9 May 2014

9 Tip Mudah Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula


CREDIT : Petty.Images
9 Tip Mudah Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula sengaja saya share dalam artikel omah antik. Mengingat adanya inbox temen beberapa minggu yang lalu. Ceritanya dia memang berminat terjun "mendalami" dunia perBLOGERAN.

Sayangnya, beliaunya agak pesimis bisa memulai dan menekuni telaten blognya atau tidak. Kan, blog diibaratkan seperti tumbuhan yang jika tidak dirawat dengan baik, tentunya akan loyo dan tumbang di tepian jalan.  Oh, no no.... jelas bukan itu tujuan sebenarnya.

Coba, sekarang mulai berusaha Positive Thinking saja. Bagaimana menyiasati itu semua dengan baik dan wolesssss... menurut bahasa gaul jaman sekarang.


9 Tip Mudah Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula, judul yang saya tuliskan diatas untuk lebih  menekankan unsur kepercayaan diri memotivasi agar bisa menyampaikan tulisan menurut visi misi dalam penghayatan seseorang. Tohk, tidak akan mungkin sama persis tulisan blogger A, dengan tulisan dari blogger B, dst....hehehe kecuali jika terjadi  PENJIPLAKAN 100%. Konsekuensinya, Google akan segera merazia keras bahkan menendang jauh-jauh blog yang dianggap kurang berqualified. Alias tidak memiliki mutu sama sekali.

Nah, kini silakan simak beberapa tips mudah untuk membuat tulisan yang unik, bagus dan menarik, diantaranya :
  1. Tuliskan artikel sesuai dengan Pasion- jika blogger dengan hepi mengekspresikan apa yang dirasakan tentunya akan lebih mudah merangkaikan ide-ide cemerlang, ataupun pikiran ke dalam bentuk tulisan.
  2. Selaraskan tulisan artikel (Ground it in a place) menurut opini sederhana saya lhooo catet ya, selama menulis dalam artikel blog terus mengupayakan menyesuaikan kata kunci yang menjadi inti dalam artikel, lalu membuat beberapap sub alenianya.  Alternatif lainnya, bisa juga menuliskan hal dari yang paling mudah dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menceritakan pengalaman yang baru saja dialami. Lalu kembangkan dengan  kalimat pendukung semisal :apa saja yang bisa mempengaruhi, dengan siapa ataupun sedang melakukan apa ?  Dan masih banyak lagi.
  3. Membuat Ilustrasi Bahagia- sekali lagi jika mengalami kebuntuan, adalah dengan  membuat ilustrasi bahagia. Semisal membuat ilustrasi gambar-gambar. Dengan begitu akan lebih mudah menciptakan narasi sesuai dengan style gaya bahasa yang dimiliki masing-masing individu. Sehingga secara tidak langsung orang lain akan terpengaruh untuk memberi apresiasi gambar.
  4. Belajar membuat komentar-merupakan suatu hal yang paling simple dalam menggambarkan perasaan dalam bentuk tulisan. Hal ini bisa dilakukan setiap orang dalam jejaring media sosial yang ada.
  5. Tulislah tentang kuliner- salah satu jenis tulisan yang banyak peminatnya. Karena jenis ini memang tidak pernah sepi. Coba bayangkan siapa sich yang tidak suka dengan makanan/kuliner ? Apalagi urusan perut dan perut semuanya pasti paham. Keuntungannya siapapun bisa mengembangkan kata kunci kuliner menjadi sub topik yang mampu menjadikan alenia pendukung yang bagus .
  6. Tulislah tentang masa depan- dengan mengandalkan angan-angan ataupun impian seseorang akan lebih mudah memaparkan isi perasaan dan pikirannya lewat tulisan.
  7. Belajar menyoal dunia pendidikan adanya berita informatif baik dari media berita ataupun siaran, seseorang akan bisa menyoroti beragam masalah terkini. Semisal contoh kasus yang sedang meningkat semacam Kekerasan Terhadap Anak dan Wanita dsb.
  8. Pengalaman Travelling merupakan kans baik dalam menghasilkan suatu tulisan yang bermutu dan menarik. Apalagi jika di dukung data-data akurat dan tepat seperti foto dan dokumentasi perjalanan ke suatu daerah yang menarik.
  9. Just Write it dalam menuliskan suatu hal. Tips terakhir ini bagi seorang yang sudah percaya diri atas skill menulisnya yang mumpuni dan bagus. Umpan balik yang bisa dimanfaatkan adalah dengan mengajak sesama blogger lain untuk berlomba-lomba update tulisan . Sekaligus bisa saling memberikan evaluasi satu dengan yang lainnya.

At least but not last forever ,sangat menantang kan, 9 Tip Mudah Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula . Jika anda cukup berani menantang diri, silakan untuk melakukan hal yang sama seperti yang dipaparkan diatas.

