6 Oct 2014

[Info] Peristiwa Antariksa Menakjubkan Oktober 2014

Sumber : Dipinjam dari Google
Salam hangat sobat blogger sekalian...

Kira-kira apa yang dipikirkan jika mendengar kabar serta informasi baru dari liputan6 juga kutipan Yahoo Indonesia bahwa akan ada peristiwa menakjubkan yang bakalan terjadi di bulan Oktober 2014 nanti. Sangat sayang bukan untuk dilewatkan begitu saja kejadian alam semesta (baca : Antariksa) yang susah di prediksi peristiwa ulangannya di waktu kemudian hari.

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Jumat (3/10/2014), mengungkapkan bakal terjadi beberapa peristiwa langka di antariksa yang bisa disaksikan sepanjang Oktober 2014. Seperti terjadi gerhana bulan penuh, meteor jatuh atau peristiwa jelas pemandangan planet Jupiter dan Mars.

Informasi ini juga menjadi perhatian bagi penyuka astronomi, fotografer, blogger serta tidak ketinggalan masyarakat awam untuk menyaksikan peristiwa menakjubkan berikut ini :

Hujan Meteor "Draconids"
Hujan meteor Draconids diperkirakan terjadi pada tanggal 7 Oktober 2014. . Sebenarnya fenomena meteor jatuh bisa dilihat di langit utara pada malam hari. Sayangnya, peristiwa jatuhnya meteor Draconids akan susah disaksikan dari Indonesia mengingat skala hujan meteor yang terjadi kecil.  Belum lagi disusul terjadinya bulan purnama 8 Oktober yang  kemungkinan cahayanya menghalangi luncuran hujan meteor Draconids.
 
Sumber : Dipinjam dari Google

Gerhana Bulan Penuh
Diperkirakan akan terjadi pada tanggal 8 Oktober 2014. Gerhana bulan penuh akan berlangsung pukul 17.25-18.25 WIB. Uniknya peristiwa ini bisa disaksikan keseluruhannya proses terjadinya gerhana bulan penuh oleh masyarakat Indonesia wilayah Timur sedangkan masyarakat Indonesia yang bermukim di barat semisal Jakarta baru bisa menyaksikan ketika gerhana sudah terjadi. Peristiwa langka yang semua masyarakat Indonesia bisa menikmati pemandangan bulan Purnama, namun pada gerhana bulan penuh ini akan menimbukkan kesan kemerah-merahan seperti berdarah. Diakibatkan cahaya matahari masih  membias meski bulan tertutup bayangan bumi.

Meteor "Orionids" Jatuh
Jatuhnya meteor yang bisa dilukiskan bak hujan meteor ini bisa nyata dilihat pada tanggal 21 Oktober nanti. Diprediksi akan ada lima belas meteor setiap satujam. Konon diantara jatuhnya meteor akan ada salah satunya yang berukuran besar, sedangkan sisanya berubah menjadi kecil setelah terbakar karena bergesekan dengan atmosfer bumi.

Fenomena Mars-Jupiter
Penghujung bulan Oktober 2014, diperkirakan astronom planet Jupiter maupun Mars akan lebih terang di antariksa malam hari. Pemandangan di planet Mars dan Jupiter tampak terang benderang mengingat posisinya yang kebetulann dekat dengan pusat tata surya sehingga memungkinankan cahayanya menjadi kuat. 
Planet Jupiter bisa dilihat waktu malam hari terhitung sejak dini hari sampai waktu subuh di sebelah timur. Sedangkan planet merah Mars bisa dilihat sekitar pukul 10 malam hingga subuh hari. Uniknya lagi peristiwa yang terjadi di kedua planet ini bisa dilihat dengan mata telanjang saja.

Nah, cukup bikin penasaran bukan ? Mari kita nanti saksikan bersama peristiwa antarikasa yang menakjubkan di bulan Oktober 2014.
Hitung-hitung untuk  tambahan wawasan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan menjadi salah satu bagian sejarah di dunia.
Salam Ngeblog selalu :)

 

4 comments:

  1. Kalau orang Jawa jamn dulu, kalu ada meteor jatuh dikaitkan dengan peristiwa yang akan terjadi di negeri mbak. Cerita alm. Bapakku dulu sering cerita kalau ada lintang kemukus pasti akan ada huru hara. entahlah bener atau tidaknya. :)

    ReplyDelete
  2. Hujan meteor ya mbak...? mudah-mudahan bisa ngeliat. Berharap gak ada apa-apa, Seindah di film meteor garden..:)

    ReplyDelete
  3. Kalau meteor jatuh sampai ke permukaan bumi itu bahaya gk ya..
    Kalau uda hancur di atsmosfer itu ya gak apa..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)