11 Dec 2014

Mari Tingkatkan Pageview Blog Dengan Mudah

Credit : Google
Seruan penuh motivasi bagi para blogger untuk meningkatkan pageview blognya. Hmm, apakah sedemikian pentingnya untuk membuat kemajuan pageview blog menjadi lebih baik.

Tentu saja semua blogger berharap lebih untuk memiliki jumlah pageview blog yang tinggi. 
Jangan anggap jika PAGEVIEW BLOG  sama dengan JUMLAH PENGUNJUNG BLOG, ya. Karena pageview memungkinkan pengunjungnya bisa membuka lebih dari 1 artikel, dengan demikian semakin banyak halaman artikel yang diublek-ublek (dibaca) berarti semakin besar pula pageview-nya.

Mengenal "PAGEVIEW"
Bisa dikatakan gambaran PAGEVIEW adalah seberapa banyak halaman blog yang dikunjungi dan dibaca oleh para visitor blog kita. Jika visitor atau pengunjung kerasan (betah) berlama-lama, berarti semakin banyak menelusuri halaman blog lainnya, dan hal itu yang menyebabkan semakin meningkatnya PAGEVIEW blog kita
.
Lebih jelasnya, nih jika ada visitor "X" yang tertarik membaca artikel "Mau Tahu Cari Mencari Uang Dari Blog" lalu membuka artikel lainnya "Kiat Menuai Penghasilan di Media Online" itu berarti jumlah pageviewnya adalah 2 untuk 1 visitor. Itu berarti jumlah pageview > jumlah visitor. Apabila pageview lebih tinggi maka semakin banyak nilai keuntungan yang dipetik dalam blog personal tersebut.(Terutama dalam peluang monetize Google Adsense)

Cara Meningkatkan Pageview
Nah, ini juga merupakan upaya memperbaiki kemajuan blog personal kita. Salah satu diantaranya adalah mengupayakan peningkatan pageview blog. Mari usahakan untuk mencoba satu persatu sebagai berikut ini :
Pemilihan Template
Pilih template blog responsive dimana bisa dengan cepat dan ringan diakses oleh para pengunjung sehingga bisa mempengaruhi nilai pageview. Sebaliknya jika ada visitor yang tertarik mengunjungi blog kita namun mengalami kendala susah dan lama membuka halaman blog pastinya akan menimbulkan ketidaknyamanan dan alih-alih malah berpaling ke blog lainnya.

Sisipkan Internal Link
Adanya internal link dalam artikel memang bertujuan mengarahkan dari satu artikel ke artikel lainnya. Tautan link antar artikel sangat bermanfaat dan efektif meningkatkan pageview, sebab jika ada pengunjung yang tertarik dengan suatu artikel, kemungkinan juga akan tertarik mengklik tautan link tersebut. Buatlah konten artikel dengan memakai link-link internal yang sudah ada sebelumnya. Keistimewaan link dalam artikel ini akan memudahkan visitor mencari konten artikel yang terkait dengan topik yang sedang dibahas.

Buat konten yang berkualitas
Dengan konten yang unik, orisinil akan membuat postingan artikel menjadi lebih berkualitas. Hal ini yang mempengaruhi pengunjung datang ke blog kita. Jadi usahakan untuk bisa membuat konten artikel yang lebih baik, murni dan memberikan manfaat banyak kepada para pembaca blog.
 

Pasang Widget Artikel Populer
Memasang widget artikel populer bukanlah sebagai keharusan yang mutlak. Namun dengan adanya widget ini bisa memberitahukan tentang tingkat popularitas suatu artikel yang ada dalam blog tersebut yang paling banyak dibaca oleh para visitor. Dengan kata lain widget ini membantu pengunjung menemukan artikel tersebut yang bisa memberikan nilai pageview juga.


Pasang widget Artikel Terkait
Keberadaan widget artikel terkait akan memberikan relevansi artikel yang sedang dibaca oleh para visitor blog. Apalagi topik yang dibahas saling berkaitan, maka ada kemungkinan pembaca tertarik untuk membukanya juga. Cara ini sangat efektif dalam meningkatkan pageview blog dengan mudah.

Submit ke Sosmed
Lakukan kebiasaan teratur dalam mengirim/submit ke beberapa sosial media yang memiliki peluang penelusuran yang tinggi. Dengan begitu akan memberikan keuntungan baik terhadap postingan yang telah dishare. Sehingga banyak orang yang tahu dan akhirnya akan menuju langsung ke link artikel blog kita. Hal inilah yang menaikkan pageview blog kian bertambah besar.

Kata kunci pilihan
Menetapkan kata kunci pilihan yang sedang banyak dicari di internet (biasanya memanfaatkan keyword planner-Google Adwords). Dengan demikian bisa membuat artikel yang menarik dengan kata kunci tersebut. Lalu bisa langsung dioptimasikan dengan beberapa backlink ataupun kirim.share ke medsos lagi.
 
Rajin blogwalking
Kegiatan saling mengunjungi antar blog termasuk memberikan kontribusi yang bernilai tinggi terhadap peningkatan pageview blog. Hal ini juga dimungkinkan komitmen blogger untuk saling mengunjungi balik.

Bagaimana masih cukup semangat ngeblog -terutama meningkatkan pageview blog masing-masing. Jangan menyerah begitu saja, ciptakan keseruan dalam aktifitas blogging bersama.
Keep Happy Blogging :)




23 comments:

  1. ternyata triknya cukup simple yh, saya izin coba praktekkan , hehe x-)

    ReplyDelete
  2. Setuju kecepatan akses termasuk sangat penting. Namun arti responsive dalam hal template sejauh yang saya ketahui adalah bagaimana template juga bisa merespon dengan baik terhadap bentuk atau besar kecilnya layar. Hal ini untuk menjawab bahwa netter saat ini tidak hanya menggunakan komputer tetapi juga aneka gadget seperti henpon dan tab.
    Trims .. artikelnya menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu mendapat masukan ilmu yang berarti ini saya :)

      Delete
  3. sangat bermanfaat sob :)
    visit juga: http://anggasite01.blogspot.com/
    #BlogWalking :d

    ReplyDelete
  4. Sebagian dari tutorialnya uda ane terapin

    ReplyDelete
  5. Nice artikel,sangat bermanfaat mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ya mas, mari sharing all the best for blog :)

      Delete
  6. rajin blog walking, itu kuncinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess pastinya BW adalah the urgent thing dalam meningkatkan kualitas blog juga (h)

      Delete
  7. Yang sering saya lakuin ya BW, selain bisa nambah pageview, juga nambah keakraban :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul3x..langkah-langkah hebat yang emang harus diperhitungkan selalu :d

      Delete
  8. pengen nyoba yang cek keyword planner-Google Adwords

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup mbaak harus dicoba untuk lebih meningkatkan kualitas ngeblog, pastinya :)

      Delete
  9. Huwaa baru tau Mba klo pageview beda ama visitor. Sy msh cuek dgn itu mba. Suka bgt bw krn utk nambah temen, tambah bacaan ama blajr tulisan mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktunya semangat berbenah ngeblog ya mbak pipit (h)

      Delete
  10. ohhh ternyata pageview beda dg pengunjung yaaa, xixixi. makasih banget nih tips2nya, sangat bermanfaat, mau dicobain aahhh

    ReplyDelete
  11. wow... makasih tipsnya, selama ini nggak terlalu ngeh dengan pageview...ilmunya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti harus lebih semangat belajar ngeblog ngeblog dan ngeblog dong :)

      Delete
  12. harus rajin-rajin buat artikel ya mbak hehehehe...biar pageview nya mlaku mundak...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)