12 Jul 2014

Cara Memanipulasi Template Blog Menarik




Beragam Template Sumber : Google
Betapa terkejutnya saya, saat diinbox teman blogger yang menceritakan dia telah mengganti template blognya yang biasa-biasa aja menurut versinya dengan Template GENESIS FRAMEWORK.

Bukan masalah replace templatenya yang bikin saya kliyengan  (baca :shock banget) namun rogohan kocek dalam yang hampir mencapai angka 6 digit.

OMG, No no...no... tentunya bagi saya yang pas pasang benget untuk mengeluarkan cost sejumlah demikian akan bikin saya berpuasa 10 bulan lamanya. Hihihi, mengingat betapa tingginya harga yang dibandrol untuk sebuah template yang dianggap SEO friendly.

Yuk, mari mengupas secara sederhana apaan sih yang dimaksud dengan TEMPLATE blog. Begitu pentingkah sehingga template mendapat perhatian ekstra penting dalam mengoptimalkan sebuah blog.
Dengan begitu nanti para sahabat blogger bisa memutuskan.... apakah akan mencoba semampunya dengan tampilan templata ALA Omah Antik atau sebaliknya cara praktis ALA teman blogger yang memang berkantong tebal. 
Hikkks... merananya jika kantung pas-pasan :( #Disyukuri saja aakh....

Template Omah Antik Pertama

Jujur deh, menurut saya pribadi memang template adalah salah satu upaya dalam mempercantik blog personal. Mana sih orang yang gak seneng hatinya melihat Template Blognya begitu cantik, indah dan menarik banyak perhatian pengunjungnya.
Bandingkan saja dengan penampilan blog (baca : Template) yang acak adut dalam artian kurang sedap di pandang mata.
Ini masih menurut versi saya lhoooo, template yang kurang itu biasanya tampilannya terlalu menyolok semisal banyak warna "Bling-Bling"nya, Fitur-fitur animasinya bertebaran banyak, atau ada warna dominan seperti warna gelap. Duh, pokoknya kurang sreg rasanya jika digunakan untuk update postingan.
Template Omah Antik ke-2

Alasan Urgent Mengganti Template
Mulanya saya terlalu iri (Iri Positif) sekaligus ngileeer berat jika melihat ada tampilan blog teman blogger yang begitu aduhai ciamik. Melihat fitur seperti aksesoris dan widgetnya yang lengkap ditambah padu padan unsur warna yang menghiasi blognya.
Namun seiring waktu, dimana tekad saya memfokuskan blog personal lebih optimal membuat orientasi tentang template bergeser juga. Hehehe.
Keberadaan Template yang tepat akan menjadikan :

Kecepatan loading akses suatu blog
Percaya tidak ternyata Google telah mencanangkan WARNING untuk blogger yang mengutamakan kecepatan akses sebagai salah satu sinyal penting yang mendorong blog kita bisa diindeks dengan baik oleh search engine. Sehingga bisa berpeluang menempati posisi utama atau pejwan dalam halaman Google. Keren, kan ??

Menarik Pengunjung
Siapa sih yang tidak bahagia jika mengetahui pengunjung blog betah berlama-lama membaca halaman postingan blog. Nah itu dia karena template yang cocok dan baik akan dianggap menyejukkan dan membuat nyaman para pengunjung untuk kembali datang mencari informasi pada blog personal kita.

Rensponsive Design Template
Pemilihan template yang responsive akan memberi keuntungan blog personal kita dengan mudah diakses tidak hanya melalui PC saja melainkan bisa via gadget, smartphone atau tablet. Hal ini yang mendorong banyak pengunjung.

Mudah dan Fleksibel
Template yang mudah kompromi dan bersifat fleksibel dalam menangani pekerjaan. Seperti mudah diedit dan ditambah kode-kode HTML serta widget yang diinginkan.


So saya akhirnya memutuskan juga untuk memoles tampilan blog Omah Antik yang sederhana banget atau unyu-unyu menjadi tampilan yang bonafide. Istilahnya template yang SEO Friendly.
Tau gak  yang dimaksud SEO Friendly, dalam template tersebut sudah disetting seperti tehnik penempatan fitur penting serta tata letaknya suatu blog agar lebih optimal kinerja blognya. Sehingga nantinya blog akan lebih mudah diindeks oleh Google dalam mesin pencarian (search engine). Jika tidak kecil kemungkinan untuk bisa bersaing dalam dunia blogger.

Tidak mengherankan juga, beberapa blogger setiap kali tidak ada bosan-bosannya terus berusaha serta berlomba dalam rangka memaksimalkan kriteria template masing-masing blognya agar tampak SEO Friendly.

Namun, patut diingat ya. Jangan terlalu sering untuk merubah atau mengganti TEMPLATE Blog setiap waktu. Hal ini juga tidak disukai oleh Google selain itu bisa berefek mengalami penurunan Traffic Blog.

Cara Menyiasatinya
Menurut pengalaman saya yang sudah melakukan 3 kali perombakan atau penggantian template, bisa kok meniru beberapa cara yang sudah saya lakukan diantaranya :

Prepare Desain Template Yang Disukai
Nah, ini saya sudah menjelajahi dulu beragam model maupun desain template lalu saya save boorkmark. Barulah setelah hati saya mantap dan sesuai dengan selera saya eksekusi langsung ke template blog.
Hmm, caranya penggantian TEMPLATE bisa dibaca kemari yaa.... Artikel Pemasangan Template Blog.

