19 Nov 2014

Pengaruh Google Trends Terhadap Trafik Blog

Credit : Google.com
Pernahkah merasa pengunjung blog tiba-tiba menurun drastis dibanding hari biasanya ? Dan hal itu bisa terjadi bersamaan dengan adanya suatu momentum khusus secara global. Seperti contoh simpelnya ketika sedang berlangsungnya pergelaran akbar olahraga sebut saja, piala dunia 2014 kemarin.

Faktanya memang demikian, turnamen piala dunia 2014 begitu menyedot perhatian besar semua orang untuk fokus menonton event bersejarah 4 tahun sekali tersebut ketimbang berkunjung ke blog. Sehingga jatah trafik blog jadi berkurang banyak.

Bisa dikatakan turnamen bola dunia 2014 menjadi faktor utama yang memberikan efek pada traffik blog personal lantaran momentum tersebut tersedot di Google trend tiap harinya.

Mengenal Google Trends

Tidak salah jika jauh hari sang penguasa Google telah menghimbau para blogger untuk memperhatikan Google Trends sebagai upaya antisipasi mengatasi trafik pengunjung yang menurun disebabkan adanya even piala dunia tertentu.
Intinya Google Trends menjadi salah satu tools penting dalam mengetahui seberapa banyaknya pengunjung (visitor) mencari blog personal kita. Dengan demikian diketahui sumber kedatangan trafik blog yang ramai.
Jadi sebagai blogger yang concern dengan blog sendiri diharapkan bisa mengerti darimana saja tingkat keinginantahuan pengunjung terhadap blog personal kita. Sehingga mempermudahkan blogger untuk mengadakan perbaikan atau perombakan ulang dalam blog personal.

Optimasi Dengan Google Trends
Tertarik untuk memanfaatkan Google Trends demi mendulang trafik yang tinggi bisa saja dilakukan semua blogger. Asalkan jeli dan cermat mengetahui informasi yang lagi NGE-HITS (baca : "Trending Topic") dan terus menjadi sasaran para pengunjung di dunia maya menurut versi Google, yaach.
Situs Google Trends

Kunjungi halaman situs Google Trends, maka Anda sebagai blogger akan menemukan banyak informasi keren yang disuguhkan oleh Google Trends komplit dengan adanya sumber informasi maupun topik penting, gambar dan keterangan detail serta adanya jumlah pencarian.

Nah, sekarang tidak perlu kuatir jika blog mengalami sejumlah penurunan trafik berkaitan dengan adanya seri kejuaraan dunia semisalnya Wimbledon Championship, Piala Dunia, atau pun Olympiade Sports. Dengan terus mengikuti trends terjadinya lintas kejadian secara global mendunia, bisa menjadi salah satu strategi baik untuk kembali memperbaiki trafik blog.

Blogger sekalian bisa saja rajin membuat update-an konten artikel yang gencar dalam Trends Google. Pokoknya jika siaga terus melakukan postingan teratur yang sesuai dengan NICHE blog kemungkinan tidak akan mengalami penurunan separuh lebih kunjungan trafik biasanya.

Selamat mengeksplore Google Trends :) Semangat terus berkarya dalam blogging :)
 
 

6 comments:

  1. Sering lihat Google trend , tapi jarang jadi bahan blog , trafik terbanyak bog saya juga enggak datang dari google

    ReplyDelete
  2. makasiiiih mak...makin membuka mata saya yang awam :)...soalnya selama ini tuliiis aja dan share di blog, that's it :)..cheers..

    ReplyDelete
  3. GTrend emang paling ampuh utk ledakin traffic ... apa lagi utk blog gado2, pasti makin josss

    ReplyDelete
  4. wow. asik nih. nanti kucoba deh

    ReplyDelete
  5. Haduuuuh Google itu emang komplit! Ada Google Trends, Webmaster, bla bla bla... Yah, untuk optimasi memang diacungi jempol, karena Google adalah penguasa SE masa kini :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)