30 Oct 2014

Mengusir Sakit Mata Belekan

Gangguan Mata Belekan : Sumber Google
Hampir empat hari lamanya hidup seperti tersiksa, dalam artian ingin melenyapkan dan mengusir sakit mata belekan yang masih setia menempel  dimata.

Bukan karena saya tidak mensyukuri hikmah dibalik sakit mata inibisa relaks beberapa waktu dari kegiatan menulis konten.

Melainkan lebih pada rasa mengganjal yang terasa berat menggelayut di kelopak mata. Begitu menganggu, untuk menundukkan kepala saja terasa menggantung. Ya sakit mata belekan terasa aneh, gejala-gejala yang harus akrab diterima seperti rasa nyeri dan sepat mata.
Pokoknya saya menjadi kurang nyaman dan terganggu aktifitas sehari-harinya. Bayangkan untuk duduk dan mengetik di depan notebook beberapa menit saja, otot-otot mata serasa tertarik tegang. Belum lagi mata selalu terasa berair (kayak orang mau menangis), dan ada rasa gatal, nyeri campur perih. Ditambah pula raut muka jadi tampak mengenaskan dengan bola mata memerah bak siluman serigala...hahaha #nontonsinetron-Ganteng-GantengSrigala#

Mengenal Tentang Gangguan Mata "Belekan"
Saya langsung search Oom Google tentang Belekan yang dalam bahasa ilmiahnya adalah Konjungtivistis . Suatu gangguan penyakit mata yang gejala awalnya dimulai dengan warna mata memerah, berair dan ada kotoran mata yang lengket. Bahkan seperti yang saya alami juga disertai dengan pembengkakan pada mata.
Yang perlu diwaspadai ternyata penyakit belekan bisa menyerang ke berbagai usia. Karena saya mendapat "kado" penyakit belek mata ini dari putri kecil saya. Alhamdullilah sekarang sudah sembuh sih :)

Sebagai info penting, ternyata mata belekan terbagi menjadi konjungtivitis hiperakut (12-24 jam) ,konjungtivitis akut jika kurang dari empat minggu dan konjungtivitis kronis bila lebih dari sebulan.

Sedangkan faktor pendorong terkena penyakit mata belekan antara lain infeksi bakteri dan virus, penggunaan lensa mata, ataupun alergi dari debu, asap maupun angin. Namun kasus yang saya alami kemungkinan virus tertular dari pemakaian bantal guling bersamaan dalam satu  kamar bersama anak.


Penyembuhan Gangguan Mata Belekan
Disarankan untuk segera melakukan pengobatan, jika tidak ingin berdampak gangguan mata menjadi lebih parah. Mengingat sebagian besar gangguan mata ini dikarenakan infeksi oleh bakteri. Jadi solusi baiknya dibawa berobat untuk mendapat obat seperti antibiotik.
Akan lebih baik mendapatkan obat melalui per oral (diminum) seperti  amoksisilin dan kombinasinya (Clavamox, Kalmoxilin, Amoxsan, Claneksi, Clabat). Antibiotik kuinolon, seperti ciprofloxacin (Baquinor, Renator)  dalam mengatasi mata belekan.
Atau bisa lewat obat luar seperti tetes mata maupun salep. Obat tersebut banyak dijumpai di apotik semisalnya Cendo Xytrol, X, Isotic Renator, Alletrol, X dan Erlamycetin tetes mata.

Namun saya pribadi masih mengandalkan obat tradisional seperti daun sirih. Mengikuti resep turun temurun bahwa dalam daun sirih terdapat zat yang bisa meredakan peradangan infeksi. Dengan cara daun direbus bersama air. Setelah itu diamkan sampai dingin. Lalu rendam (rimbang) mata ke dalam air rebusan, Tunggu beberapa saat sampai mata terasa nyaman.
Tidak lupa juga berusaha untuk memisahkan peralatan pribadi seperti handuk, sarung bantal untuk tidak dipakai secara bersamaan dalam keluarga. Lantaran mengingat sakit mata belekan bisa cepat menular. Lebih baik mengisolasi diri daripadi membuat anggota keluarga lain diisolasikan :)

Akh, berharap bisa cepat mengusir sakit mata belekan yang terasa mengganjal mata. Menuntaskan sakit agar cepat kembali beraktifitas sebagai blogger dengan setumpuk program penulisan artikel.








 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)