Selamat mencoba ngeblog teruuuus teruuus....dan teruuuus. #KeepHappyNgeblog



 



31 comments:

  1. Makasih tip-nya. :)
    Kalau saya, biasanya lebih lancar menulis kalau diiringi alunan musik yang mendukung. Misal, sambil nulis cerita romantis, sambil dengerin musik karya-karya Kenny Rogers. Aih ... co cuiiit ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih yaa Mak Haya caem, emang itu ada benernya..sayangnya gak punya DVD player atau radio..Hikks Galau. tapi sayup-sayup emang kedengaran Tape tetangga yang getol ama dangdut remix..Xixixi, apa itu nanti bisa ditambahkan ya :)

      Delete
  2. makasih ya mak sudah memberikan tip terbaik hihihi utamanya buat saya yang masih sangat belajar merangkai kata menjadi kalimat untuk kemudian saya tuliskan di blog saya, kalau saya sih biasanya suka banyak ide kalau lagi jalan atau lagi kerja, begitu buka laptop ualaaah mendadak blank :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep terus diasah ya Mak Tian yang so pretty :) mari sama-sama semangat ngeblog :), seandainya byk ide bisa langsung dicatat aja poin pentingnya di buku notes kecil :)

      Delete
  3. terima kasih atas tipsnya mak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak Erlina :) terimakasih sudah berkunjung kemari :)

      Delete
  4. Makasih, mak...tipsnya berguna sekali. Ide sering banget muncul tapi merangkainya menjadi kalimat yang enak dan mudah dimengerti, itu yg masih susah buat saya, mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya mak ...harus terus diasah ketajaman menulisnya. Semakin sering dilatih semakin tajam pula tulisan maupun postingan ngeblognya :)

      Delete
  5. Mak, tipsnya okeeee bgt..terutama mbuat ilustrasi bahagia. Saya belum pernah . Patut dicoba ya..kan biasa gambar kucing atau mobil buat anak hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sesuatu dilandasi rasa hepi, rasa bahagia semua yang dilakukan akan terasa indah dan menghasilkan seni yang luar biasa...hehehe.Hayoo mak dicoba saja :)

      Delete
  6. maak, pengen deh bikin tulisan yg menarik.. tapi keknya di nomer 2 aja udah gak selaras aku mah --" tulisannya ke kanan ke kiri..

    Hmm, tapi berusaha menjaga semangat ngeblognya dulu deh mak skg mah, masih naik turun juga nih soalnya..
    makasih ya mak artikelnya, nanti aku cobaiiin pokoknya..
    ohiya, yg makanan itu, aku setujuu banget mak.
    1-1nya tulisan tentang makanan, laku juga di blog aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss rock n Roll dong non..semangat. Hehehe belum tau kan, kalo rajin ngeblog bisa datengin $$$ looo....hehehe aku udah liat buktinya sendiri..pengin deh :)

      Delete
  7. Tipsnya sangat berguna mbak, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya ada mb Titis yang berkunjung...semangat doang ya mbak untuk ngeblognya. Hehehe

      Delete
  8. Saya blogger pemula nih. Saya menulis apa yang saya rasakan saja, yang penting nulis dan have fun.

    ReplyDelete
  9. Aku masih belum pinter nulis tentang kuliner ataupun pariwisata Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak perlu pinter yang penting bisa. Ya kan mak anty :)

      Delete
    2. iy Mak Nunu yang keren....bisa dan semangat tentunya :)

      Delete
  10. Kalau aku biasanya nulis yang aku sukai, misalnya aku suka gadget. Dengan menulis apa yg kita sukai pasti lebih mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes itu point yang dimaksud, menulis berdasarkan hobi :) keep happy blogging :)

      Delete
  11. Tipsnya anggun dan mempesona,, :)
    tinggal praktek aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, makasi ya mas atas kunjungannya :)

      Delete
  12. Replies
    1. Just listen to your deep heart for writing :)

      Delete
  13. mak.. thanks tipsnya. gua blogger pemula juga :) oh yaa.. aku udah follow loh blog kamu :)

    ReplyDelete
  14. Waah, kalau tulisannya jiplak 100%, bisa di tendang Google ya..
    Berarti tulisannya harus original nih..

    ReplyDelete
  15. Hiii Mak, aku menulis sebisaku dan enggak mau dipaksa..ada beberapa temenku minta nulis tentang artikel inilah atau pingin kisahnya ditulis di blogku...dan Alhamdulillah mpe sekrang aku belum nulis...heheheee, ya itu tadi..gak aku alami jadi mau nulis kok rada berat, mending nulis tadi pagi lewat jalan banyak sampahnya..hihii...

    ReplyDelete
  16. Makasih Maaaak, pencerahaaan penceraahaan yang harus diresapi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)