18 Jun 2015

Dibalik Suksesnya Bisnis Susu Kedelai Ala Rumahan

Susu Kedelai Mama Mertua Tercinta
Siapa yang enggak suka SULE ??? Tunjuk jari *wkki.
Eh, maksutnya disini Sule berarti Susu Kedelai, lho... bukannya Kang Sule artis Parodi ntuu *Catet !

Nah, kali ini saya pengin aja berbagi tips mengenai bisnis sampingan. Siapa tahu ada yang cocok dan berminat. Inggih monggo :) *kedip2 manis.

Dibalik Suksesnya bisnis susu kedelai ala rumahan ini memang saya alami sungguhan. #Swear deh !!!
Maklum saya sudah melakoni profesi ini sejak tahun 2007 silam sampai sekarang.

Usaha yang simpel, praktis dan mudah dilakukan. Lantaran tidak memakan waktu yang lama, sule juga cepat habis ludes di distribusikan dan bikin hati siapa saja jadi senang * baik bakul ayu ini plus konsumennya. Iyakan, saja deh *lho??? Bingung,hihihi.

Berawal dari resep keluarga besar di Salatiga yang bisa bikin wedang Sule ini tidak beraroma mencolok. Biasanya tuh, menurut pengalaman orang (baca : yang udah kapok) minum SULE, mereka ngerasa eneg dan gak tahan sama aroma kedelainya. Ya, mirip-mirip ama ampas tahu getoo. Lhaah emang segitunya ya..padahal sebenernya antara bikin tahu dan sule ini satu jalur keluarga.

Maksutnya, bikin tahu (yang kenyal dan cantik) itu juga berbahan dasar dari kacang kedelai (Kacang kedelai Amerika). Entahlah mengapa kebanyakkan konsumen, termasuk mama mertuaku juga lebih suka memakai kacang impor ini ketimbang kacang kedelai lokal. 

Selain bentuknya yang kusam, kecil-kecil dan agak gosong *menurut saya sih, lebih hitam-kalo yang kacang dele impor kan bersih plus putih. Yaa kayak bule2 yang melancong ke Indonesia...wkki
Kacang dele lokal kurang bagus mutunya dijadikan bahan pembuatan sule. Wadalah, sulenya jadi kurang menarik. Kalau istilah Jawanya busem2 gitu *Baca-kusam, dalam bahasa Indonesianya.

Manfaat selebihnya yang bisa dipetik dari  konsumsi Susu Kedelai harian baik yang dikemas bubuk ataupun cair diantaranya :
  • dalam olahan susu kedelai tidak mengandung lemak tak jenuh-sehingga aman dikonsumsi bagi yang melakukan diet
  • bisa menangkal beragam penyakit seperti keropos tulang, jantung maupun penyakit kanker
  • juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikkan kulit dari dalam karena vitamin dalam susu kedelai baik untuk perkembangan kolagen kulit sehingga kulit bisa jadi halus dan tampak awet muda

Susu kedelai di Perumahan saya-siap hantar
 Kembali lagi ke resep Susu Kedelai, akhirnya dipraktekan dengan niat berwiraswasta di Kudus. Maklum, di kotaa kretek sudah saya survei kecil-kecilan. Dan, hasilnya rata-rata sulenya terasa GETIR di lidah dan aroma kacang delenya juga kuat. Pokoknya beda-lah ama hasil resep suke ala rumahan bikinan emak mertua *sungkem taklim.

Singkatnya, susu kedelai yang dibikin mama mertua terdiri atas 3 pilihan rasa : jahe, vanila dan coklat  ataupun menerima pesanan susu kedelai tawar.
Alhamdullilah semuanya laris manis tanjung kimpul di pasaran terjual di area komplek perumahanku yang terdiri atas 15 RT, yang masing-masing RTnya terdapat hampir 50 KK lebih. Bisa dihitung kan,terkenalnya nama saya susu kedelai buatan mama yang notabene tanpa pemakaian bahan pengawet.
Profesi harian yang membuahkan hasil, monggo diorder... #tsaah akhirnya ngiklan juga. Hahaha
Mungkin saja usaha berdagang sule selama 7 tahun ini berangkat dari rasa konsisten dalam mengerjakan semua pesanan dan memberikan timbal balik responsif. Buat saya yang rata-rata melayani pelanggan saya akan ekstra memberikan pelayanan.

