28 Nov 2013

Menilik Keistimewaan Google

Sumber : Google
Mau tahu nggak, kenapa banyak orang ngefans berat sama layanan Google. Tidak bisa dipungkiri lagi Google memiliki banyak keistimewaan dalam fitur-fitur yang ditawarkan. Selain di desain dengan menarik, bagus serta praktis dilakukan. Bisa juga lo diaplikasikan ke mobile phone. Wowww pokoknya kereen dah.

Balik lagi ke pengalaman pribadi, mengapa ikut-ikutan pindah ke lain hati...emang sih awalnya dulu saya kerap memakai akun satunya yang dulu populer Yxxxx. com berhubung sekarang disalip sama Google, saya juga penasaran ingin memiliki akun Google juga. Disamping alasan urgen lainnya.
Tatkala itu, saya MEMANG harus mengecek email penting yang berkenaan dengan sidejob as konten writer.  Waaaah puyeng dech, jika email untuk kerja tidak bisa dibuka sama sekali. Bahkan itu kerap terjadi. Bayangkan senewennya minta ampun, jika email untuk support kerja tidak bisa kompromi. Bikin mati gaya, wadewww.

Untungnya, ada saran teman yang gape  di dunia internet, mengapa tidak mencoba akun di Google saja yang terkenal memiliki keuntungan space yang besar dan back-up penuh . (oh yaa, beneran nih, apa yang dipromosikan--bikin penasaran saja). 
Gegara itulah maka saya kepincut hati sama Gmail, maka trada..... empat tahun sudah saya menjalani kebersamaan dengannya dalam meniti karir menjadi Good Writer...#cieee, cieee,ciee#
Saya tambah bersemangat, mendapati fitur keren si Google ini yang dipisah-pisahkan menjadi "Primary", "Sosial" serta "Promosi" , selain memiliki interface yang bisa berorientasi pada pencarian dan tampilan chatting seperti dalam forum media internet.
Tampilan Yang Menarik
Ada berita yang diluncurkan Google pada 13 Mei 2013, Google menawarkan gabungan penyimpanan gratis di Gmail, Google Drive, Foto Google yang memberikan kenyamanan user untuk memiliki space over hingga 15 GB secara gratis. Disertai fasilitas Google Hangout yang memberi kepuasan user bisa melakukan obrolan sampai 10 panggilan video. Baik terhubung via PC, piranti Apple serta gadget Android.

Tambah penasaran aja, telusuri keistimewaan sang Google yang Luaaaar biasa ini :)

Shortcut Lanjutan
Cara pintas yang digunakan dalam Gmail bisa disesuaikan dengan pilihan masing-masing. Cara pintas atau yang kerap disebut shortcut ini dapat dipakai untuk membuka jendela yang ataupun memindahkan percakapan ke Recycle Bin. 
Caranya Klik Gear Box pilih SETTING- KEYBOARD shortcut- KEYBOARD Shortcut on lalu SAVE Change.

Lampiran File (Attachment)
Acapkali user alpa dalam mengirimkan lampiran di email, padahal ada lampiran yang harus dikirim. Untung saja Google memiliki cara membantu mengatasi hal tersebut, ketika user terlanjur klik kirim, akan ada pesan yang muncul : menanyakan kepastian apakah sudah benar ada file attachment yang disematkan.
Wah, cukup menyenangkan bukan. Seperti memiliki seorang asisten baru...hehehehe :D

Shortcut Keyboard
Mudah saja membuat navigasi dengan akun Gmail secara cepat dan mudah dalam membantu pekerjaan. Berikut cara pintas yang bisa dilakukan :
Kirim Pesan : (Tekan Ctrl + Enter )
Pindah ke jendela selanjutnya : ( Tekan Ctrl + . )
Menambah Cc penerima ( Tekan Ctrl + Shift + c )
Menambahkan Bcc saja ( Tekan Ctrl + Shift + b )
Masih ditambah beberapa perintah yang ada seperti : Reply ( Shift + r ), dan Membuat Jendela baru ( Shift + c)
 
Membuat Back-up Email
Agar email terlindungi dan bisa digunakan di saat urgent, ada baiknya membuat email cadangan dalam akun Gmail. Dengan mengatur pesan yang langsung diteruskan (diforward) ke inbox dari akun utama.
Caranya : masuk ke dalam  SETTING > Forwading dan Pop/IMAP,  lalu pilih teruskan salinan dokumen dengan mengisi ke alamat email user yang lain.


Solusi yang tepat jika ada salah satu email yang error...


