BalasHapus
  23. wah ternyata bisa pakai pixlr.com ya :D makasih infonya mak :D

    BalasHapus
  24. langsung gas ya mbak cristy, sukses selalu, yang koment banyak,
    by biro lokal asli paket wisata Karimunjawa untuk Tour Karimunjawa

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)