19 Jun 2015

Batu Akik Si Pemikat Hati

Credit : from Google
Hari gini, serba batu akik sudah jadi trend kekinian. Dimana-mana ramai diberitakan tentang penggalian batu hingga penciptaan karya seni bertahta batu akik. Intinya, batu akik si pemikat hati.

Gimana, setuju dengan pendapat diatas ???
Dari yang batu biasa-biasa saja (dipajang di emperan jalan) sampai batu dengan nilai diatas ratusan juta dikemas cantik dalam etalase toko-toko berkelas yang khusus memajang batu mulia.

Terus terang saja sih *ntar-ditimpuk bantal saya paling antipati sama batu akik.Lho*kenapa, ada yang protes . Hehehe
Pasalnya sepele saja, info berita yang harusnya bisa update lebih pada akhirnya juga membicarakan seputar akik akik dan akik ...#Beneran, kan ?
Belum lagi ketambahan di media cetak juga mengulas tentang beragam asal muasal bebatuan mulia ini.
Nah, ini yang paling saya inget seger banget dalam benak saya-Batu Bacan yang ditambang dari Pulau Halmahera ini saja mencapai 1M. Harga yang tampak fantatis , bukan ?

Batu bacan yang notabene berwarna hijau lumut itu memang menggoda siapapun, terutama para kolektor batu mulia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini.
Wong, temen sekota-Kudus saja yang terbilang kolektor penyuka batu akik sejak lama juga getol berburu akik,kok ! Hehehe. Kulakan batu bacan yang terdiri atas pecahan batu-batu kecil aja nyampe 6 juta. Ccck ccck , luaaarbiasa. Ntar kalau dibuat menjadi akik cantik bisa laku hingga 250-300 ribu per batu akiknya :)

Dari Hobi Jadi Penghasilan
Faktor lainnya, yang bikin saya terkadang senewen --ternyata oh ternyata virus akik tadi menjangkiti suami tercinta. Hadeeh mas-mas (biasa saya menyebut suami dengan panggilan "Mas) dibela-belaain gak istirahat cukup waktu demi memuaskan pasion.

Awalnya saya kurang sreg sih, lantaran waktu istirahat dan kerja tidak balance. *Tepok Jidat
Bayangkan, pulang kantor sekitar jam lima lebih udah duduk manis di depan meja dan serangkaian alat pemotong sekaligus pembuat batu akik.
Pastinya bikin berisik dan bisingnya keluar kemana-mana ??? Alhamdullilah tidak sampai demikian parahnya. Mengingat suami saya sudah kreatif mendesain sendiri mesin pembuat akik hingga noisy sound-nya gak bikin klenger tetangga kanan-kiri :)

Singkatnya saya jadi ikut arus deh, mengingat ternyata hobi  Batu Akik sang suami juga mendatangkan penghasilan yang lumayan. Selain itu terdapat banyak info menarik seputar batu mulia, ini yang diamini sebagian besar komunitas batu akik..
Sebut saja, batu mulia Black Jade, yang dipercaya berkhasiat membantu menyembuhkan luka bisul. Dengan cara simpel batu akik digosokkan halus pada permukaan bisul.

Pictorial Agata - Koleksi Pribadi
Kira-kira menurut sobat pembaca jika melihat "Pictorial Agata" atau acap disebut dengan batu bergambar di atas ini tampak menyerupai seperti apakah ???
Yap, tebakkan yang jitu *lho, belom dijawab udah sok tahu ya ...hehehe
Batu bergambar diatas sepintas mirip dengan seekor rusa yang bertanduk, bukan ? Untuk harganya sekitar 4 jutaan saja [ mau nego, monggo PM aja *jiaah pada akhirnya mengiklankan juga ya ].
Batu bergambar memang sedang booming dan ramai diperbincangkan. Kebanyakkan dijadikan sebagai liontin dengan ukurannya yang diatas  rata-rata batu akik.

Boleh percaya boleh tidak. Berkat polesan suami batu bergambar "Dragon" menyabet juara meski cuma harapan ketiga, ketika ada ajang pameran dan lomba batu akik yang diadakan di Semarang beberapa minggu yang lalu.
Yang bikin saya bergeleng-geleng kepala itu harganya dari 10 juta sekarang dibanderol menjadi 50 juta. Weleh-weleh, emang batu akik si pemikat hati.

Sekedar info saja, pastinya banyaka yang kasak-kusuk, kenapa sih harga "cuma batu doang" bisa meroket naik tajam ? Ya tak lain dan tak bukan karena kekhasan, keaslian batu mulia itu sendiri yang memiliki keindahan. Setiap batu mulia memiliki corak keindahan sendiri apalagi jika disorot dengan sinar.
Batu Akik yang memiliki body-glass senantiasa diburu para maniak akik yang tahu benar riwayat batu akik.

Makanya penting mengetahui keaslian sebuah batu benar-benar natural atau batu sintetis. Karena uji laborat batu akik tersebut akan mempengaruhi nilai jualnya.
Seperti batu mulia milik suami yang awalnya belum mendapat sertifikat uji lab, batu saphirenya pernah dipatok dengan harga 800 ribuan, namun setelah mendapat hasil batu ternyata natural langsung membuat batu akik ini naik pamor menjadi sekitar 2 juta.

Gimana sobat, tertarik dengan batu akik si Pemikat hati ini ???

5 comments:

  1. Wah... batunya bagus tuh yang bergambar dragon itu. Apa, 2 jutaaaaa? *Mata ijo* :D

    ReplyDelete
  2. di sini loh mbak berkali - kali ngadain bazar batu akik, mbok ya bazar bahan pokok gitu lah :)))

    ReplyDelete
  3. Haha...tosss Mbak, suamiku kini suka batu akik juga, mungkin ikut2an fenomena virus batu akik ya Mbak? Tapi kalo menghasilkan dari hobi batu akik, gak apa2 juga ya Mbak...

    ReplyDelete
  4. :o

    Harganya wow... Saya pakai King safir punya si papah, yg mahal bukan batunya tapi iketannya :-)

    Di rumah yg hobi mah papah, kalo suami mah engga

    ReplyDelete
  5. saya gak ngerti batu akik, tapi pengen punya batu akik yang cantik kayak orang2 hehehe..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)