To DO LIST
Semakin memudahkan pekerjaan dengan membuat reminder task dalam Gmail. Caranya klik MAIL > Task lalu task bar kecil akan muncul di bagian bawah. Tulislah berbagai hal yang harus dikerjakan. Jika sudah diingatkan oleh Gmail, setting pula tempo waktu untuk masing-masing tugas tersebut. Lalu beri tanda centang di kotak pojokan, apabila tugas sudah selesai dilakukan.

Penanda Star Untuk Email
Semakin banyak email yang masuk dan belum sempat User buka satu persatu. Lebih baik mengandalkan sistim Star (bintang) untuk menandai email penting. Sehingga bisa dibedakan secara cepat dan mudah diantara tumpukan email lainnya. Dengan mengatur di Gear Box-- Setting -- General-- Stars, userpun bisa menambahkan  beberapa warna STAR yang berbeda.

Jika Punya Lebih Dari 1 akun Gmail
Tidak perlu repot mengakses kedua akun tersebut dalam browser yang sama secara bersamaan. Dengan klik alamat email di pojok kanan atas, pilih "Tambah Akun".  Setelah itu masukkan akun Gmail satunya, hingga User dapat  membuka kedua akun Gmail di tab yang berbeda. Settingan akun akan disimpan secara permanen , jika user menggunakan Google Chrome.

Mengandalkan Google Drive
User Gmail akan semakin dimudahkan dalam menyimpan langsung lampiran ke Google Drive, tanpa harus respot meninggalkan email yang sedang dibuka. Artinya, User dapat menyimpan filenya langsung ke Google Drive tanpa harus mengunduh aplikasi. Cukup dengan mengklik tombol melayang DRIVE atas preview lampiran di bagian bawah surat dibuka.
Fitur baru yang dikembangkan oleh Google ini bisa dimanfaatkan untuk semua jenis file baik brupa gambar, MS Word, Excel, file PDF ataupun video.


    Loading cepat
    Jika user mengalami koneksi internet yang susah pada suatu waktu, tentunya akun Gmail memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuka secara penuh. Karena itu user bisa memilih versi Google terdahulu untuk mempercepat loading.

    Tema khusus
    Keistimewaan dari akun Gmail adanya fitur tema khusus yang banyak dimiliki serta memiliki desain beragam yang sangat menarik hati.

    Demikian beberapa keistimewaan yang ditawarkan oleh Google yang mampu menyedot perhatian pengguna internet selama ini. Semoga apa yang telah disharingkan cukup memberikan manfaat :)

    14 comments:

    1. iya google emang top deh :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. aduuuh maturnwun ya,mbaa..smoga daku ketularan pinter n menang ngeblog seperti njenangan :)

        Delete
    2. UDah jatuh hati banget sama google :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. idem deh nona cuantiiik...makasi yaaa sudah mampir kemari :)

        Delete
    3. buanyak ya ternyata fitur di google mail. aku bikin akun di google karena kalo pake android harus punya akun google.. hehehe.. tapi emailku tetep di yahoo.. di google full isinya cuma akun2 kalo mau bikin game.. hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. awalnya aku maniak yahoo banget, terus keseringan error..waduuh, pengin nangis kalo keingetan error terus saban mau ngecek email... bagaimanapun aku juga masih pake yahoo namun google ttp yang utama :)

        Delete
    4. Dimengerti, Mbak! Makin cinta deh ama Mbak! Eh, ama gugel maksudnya ... Hehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. hahaha aya aya ae, emang top markotop ya mbah Google sampe bikin jatuh hati semua orang :)

        Delete
    5. Replies
      1. So Do I, We all very comfort with Google...:)

        Delete
    6. wah mak, ternyata ada bbrpa fitur google mail yg blm saya manfaatkan. makasih reviunya yaaa. top deh. :-)

      ReplyDelete
    7. Aihhh senangnya kedatangan penulis idolaku....yuhuuuuuuuuuuuuuuu, iyaa mba Ofi caem Google emang punya segudang fitur kereeen punya :) Doaian tho mbak biar aku sepiawai nulis sepertimu ^_^ Amin YRA :)

      ReplyDelete
    8. Saya juga salut lihat keterampilan Mbah Google ini,, gak ada habis2nya!! ^_^
      hmmm,, mudah2an Chaidir's Web kapan2 bisa ketularan pinternya deh, biar kalau Google udah capek ada yg gantiin entar.. heheheeh..

      ReplyDelete
    9. ya maka dari itu banyak yg kepincut sama akun google

      ReplyDelete

    Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)