22 Nov 2014

Jurus Jitu Backup Semua Data Artikel Blog

Credit : Google.com
Sungguh heboh rasanya jika tiba-tiba blog tersayang yang selama ini menjadi motor aktifitas dalam ngeblog tidak berfungsi sama sekali. Parahnya lagi data-data artikel penting dalam blog raib begitu saja.

Seperti yang dialami oleh sahabat blogger saya, yang sedang membersihkan spam  dikotak komen blog. Saat melakukan aksi bersih-bersih tersebut, banyak data penting blog raib. Entah kenapa salah pencet atau ada hal lain yang menjadikan blog personalnya mengalami gangguan.

Hadew, pastinya bikin hati kesal dan pikiran jadi gundah. Hasil karya yang telah bersusah payah dirawat, ditulis menjadi suatu konten artikel menarik harus musnah begitu saja.


Manfaat Melindungi Data

Perlindungan terhadap semua data-data baik berupa dokumentasi artikel, foto atau video memang harus diupayakan sebaik mungkin. Agar suatu saat jika terjadi sesuatu hal tidak terduga, kita tidak akan merasa terlalu rugi kehilangan semua informasi berguna tersebut,
Perlindungan data atau backup menjadi kewajiban vital dalam mengamankan semua dokumentasi tersebut. Bagaimana tidak, backup dianggap sebagai cara jitu untuk menyelamatkan data dari hal-hal yang tidak diperhitungkan sebelumnya.
Semisal ada blog yang dianggap Google menyalahi aturan sehingga blog harus dihapus, atau ada orang yang berniat usil (baca berbuat jahil) dengan meretas blog merambat ke dalam pemusnahan beberapa artikel. Waah bukan main kejamnya...so pasti sakiitnya tuh terasa disini #sambil tunjuk pikiran dan hati # Hahaha

Backup dalam BLOGGER
Bersyukurlah dengan fasilitas dalam blogger yang memudahkan siapa saja memanfaatkan fitur backup semua data artikel blog. Intinya penyelamatan data artikel blog lebih simpel dan praktis. Tinggal memasukan semua piranti penting blog untuk kemudian di IMPORT di blog yang baru. Terkadang cara simpel ini yang luput dari perhatian para blogger dalam melindungi data penting. Jadi, camkan backup salah satu cara penting menyelamatkan semua dokumentasi berharga.
 


Cara-cara backup Data Artikel Blog
Sekarang perhatikan dengan seksama tentang cara-cara backup data yang bisa dipakai selamanya seperti :
1. Segera masuk ke dashboard blog
2. Setelah masuk dashboard-pilihlah blog yang ingin di backup. Cari menu SETELAN.
3. Setelah menu SETELAN, pilih submenu LAINNYA. Kemudian perhatikan pada OPSI ALAT BLOG, lalu pilihlah EKPOR BLOG.


4. kemudian sobat nanti akan menjumpai pop up seperti dibawah ini , silahkan klik unduh blog

 5. Setelah melakukan pengunduhan baru disimpan pada suatu folder yang ditentukan


Demikian jurus jitu backup data artikel blog yang bisa membantu mengatasi jika terjadi suatu hal yang kurang menguntungkan pada blog personal. Semoga cukup membantu para sahabat blogger lebih bersemangat dan berkarya dalam ngeblog. Met mencoba ya :)



8 comments:

  1. Oooo gini to caranya, harus segera dilakukan ya ini. Makasih lho Mb Tanty utk sharenya (k)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ya mbak UniEk, terimakasih sudi mampir.

      Delete
  2. Punya saya sudah terbackup rutin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah patut ditiru juga kedisiplinan mak Lusi :)

      Delete
  3. Belum di back up :p baru tau saya kalau bisa back up dari blog itu sendiri, kirain harus di copy ke tempat lain satu persatu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak, memang ada fasilitasnya dalam memback up di blogspot :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)