24 May 2015

Mudahkanlah Hidup Dengan Pemanfaatan Kartu Kredit Secara Bijak

Mudahkanlah Hidup Dengan Pemanfaatan Kartu Kredit Secara Bijak
Dipinjam dari Google

Suatu ketika seorang teman menelpon saya sesekali curhat. Dia menceritakan rasa kesalnya pada saudara sepupunya yang dipercaya. Niatnya ingin menolong namun akhir cerita entah mengapa kartu kredit yang dipinjamkan bisa mendapat tagihan melonjak dua kali lipatnya. Tagihan kartu kredit yang sangat mencekik leher. Intinya teman saya sudah trauma dalam meminjamkan pada orang lain sekaligus memiliki kartu kredit lagi.

Ilustrasi diatas tadi sekilas mengingatkan sebagian orang memiliki anggapan kartu kredit sebagai biang masalah. Memegang kartu kredit bisa saja memunculkan perubahan gaya hidup modern menjadi impulsif dan konsumtif.  Efek lainnya mendorong terjadinya perubahan perilaku belanja menjadi lebih boros sehingga terjadi penumpukan hutang yang tidak kunjung lunas.

Namun sebagai orang bijak sepatutnya harus belajar menyikapi bagaimana memanfaatkan kartu kredit sebaik mungkin. Kalau tidak mengetahui seluk beluk kartu kredit, bisa menjadi resiko yang merugikan. Ibaratnya jika seorang tidak tahu bagaimana cara bermainnya, maka akan selalu kalah.

Ada pendapat dari pakar keuangan mengenai kartu kredit bisa menjadi alternatif yang menguntungkan. Kartu kredit memiliki nilai secure yang cukup tinggi. Dalam arti lebih mudah dan aman membawa  kartu kredit dengan nominal 10 juta rupiah dibandingkan membawa uang kontan dengan jumlah yang sama. Betul, demikian bukan ? 

Pemahaman Tentang Kartu Kredit Ala Ibu Rumah Tangga
Bagi saya yang awam tentang kartu kredit #jujur banget karena selama ini juga ada kekuatiran seperti paradigma diatas saya belajar mencermati dengan bertanya pada beberapa sahabat yang notabene secure dalam memiliki kartu kredit. 

Bayangkan mereka dengan santai bisa membeli beberapa kebutuhan penting (urgent) dengan hanya mengandalkan sebuah "tool" (baca : kartu kredit).  Seperti membeli buku terbitan baru tidak usah repot capek-capek keluar kota. Kayak saya yang jika mau beli buku setidaknya meluangkan waktu keluar kota menyasar TB Gramedia yang notabene lengkap dengan beragam buku. 
Membeli gadget rilis terbaru, juga tidak perlu ribet antri di toko elektronik ybs. Bahkan ada yang membeli bahan bakar saja tinggal menggesekkan kartu. Owalah, nikmatnya hidup ...hehehe

Fasilitas Yang Ditawarkan Kartu Kredit Modern
Bahkan di era sekarang untuk memiliki kartu kredit juga bisa diwujudlkan dengan mudah dan proses yang terbilang cepat. Seperti yang saya ketahui dari informasi para sahabat tercinta yang sekian lama sudah memanfaatkan keuntungan berkartu kredit. Saya direferensikan sebuah situs cermati.com yang capable dan handal menangani bidang finansial selama lebih 12 tahun.


Wah, saya baru ngeh nih kalau ada situs terpercaya dalam handling kartu kredit via internet mengingat kreditibilitas cermat.com yang melayani ratusan juta user secara online. Menurut hemat saya ini salah satu adaptasi tehnologi baru dalam membuat kartu kredit secara modern # catet lho, ini istilah saya ya. Wkkks.

Situs resmi yang terpercaya- cermati.com

Silakan untuk melakukan registrasi bisa melalui sosial media yang dimiliki atau bisa mengisikan data sesuai isian yang terlampir.
Setelah bisa login, baru mendapati menu untuk mendapatkan kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan yang ada dengan kita. Ternyata kita bisa membandingkan semua fitur utama seperti cashback, reward, airmiles, cicilan ringan, serta promo makan atau belanja. Lalu ajukan secara online.

