17 Nov 2014

Cara Setting Permalink Blog Yang Baik Menurut SEO

Secara tidak sengaja, saya menemukan bahan tulisan untuk update artikel "Cara Setting Permalink Blog Yang Baik Menurut SEO". Toh meski materinya begitu so simple tapi cukup sayang dilewatkan jika kurang memahami (baca : permalink).

Yaa, seorang sahabat blogger menceritakan kegusarannya tentang URL artikel yang ditulisnya, ternyata terpotong begitu saja. Mungkin sekilas dibaca akan menimbulkan persepsi lain yang bisa juga berbeda dengan yang dimaksudkan oleh penulis.

Ilustrasinya dapat dilihat sebagai berikut :

Membaca tampilan link pada artikel diatas sepertinya akan membuat pengunjung agak kebingungan dengan kata-kata yang kurang lengkap. Sehingga menimbulkan kebingungan dengan kata-kata yang belum tuntas  "Strategi Jitu Mempertahankan Peringkat (apa) " ??? Kemungkinan hal ini yang menyebabkan mesin penelusuran Google kurang mengindeks konten artikel blog yang dimaksut.

Coba bandingkan dengan tampilan link berikut yang panjangnya lebih dari 6 kata

Jadi bisa dikatakan fungsi fitur custom permalink adalah untuk merubah URL judul postingan blog sesuai selera yang diinginkan. Ingin lebih detail tahu tentang tips Setting Permalink Blog yang baik  baca DISINI.

Sekali lagi keistimewaan fitur permalink di blog sangat menguntungkan sekali bagi para blogger. Tampak perbedaan permalink yang terbentuk secara otomatis dengan permalink  khusus.
Tentunya permalink yang dibuat melalui Tautan Permanen Khusus akan menjadikan URL konten artikel yang ditulis sahabat blogger lebih disukai oleh search engine. Postingan konten lebih SEO friendly lantaran URL yang terbentuk itu dijamin sesuai dengan "Judul Artikel" sehingga bisa membantu menyajikan deskripsi singkat terhadap konten yang bersangkutan.

Yang Perlu Diketahui dalam custom permalink
Secara garis besarnya telah diketahui keberadaan fasilitas custom permalink adalah membantu agar konten artikel lebih SEO Friendy. Namun perlu diketahui juga beberapa hal agar bisa menyetting permalink blog adalah sebagai berikut :
  • harus menggunakan tampilan baru (New Interface) agar bisa memanfaatkan fasilitas permalink blog.
  • bisa dilakukan edit sebelum artikel ditayangkan.
  • selalu gunakan tanda strip (-) pemisah antar kata
Sekiranya cukup membantu ulasan kembali cara setting permalink blog yang baik menurut SEO. Semoga selalu bermanfaat. Keep Happy Blogging ;)
idak ada hal yang tidak penting pada setiap fitur yang disediakan oleh blogger. Termasuk Custom Permalink itu sendiri. Fitur ini, berfungsi untuk merubah URL judul postingan, sesuai keinginan.

Sebagai gambaran, cara kerja atau cara menggunakan custom permalink: Ketika anda membuat sebuah judul post  "Fungsi dan Manfaat Custom Permalink di Blogger/Blogspot", apabila anda menulis artikel dan kemudian langsung publish, maka kemungkinan akan muncul permalink secara otomatis seperti ini:  - See more at: http://redaksiexpo2012.blogspot.com/2013/11/Manfaat-dan-fungsi-Custom-Permalink-di-Blogger-Blogspot.html#sthash.kumqfHWX.dpuf

Sudah barang tentu setiap fitur di blogger mempunyai manfaat yang besar untuk sebuah blog. Demikian juga dengan Custom Permalink tersebut.

Dengan adanya fasilitas custom permalink, maka permalink (url postingan) tidak akan terpotong. Caranya, sebagaimana telah dijelaskan diatas. Dengan terlihatnya perbedaan permalink yang terbentuk secara otomatis dengan permalink khusus, mungkin anda sudah mulai tergambar tentang manfaatnya.

Benar kawan!!!! dengan adanya "tautan permanen khusus" melalui fitur Custom Permalink tersebut, URL konten/artikel yang kita tulis pasti akan lebih SEO Friendly. URL tersebut, dapat terbentuk secara lengkap sesuai dengan judul artikel dan bahkan mampu membentuk deskripsi singkat artikel/konten bersangkutan.

Dengan fasilitas Custom Permalink ini, jelas artikel/konten anda lebih SEO friendlly. 

     Catatan    
1. Untuk bisa menggunakan layanan ini, harus menggunakan tampilan baru (new interface)
2. Hanya bisa diedit sebelum artikel di publish
3. Gunakan strip (-) untuk pemisah antar kata. - See more at: http://redaksiexpo2012.blogspot.com/2013/11/Manfaat-dan-fungsi-Custom-Permalink-di-Blogger-Blogspot.html#sthash.kumqfHWX.dpuf

7 comments:

  1. *angguk-angguk* nanti coba praktekin ah :D

    ReplyDelete
  2. gitu ya gan yang baiknya jangan asal

    ReplyDelete
  3. Keren ... sekarang saya amat memperhatikan judul tulisan dan permalink-nya berkat tulisan Mak Tanty. Makasih yaa ... insya Allah jadi amal barokah buat Mak Tanty (k)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)