18 Dec 2014

Tips Mudah Ketika Blogger Mendapat Job Review

Credit foto : Google.com
Menjadi lebih berarti-tips mudah ketika ada blogger NEWBIE istilah untuk blogger pemula mendapatkan job review. Bagi sebagian blogger yang terbiasa membuat job review it not big deal. Namun untuk blogger pemula (newbie) sedikit berbeda persepsinya. Mungkin agak terkesan klise namun seringkali mereka bisa mengalami kebingungan. 
Berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang pernah mengalami kondisi demikian. Serba bingung dan sedikit kurang percaya diri mengerjakan job review untuk pertama kalinya. Mau nanya sana-sini kok keliatan katroknya, ya... jadi sebatas pengamat saja sementara waktu sambil mempelajari sedikit demi sedikit cara pertama kali memulai pengerjaan JOB REVIEW.
Kira-kira apa saja yang perlu disampaikan ya, agar artikel review keliatan okay, mbak ??
Gimana tulisan review yang menarik hati? Apakah boleh copas ? Dll...
Semoga saja, deh ulasan simpel dalam artikel Omah Antik kali ini memberikan tambahan informasi bagaimana langkah selanjutnya jika blog personal telah dipercayai mengerjakan job review. Tentunya, ingin memberikan hasil sebaik mungkin agar lebih dipercaya mendapatkan the next job review #Selalu mengharap sekali # Hehehe.

Beberapa tips tentang membuat job review ini juga diperoleh dari banyak pengalaman para blogger senior lainnya yang telah lama malang melintang di dunia blogging. Termasuk dengan bagaimana suatu job review bisa diperoleh dengan gemilang. Bisa dibaca dalam artikel sebelumnya tentang sukses mendapat JOB REVIEW ada : DISINI.
Hal itu yang menjadikan pengetahuan senior terdahulu lebih matang dan profesional dalam menyelesaikan orderan job review.

Langkah Yang Dilakukan Setelah Ada Job Review
Akan selalu menjadi masukan penting dan selamanya saya masih dipercaya mengerjakan Job Review dengan memperhatikan beberapa poin penting berikut ini :

1. Disiplin Tepat Waktu
 Setelah dipercaya mendapat Job Review, maka usahakan untuk mendisiplinkan diri mengerjakan job tersebut tepat waktu. Jangan sampai melampaui dari batas waktu yang ditentukan. Hasil job yang berhasil diselesaikan secara ontime, maka memberikan peluang untuk kian dipercayai banyak agensi (Advertiser) memilih blogger berkualifikasi dalam mengerjakan job review lainnya.

2. Buat tulisan yang natural
Review yang akan disajikan dalam blog sebaiknya ditulis secara natural tanpa harus terlalu dibumbui dengan hal-hal berlebihann apalagi dengan embel-embel memprovokasi suatu produk itu memiliki cela ataupun tidak sama sekali. Padahal belum tentu kebenarannya, ditambah orangnya sendiri sama sekali tidak memakai produk tersebut. Ini bisa disebut dengan "kebohongan publik"  belaka.

3. Kerjasama baik dengan Agensi
Yang dimaksut menjalin kerjasama yang baik dengan para agensi seperti blogger berusaha membuat artikel review yang berkualitas seperti yang diharapkan oleh advertiser. Lantaran sebagian besar job review yang diorder oleh pihak agensi memang dikerjakan untuk kepentingan SEO dan link building sehingga diharapkan dalam penulisan review juga bisa memenuhi kriteria yang ditentukan dalam mengoptimasi artikel yang sesuai SEO, seperti berikut ini
  • penulisan judul artikel menyisipkan kata kunci yang ditentukan oleh agensi ybs
  • usahakan membuat sub-judul dalam artikel review sekurangnya 1-2 sub judul 
  • isikan meta deskripsi dalam postingan review yang ada
  • penulisan kata kunci bisa disisipkan baik dalam Judul Artikel, Meta deskripsi, serta dalam paragraf, terkadang bisa diberi cetak tebal (bold), garis miring (underline)
  • penulisan artikel review menjadi beberapa paragraf seperti 3-4 paragraf lebih baik ketimbang langsung menjadi 1 atau 2 paragraf saja.
  • jeli menempatkan link ybs terhadap kata kunci yang tepat dan benar, hanya pada kata kunci yang memiliki relevansi.