Tinggal sekarang mencari  banyak informasi agar bisa menemukan kartu kredit sesuai pilihan kebutuhan yang dianggarkan. Berikut detail informasi yang bisa dilihat :
Beragam fitur kartu kredit sesuai pilihan


Mengenai ketentuan yang mengatur


 Persyaratan yang dikenakan


Mungkin ini juga salah satu pertimbangan saya jika membandingkan kelebihan memilih kredit online ala cermati.com dengan yang lainnya adanya fitur-fitur menarik seperti berikut :

1. Welcome Bonus
Hadiah Langsung yang akan diperoleh nasabah setelah Aplikasi kartu kredit disetujui. Jika bank mengkonfirmasi pengajuan kartu kredit, maka dipastikan tambahan hadiah menarik seperti voucher, tiket perjalanan, cashback, poin reward, dan lainnya secara gratis sebagai ucapan selamat datang.

2. Premium
Premium salah satu fitur pembuatan Kartu Kredit dengan layanan kelas utama. Memberikan beragam fasilitas khusus dan terjamin mutunya seperti diskon main golf,executive airport lounge,  rate pembelanjaan terbaik, dan sebagainya.

3. Reward

Dengan melakukan banyak transaksi, pastinya akan mendapat tambahan poin. Jadi nasabah bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk mengumpulkan poin serta menukarkannya dengan berbagai bonus seperti diskon belanja, voucher, tiket perjalanan, atau promo hotel dan restoran.

4. Dining
Fitur berupa diskon atau voucher untuk makan dan minuman pada resto serta kafe pilihan. Hal ini yang menarik orang untuk membahagiakan keluarga dan orang tercinta.
5. Travel
Bagi penyuka aktifitas traveling akan menjadi fasilitas yang menyenangkan. Berkat pemakaian kartu kredit ini bisa memiliki sejumlah bonusvmileage/frequent flyer dari maskapai penerbangan terbaik, gratis airport lounge, atau asuransi perjalanan yang terjamin proteksinya.

6. Interest
Jangan kuatir akan tagihan bulanan kartu kredit.  Dengan adanya fitur ini akan  memberikan suku bunga kartu yang lebih rendah dibandingkan kartu kredit lainnya.Hal ini memudahkan tagihan bulanan kartu dan pengaturan keuangan nasabah akan semakin ringan.

7.No Fee
memperoleh fasilitas menguntungkan seperti bebas biaya tahunan kartu kredit. Ini bisa menjadi alternatif pilihan bijak. Selain produk ini banyak dicari juga mudah dalam pengajua dan memenuhi syarat cukup simpel.
 8. Cashback
Dikenal sebagai istilah hemat pengeluaran dengan fitur yang ditawarkan ini. Dengan mengurangi pengeluaran belanja kebutuhan atau transaksi ritel lain serta memanfaatkan kartu kredit berfitur cashback. Dengan kata lain semakin tinggi nilai transaksi yang dilakukan, cashback yang bisa didapat juga semakin besar.

9. Gasoline
menjadikan pengeluaran bahan bakan kian mudah dihemat. Bisa dipastikan pergi kemanapun via kendaraan
memberikan rasa kenyamanan berkat  Kartu Kredit Petrol. Dengan menggunakannya, nasabah dipastikan  mendapat bonus dalam bentuk cashback, potongan harga, ataupun voucher pembelian bahan bakar.

Benar-benar menawarkan beragam fasilitas keren dan menarik, kan. Buruan capcus deh. Dan ingat pepatah bijak untuk lebih dulu meneliti dan mempertimbangkan sesuatunya dengan lebih matang.
Mungkin sedikit sharing dari pengalaman teman-teman grup saya agar pemanfaatan kartu kredit lebih terkendali dan tidak menimbulkan masalah kerugian di lain waktu.
Tips sederhana dalam memakai kartu kredit secara bijak
  • pemakaian kartu ada baiknya ditujukan pada hal yang sifatnya urgent saja.
  • harus bisa belajar disiplin dan mengontrol kendali pemakaian kartu kredit
  • harus bisa memahami perhitungan bunga dari bank atau lembaga finansial yang mengeluarkan kartu kredit
  • tidak mudah tergiur dengan adanya promo-promo diskon 
  • memiliki rencana konkret untuk tidak berhutang lebih besar
  • biasakan untuk membayar kewajiban tepat waktu untuk menghindari keterlambatan kartu kredit yang bisa saja membengkak diluar batas kemampuan.
 Selamat menikmati kemudahan hidup dengan memanfaatkan kartu kredit sesuai pilihan, tentunya dengan cara bijak dan memberikan nilai manfaat.

