28 Jul 2015

Cermat Menyiapkan Camilan Sehat Bekal Sekolah Anak

Dokpri : Omahantik.com
Musim sekolah sudah mulai aktif.  Saatnya anak-anak bergelut dalam kegiatan belajar mengajar terutama di sekolahan. 

Seperti pada anak-anak saya yang tetap bersemangat memulai rutinitas belajar baik yang duduk di SD kelas atas maupun putri tercinta saya yang tahun ini baru memasuki lingkungan sekolah ( baca : Taman Kanak-Kanak).

Rutinitas yang merepotkan sekaligus menyenangkan melihat tumbuh kembang anak-anak semangat bersekolah.

Nah, ini kewajiban seorang ibu smart dan bijak agar membuat "mood" anak tetap bersemangat berangkat sekolah dengan cermat menyiapkan camilan sehat bekal sekolah anak.
Terus terang saya agak bingung juga jika anak-anak sampai kurang berselera menyantap sarapan pagi jelang sekolah. Padahal asupan makanan tersebut penting juga untuk menambah daya energi melakukan gerak maupun berpikir di sekolah nanti.
Ya namanya anak-anak, saya berarti harus pintar memutar otak nih... biar mereka tertarik dan berselera membawa bekal atau makan pagi.

Langkah awal saya browsing di internet dan mengumpulkan tentang informasi membuat bekal makanan yang cocok dan disukai anak-anak. Dengan sedikit masukan dari keluarga dan sedikit inovasi maka saya mencoba-coba (trial error) menyiapkan camilan nikmat sekaligus sehat untuk bekal sekolah anak.

Setidaknya saya berusaha menyajikan suatu camilan sehat yang sesuai dengan kesukaan mereka diantaranya :
Buat tampilan yang menarik hati
mencoba mengkreasikan makanan camilan semenarik mungkin, kalau perlu dipadu padankan dengan warna alami
Mengolah dengan cita rasa yang nikmat
Saya sih percaya saja, anak kecil gak bisa berbohong. Kalau memang lidahnya cocok dan bisa merasakan cita rasa yang lezat pastinya mereka akan memuji secara spontan. Beneran, kan ?

Kreatif memadupadan camilan
Jangan sampai sajian camilan atau makanan membuat anak-anak malahan jadi bosan. Karena camilan makanan yang dibawa itu itu dan itu saja (Wah, jadi inget nih ketika jaman TK dulu saya selalu dibawain bekal roti tawar dengan olesan mentega dan taburan meses coklat tiap hari. Yaaah meski enak lama kelamaan jadi "eneg" dan bosan. Ujung-ujungnya saya bagi-bagi kepada teman sebangku. hahaha)

Berikut ini beberapa camilan sehat bekal sekolah anak yang biasanya disukai oleh anak-anak kecil, bisa dicoba dilakukan di rumah ya, sobat blogger :)

1. Camilan makaroni schotel yang lezat dengan toping keju bikin ketagihan nambah makan.


Dokpri : Hemmm so yummi
2.  Camilan Mi Goreng yang menjadi favorit anak-anak.

Dokpri : siapa saja pasti gemar dengan makanan favorit ini

3.  Puding buah yang segar dan nikmat disantap dengan beragam buah pilihan kesukaan anak-anak.

Dokpri : Lebih enak jika disimpan dalam lemari pendingin terlebih dulu
4.  Camilan Nugget ayam biasanya anak-anak suka dicocol dengan saus tidak pedas.

Dokpri : Lebih enak nugget ayam buatan rumah sendiri, murah dan dapat porsi banyak

5. Camilan Lumpia Rebung Udang menjadi cemilan favorit yang mengingatkan akan cemilan khas kota Semarang (saya) tercinta. Euuuy :)

Dokpri : Salah satu cemilan yang gak ada bosan-bosannya disantap hehehe
6.  Camilan Cakwe yang lumayan mengenyangkan dan cita rasa gurihnya terus melekat di lidah

Dokpri : Temannya si Bolang Baling
7.   Camilan Martabak telur bisa untuk menggantikan camilan lumpia dan membuatnya tidak terlalu ribet. Hehehehe

Dokpri : martabak telur yang kadang isinya dicampur dengan kornet daging
 8.  Camilan Burger mini yang bisa dibuat sendiri secara higinis di rumah, dan isiannya bisa diganti sesuai selera .

Dokpri : lebih enak dibuat sendiri dengan beragam isian sesuai seleraa :)


Cukup sampai disini dulu penampakan camilan sehat nan bergizinya, ya.Kalau ada yang tanya soal resep (mungkin-kalau sempat) saya usahakan tulis satu persatu. Yang terpenting mengupayakan diri trampil serta cermat menyiapkan camilan sehat bekal sekolah anak. (catatan penting buat saya pribadi, lho )

Selamat mencoba di rumah ya, wahai ibu-ibu hebat dan smart ^_^

Keep Happy Blogging

16 comments:

  1. Camilannya enak banget kayaknya, macam-macam. Jaman aku sekolah ya jajan sendiri, gk bawa bekal,

    ReplyDelete
    Replies
    1. camilan kan bisa dipersiapkan sebelumnya jadi paginya tinggal sreng aja gitu :)

      Delete
  2. Waah..bikin ngileer... Saya mau mie goreng dan pudingnya mbak...kirim ya..hi..hi..
    Dimana-mana, ibu mah harus kreatif ya mbak..supaya anak-anak terpenuhi gizinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iish mudah kok mbak bikin menu mie goreng dan puding. Yang penting bahannya udah komplit tinggal mengolah dengan penuh cinta deh. Siaap kalo deket aku samperin ya mba x-)

      Delete
  3. Mbaa itu smua masakanmu, kereen rajin amat siiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mbak, bikinnya dalam partai besar sekalian trus disimpen rapat di kulkas biar praktis dan mudah disantap :)

      Delete
  4. Puding buah yang jadi favoritku Mbak. Selain bagus untuk pencernaan juga sehat Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga doyan puding buah kok mba, pokoknya gak bosan setiap bikin puding buah..hahaha

      Delete
  5. Anakku maunya selalu telur ceplok. Aduh sampai akunya yang bosen hihihiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali dikasih yang beda tapi cocok dinikmati oleh anak-anak mbak :)

      Delete
  6. waah jadi laper mbak liat postingan makanannya hehe satu lagi mbak yg penting sehat dan halal makanannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pasti deh mbak, demi anak semua dilakukan demi menjaga rasa dan pola higinies kehidupan ya mbaa... :)

      Delete
  7. Enakkkk, pilihannya bikin ngiler. Kalau ibu2 semua sadar dan sempat buatkan anak2nya macam ini. pasti sehat hihi

    ReplyDelete
  8. uwuwuww..
    ituh kesukaanku semua mbakkk..
    moga2 besok dedek ud launching dan sebelum masuk masa sekoalh, aku udah bs bikin itu semua..
    share dunk resep ala dirimu hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)