Template Omah Antik ke-3
Nah, bagaimana sudah siapkah mencari template blog sesuai keinginan ???  Atau memang sudah dirasa cukup mewakili personal branding blog yang telah ada.
Semoga sharing pengalaman ini bisa bermanfaat bagi manteman semuanya.
Keep Happy Ngeblog, yaaah Ciaooo :)

32 comments:

  1. Mba template saya berbayar tp suka error tampilannya.. jd skrg pake cadangan..bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin terlalu banyak plug in yang ada di PC ato komputer mba Ety..so bisa crush kan. Seperti yang dialami beberapa teman saya juga demikia. Lebih baik dipasang yang perlu2 saja mba aksesorin n plugin yang penting saja.

      Delete
  2. Replies
    1. sama-sama ya mbak Esti...kangen deh sama kamu yang selama ini jarang OL hikks

      Delete
  3. Aku juga udah berkali2 ganti, mba. Akhirnya nyaman yang sekarang. Lebih simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. EMang enak yang more simple ya mba Ila :)

      Delete
  4. setuju :) jangan sering2 ganti template. kalau yang pny bosen apalagi templatenya juga bisa bosen alias eror dan blogspot yang sekarang ga nyimpen template lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu yaaa..aduh harus hati-hati selalu yaa karena sudah tdk ada cadangan template lawas. Makasi atas infonya ya miss :)

      Delete
  5. Dari dulu saya sudah ingin sekali merombak atau mendesain ulang TEMPLATE blog yang saya pakai sekarang ini. Dulu saya senang sekali dengan tempat format 3 kolom atau yang menyerupai bentuk DETIK com. Ada sisi kiri, sisi kanan, bagian tengah sebagai contentnya,. dan di atas dan dibawahnya adalah Banner atau header

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu yaa mas...tetapi kok kebanyakkan blogger lebih memilih yang 2 kolom aja tuuuh :)

      Delete
  6. Saya setuju keseringan ganti template sebenarnya gak bagus buat kesehatan blog,, karna bisa jadi struktur markup html nya pasti berubah dn membingungkan Crawler.. ^_^

    Menurut saya kepuasaan memakai template itu cuman bisa didapat dengan cara membuat template nya sendiri Mbak.. :-D
    Yuuk saling belajar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu kalo mas Chaidir saya percaya sangat gape n puinteeer utak atik kode Template kayak di blog chaidir home.eeuy keren abis :)

      Delete
  7. Genesis framework itu bagus banget, bisa dibuat child themes juga bagi para developer theme :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi ya Mak Rahma atas infonya tentang genesis template...jadi masukan yang berarti :)

      Delete
  8. salam blogger! kunjungan balasan sekaligus berkomentar "tanda setuju" dengan tulisan ini. Ulasan lengkap tentang template blog. Diantara ulasan mbak, Kecepatan menurut saya merupakan yang paling penting sebagai bagian pendukung tulisan2 yang disajikan. Artinya walaupun template blog modern tetapi widget wajib di minimalisir proses loading tidak terhambat. kira2 begitu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih yaa Bung Penho...sudah berkenan blogwalking kemari..saya juga kagum banget sama isi blog anda terutama foto-fotonya yang bening, dan berkualitas tajam. Slam sukses selalu ya :)

      Delete
    2. Wah saya sangat kagum banget saat mengunjungi blog anda mas Penho. Beragam artikel dan kualitas fotonya sangat indah. Terimakasih sudah mau BW kemari. Salam sukses selalu ya.

      Delete
  9. Posting yang menarik. Tampilan blog omah juga cakep, hihiii....bandingkan ama punya saya yang masih sederhana banget. Belum ada waktu buat utak-atik :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAri terus konsisten dan semangat belajar meningkatkan performa blog kita :) Thks ya mas..sdh berkenan berkunjung :)

      Delete
  10. dulu, saya seneng banget otak-atik template... untungnya sekarang udah tobat... tp suka gatel pengen gonta-ganti header :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa mbaa..aku terkadang ya ga bisa menahan diri jika liat ada template bersliwran yang kerennya minta ampyuun :)

      Delete
    2. ideem mba...saya juga termasuk ga bisa nahan diri jika liat ada template teman atao orang lain yang so cool banget :)

      Delete
  11. Saya yang pendatang baru tapi muka lama sangat terkesan dengan blog kini ... sayang saya 'gaptek nih, jadi langsung nyerah aja ... hiks

    ReplyDelete
  12. kalo saya,masih tetep yg simpel dari dulu hehe...g suka yg ribet,makannya gnti template yg agak sedikit simpel aja g tau apalagi yg aneh2 hahahaha......
    makasih mak sharingnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa ada benernya juga..template yang aman dan nyaman itu yang simpel dan gak usah aneh-aneh yang Mak Hana...

      Delete
  13. Genesis framework memang sedang digandrungi developer. Kalau saya sih suka template yg plain aja. Ganti setahun sekali utk sekedar penyegaran.

    ReplyDelete
  14. kalo aku masih setia template buatan mas sugeng mbak.. simple dan ga ribet (simple ya ga ribet yak ,, hihihi )
    yang penting rajin posting mbak,, itu yang paling sulit buat aku

    ReplyDelete
  15. wwaaah...makasih sudah dishare maak...kadang memang tangan suka gateeeel pengen kotak-katik template yaah :)...cheers...

    ReplyDelete
  16. Wah, saya masih pake template bawaan dari blogger, kira2 untuk cari template blogger gratis dimana ya mbak ..?

    ReplyDelete
  17. keren template punya omah antik. boleh tau ini namanya template apa?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)