30 comments:

  1. Buat aku sih bukan biang masalah krn kita menggunakan dengan sehat, khusus untuk autopayment dan memanfaatkan poin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini mbak dirimu begitu piawai n bijak memanfaatkannya (h)

      Delete
  2. Waaah jadi ada partner untuk mengatur pemakaian kartu kredit yaaa, keren deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh kenapa komen balasanku baru muncul nih #gegara koneksi inet yang error trus :-(

      Delete
  3. Ih, asyiknyaaa ada web yang bisa handle kartu kredit kita! x-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk yang suka belanja blinji online siiip lah x-)

      Delete
    2. gak masalah mak Uniek caem, bisa bikin kok dari sekarang :>)

      Delete
  4. Aku ga punya kartu kredit, piye? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mell mumpung mashenom, smngat belanja blinji dll :)

      Delete
  5. Believe it or not Mba, sampe saiki aq ora duwe CC hihihiii... melasi yoh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok bikin dari sekarang yang lebih praktis, mudah en terjamin keamanannya mbak :>)

      Delete
  6. saya pernah sekali aply kartu kredit, sebenarnya karena dikejar kejar sama sales kartu kreditnya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sales girlnya cantik, pastinya gak nyesel diuber-uber kan, mas :-)

      Delete
  7. kita memang harus bijak menggunakan kartu kredit ya. Kartu kredit sebenarnya banyak manfaatnya, tapi jika tidak hati-hati malah jadi "terjerat" deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya Makli keren, sudi mampir :)

      Delete
  8. kita harus punya duit dulu atau bisa daftar gitu aja sih? eh.. pertanyaanku kayaknya sama ama pertanyaan suria: gratis gak ini? hehehe

    ReplyDelete
  9. Kembali lagi ke pemahaman : Yang memegang kendali adalah manusia... kartu kredit hanya fasilitas saja ..

    ReplyDelete
  10. Saya mau banget dapat welcome bonus tiket perjalanan. . . :-)

    ReplyDelete
  11. Aku juga masih awam soal kartu kredit, dan belum pernah punya.
    Bener juga, karena kurangnya pemahaman soal kartu kredit jadi membuat orang awam spt aku takut menggunakannya. Lain masalahnya kalo sudah dapat info spt di atas ya :)

    ReplyDelete
  12. Aku juga masih awam soal kartu kredit dan belum pernah punya.
    Tapi itu karena memang aku kurang pemahaman jadi takut untuk mempunyainya.
    Beda kalau sudah ada info spt di atas :)

    ReplyDelete
  13. kemudahan serta hadiah-hadiah yang akan didapatkan jika kita menggunakan kartu kredit dalam membayar dan atau bertransaksi sangat menggiurkan, jika pemakaiannya tidak bijak, bakalan trauma kaya sayah

    ReplyDelete
  14. Belum petnah punya kartu kredit. Tapi kmrn Adit ngajakin bikin. Untung dah baca ini :D

    ReplyDelete
  15. Wah saya ga punya kartu kredit neh...

    ReplyDelete
  16. Memiliki kartu kredit memang menuntut kita lebih bijak menggunakannya ya mbak. Sampai saat ini, saya belum berani punya kartu kredit. Takuuut.. kebablasan..hi..hi

    ReplyDelete
  17. Punya kartu kredit saat ini bukanlah sesuatu yg membebani jikalau kita bijak dlm penggunaannya.. Nice post..

    ReplyDelete
  18. Punya kartu kredit saat ini bukanlah sesuatu yang membebankan jikalau kita bisa bijak dalam penggunaannya malah bisa terbantu untuk urusan finansial.. nice post...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)