4. Buat konten Job review yang orisinil
Sebaiknya membuat tulisan yang unik dan berkualitas. Pihak advertiser sangat berharap artikel review yang ditulis adalah 100% unik tanpa adanya jiplakan dari sumber lain di internet. Atau usahakan untuk tidak menulis review produk yang sama persis berdasar PRESS RELEASE yang khusus dibuat dalam promosi produk-produk tersebut.

5. Fokus terhadap tulisan job review
Jika sedang mengerjakan job review selalu fokuskan dengan bagaimana halnya bermain dengan kata-kata. Sisipkan sebuah ajakan pesan ataupun kritikan yang membangun dari paradigma setiap blogger. Karena masing-masing orang memiliki konsep pemikiran yang berbeda dalam menelaah dan mengekspresikan tentang sesuatu hal. Jadi mulai sekarang bangun kepercayaan diri, menulis artikel sesuai dengan style  (baca : gaya) khas yang kita miliki sendiri.

Nah, bagaimana sekiranya setelah membaca uraian simpel diatas ? Masih tetap semangat memajukan karya dan menulis dalam kegiatan blogging, kan. Banyak keseruan dan wawasan pengetahuan bertambah. Sedangkan soal dipercayai langganan mendapat tawaran "job review", anggap saja itu merupakan bonus-nya, hasil dari konsistensi blogger dalam mengoptimalkan blognya dengan baik.

Keep Happy Blogging, ya.... Salam sukses selalu.

16 comments:

  1. Aku lagi beljar ngeblog, nih. Dan seneng banget bisa dapat ilmu seputar ngeblog di sini. :) Salam kenal ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAri belajar bersama dan semangat ngeblog ya mbak Retno :) Slam sukses juga :)

      Delete
  2. Allhamdulillah udah pernah dapet job review sekali. Itu aka udah seneng banget nulis artikel yang cuma 700-an kata dibayar ratusan ribu. Haha.. waktu pertama kali dapat tawaran ditanya rate berapa.. wktu itu bingun apa maksudnya, eh ternyata harga per artikel. :D

    ReplyDelete
  3. Waah kapan ya kebagian job review semacam ini ?? ngarep.com ;)

    ReplyDelete
  4. Saya ngeblog dari hiatus panjang awal tahun ini, dulu ngeblog ya nulis aja,
    begitu ditawarin job review, sempat bingung memang dan mendapat informasi yg salah, akhirnya banyak yang ditolak :-( *belum rejeki* (f)

    ReplyDelete
  5. keuntungannya lumayan tuh untuk job review selain dapat bonus dari agensi kita dapat juga produk yang kita review itu :) keren

    ReplyDelete
  6. waaahhh tips-tipsnya kereeenn. saya baru bbp kali dpt job review walau rate-nya masih belum terlalu besar, tapi lumayan lah, nulis senang2 dibayar :)

    ReplyDelete
  7. Tips nya saya catat mbak, siapa tahu suatu waktu dapat tawaran job review jadi gak bingung...

    Salam,

    ReplyDelete
  8. mantep juga nih tipsnya..
    siapa tahu ntar saye bisa dapat rejeki dari job review..hihi
    makasih bnyk mbak tipsnya :))

    ReplyDelete
  9. Masukan yang baik ini mbak. Saya blum sama sekali dapat job review. Paling cuma ikut program afiliasi aja

    ReplyDelete
  10. Tipsnya mantaap.. makasih ya mbak, untuk selalu berbagi ilmu tentang blog..

    ReplyDelete
  11. Mantep banget... biasanya blog2 yang udah populer nih yang dapet job review. :D

    ReplyDelete
  12. Tipsnya sangat membantu sekali... apalagi pemula kaya saya sangat butuh bimbingan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)