Saya lebih mengutamakan kepuasan rasa pelanggan dan pengiriman produk tepat waktu kepada konsumen. Seperti request pelanggan yang ingin sule diantar sebelum anak-anak berangkat sekolah dsb. Untungnya komunikasi baik yang terjalin menjadikan hubungan berlanjut manis sampai sekarang.

Tiada kata indah terucap berbingkai selain rasa terima kasih teramat sangat kepada mama mertua yang jadi pilar dari semua usaha susu kedelai ala rumahan. Selanjutnya pernah saya sharingkan kehebatan pengalaman mama mertua , silakan baca DISINI ya :)

Terimakasih ya, Mama.... kebaikan hatimu memang luar biasa #ciumdan peluk penuh cinta.

23 comments:

  1. Susu kedele buatan mamah komplit banget ya Mbak varian rasanya...ada jahe..vanilla..coklat.. Nah, aku tuh penasaran sama yg rasa jahe krn di tempatku blm ada varian yg rasa jahe...

    ReplyDelete
  2. Waah kayaknya enak banget, kapan buka cabang di Purwokerto? ihihihihihi :D

    ReplyDelete
  3. Mama mertua yg mengerjakan sendiri ya? hebat lho. Semoga tambah laris manis ya sulenya. Pingin nyicip sule rasa cokelatnya *sayang jauh :)

    ReplyDelete
  4. Dek Tanty.... pengen ikutan ngicip sule resep mama mertuanya nih. Shasaku suka sekali lo sule, tp aku kurang suka krn ya itu..... aromanya yg mengganggu hehehe.

    ReplyDelete
  5. sukses terus dg bisnis sulenya ya mba

    ReplyDelete
  6. Pernah nyoba bikin walau sudah merebusnya pakai pandan dan api kecil, tetep aja rasanya kurang mantap seperti yang beli. Akhirnya nyerah, pilih beli daripada repot :)

    ReplyDelete
  7. SULE "Susu Kedelai" Ingat saat Pelayanan Publik bareng Kominfo Bojonegoro. Saat itu perwakilan KIM membawa SULE di stand & Aku ma teman-teman dikasih gratis hehe

    ReplyDelete
  8. Wih mbak...aku pengen banget bisa bikin sule. aku paling demen sama sule. Bahkan, tiap pagi selalu konsumsi sule. Sayangnya nggak bisa bikinnya. Ribet ya kayaknya?

    ReplyDelete
  9. jadi inget waktu masih di Rawamangun...suka langganan juga mba :)

    ReplyDelete
  10. Susu kedelai ini minuman favorit mama mertua saya ^_^

    ReplyDelete
  11. ya, aku juga suka banget dengan susu kedelai, banayk manfaatnya

    ReplyDelete
  12. Wah..ternyata mbak Tanty seorang entreprenuer juga ya...mantaap mbak :)

    ReplyDelete
  13. Aku suka banget susu kedelai. Dulu tiap pagi minum pas hamil Ubii karena ada yang jual deket banget. Sekarang jauh jadi dah gak rutin, padahal kangen juga rutin mimi Sule. Kapan-kapan kalau main ke tempat mak Tanty suguhannya Sule nih aseekk :D

    ReplyDelete
  14. Wah, asik nih mak. aku doyan lho susu kedelai, enak dan bikin kenyang :)

    ReplyDelete
  15. Kok hilang komentnya? saya suka banget baik tawar maupun ada rasa. Apalagi diminum dingin. Enak banget deh. Mbak, mbok ya di share cara buatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi ya mami Icha...ntar di japri aja ya :)

      Delete
  16. Suka bgt sule maks..
    enak diminum anget or dingin...

    maks ajarin atuh cara buatny..siapa tau jadi inspirasi usaha saya or siswa..
    sukses terus ya maks ::

    ReplyDelete
  17. aq yo sempet bikin sule rutin beberapa tahun lalu, sekarang? wis ra sempat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan buat nulis ya mak :) ketimbang masak serba rempong :d

      Delete
  18. aku dah lama g makan susu kedele ._________.

    ReplyDelete
  19. dulu trimester pertama aku suka banget minum sule apalagi kalau pas anget2 gitu..sekarang jarang :(

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)