23 Aug 2015

7 Rahasia Mudah Menjadi Blogger Produktif

Menjadi Blogger Produktif
Hai para blogger keren....
Seperti biasa, saya masih getol melanjutkan tulisan yang membahas dari blogger dan untuk blogger semua pada akhirnya.
Kan, sebelumnya sudah membahas postingan yang menjajaki gimana seluk beluk profesi blogger. Kalau lupa, silakan baca update artikel keren DISINI, yaaaa ;) *BLINK fullhearted

So, don't blame me' doooong kalau saya masih pengin membagi postingan terbaru sekitar 7 rahasia mudah menjadi blogger produktif.

Is there any reason ??? Selain mementingkan ego saya.MAksutnya saya masih senang membahas tentang blogger *pluk-ditimpuk roti mandarin segedhe gaban. Hahahaha...
Simak, beberapa yaa underlist berikut :
mbaak...kok saya tidak bisa menulis seperti sampeyan ya. Tiap hari ada saja topiknya ???
saya cuma ngelap kringet *Tsaaaah...padahal menulis cuma kayak curhat (kayak ngrumpi ama para emak di lapangan ntuuuu :D ) Jika diinbox beberapa teman yang mengeluhkan "bagian itu". Sebenarnya ada potensi tetapi merasa kena-blocked . Hadew.
kok blogku jalan ditempat ya... !!!
Wesssh, kepala jadi berputar bingung, jika dicurhatin blog pribadi yang gak pernah maju. Lha bagaimana mau berkembang ??? My best friends, kebanyakan cenderung mengutamakan yang lain. Saya lihat mereka lebih sering update sosmed-nya ( yang suka foto pasti apdet Instagram) atau asyik ber BBM ketimbang membagi postingan menarik pada blognya masing-masing. Iyaaaa, kan  ngaku ??? 

Atau ada kerabat yang mendengar sisi blogger yang seperti "NAIK DAUN" cieeeh...maksutnya mungkin gaungnya terdengar di mana-mana. Top markotop deh, seperti ucapan SUle preketiew :D :D
Ajariiiin ngeblog dong, sebentar lagi aku jobless ada perampingan kantor. Tapi, gaak pinter menulis gimanaaaa ?
Saking kagetnya saya bisa garuk-garuk tembok deh *lha, rambut sehat terawat gak pernah gatal. Hahaha. Denger permintaan teman malahan bingung gak bisa menjawab. Betul, enggak ?

So, STOPPED negative thinking (menurut saya, lho). Lebih baik berusaha beriktiar dulu ketimbang memikirkan hal yang tidak pasti. Alih-alih berusaha malahan menjadi putus asa-gagal merealisasikan keinginan tersebut.

Sebelumnya, MAAF seribu maaf-bukan saya dalam artikel ini SOK mendikte atau menggurui atau embel-embel lainnya :D, melainkan saya pengin berbagi langkah yang pernah dilakukan sendiri. Jika awalnya gagal, harap dimaklumi demi sebuah kebaikkan mengawali sukses tertunda. Arti sebenarnya, saya ingin lebih baik dalam menggapai angan.

Seperti yang sering saya sharing, saya pengin mengaktualisasikan kemampuan diri saya dengan ilmu yang dimiliki dan sebisa mungkin mendatangkan manfaat untuk sesama di bumi ini.
Jika kemampuan saya menekuni dunia BLOGGER seputar menulis sekaligus ngeblog, berarti saya berusaha membagikan apa yang pernah diajarkan dan terbukti kebenarannya bagi kemashalatan bersama. *Sok diplomatis nih :D

Pengin Sukses Jadilah Blogger Produktif
Rasanya tidak perlu muluk-muluk terlebih dahulu untuk mencoba merealisasikan sesuatu. Pikirkan yang lebih praktis dan mudah dilakukan, saya rasa akan lebih mudah, kan ?
Yang harus digaris bawahi (maksutnya diingat selalu) tidak ada kesuksesan yang diraih hanya dengan membalikkan telapak tangan begitu saja. Pastinya, dibalik itu ada banyak proses perjuangan atau lika liku yang menyertainya.

Sama halnya dengan yang sudah matap memilih jalur "BLOGGER" (udah gak lirik kanan-kiri okay looh) seyogyanya juga harus konsisten dalam mengamini keputusan tersebut.
Kebanyakkan yang ada, beberapa orang sudah merasa GAGAL ditengah jalan lantaran sepele.. Seperti yang diceritakan di atas. Merasa jenuh, bingung gak mampu menulis bahkan merasa tidak bisa meningkatkan blognya lebih maju .

Kiat Mudah Menjadi Blogger Produktif

Berjuang Menjadi Blogger Produktif

Mungkin dengan menyimak beberapa kiat mudah yang sudah saya jalankan beberapa tahun ini demi membooster blog selalu produktif sebaik mungkin diantaranya :

1. Ciptakan Niche Blog sendiri
Boleh percaya atau tidak, jika pertama kali sudah punya niat dan tekad baik akan lebih dimudahkan untuk urusan berikutnya. Begitu pula yang terjadi dengan aktifitas ngeblog. Jika sudah menetapkan pilihan blog yang akan ditulis (tentunya sesuai pilihan hati) maka nantinya akan membantu mengatasi kesulitan dalam menulis blog apalagi jika mengalami kendala/masalah.
Semisalnya : menyenangi tentang kuliner, alangkah baiknya memilih blog bertemakan masakan yang sesuai kehendak hati.

2. Berwawasan luas
Supaya tulisan dalam postingan blog memiliki greget tersendiri dan nilai manfaat untuk banyak orang, ada baiknya seorang blogger tidak segan-segan terus belajar meningkatkan ilmu pengetahuan. Dengan  kaya ilmu dan pengetahuan baru secara tidak langsung akan memberikan dampak positif pada kemampuan menulis blog.
3. Sajikan Artikel Menarik dan Orisinil
Catatan penting yang harus selalu diperhatikan. Untuk blogger yang produktif dalam menghasilkan suatu karya tulisnya tentunya bisa menginspirasi para pembacanya. Membuat postingan artikel yang menarik, unik dan merupakan hasil karya sendiri biasanya akan lebih dihargai dan memiliki ke-khasan sendiri. Coba saja dipraktekkan mulai sekarang....betul 3x :)
4. Ruang Lingkup Nyaman
Salah satu yang diperhatikan dalam mendorong blogger bisa lebih produktif adalah dengan cara membuat suatu ruang lingkup yang nyaman. Meski rumah saya tergolong mungil, sebisa mungkin saya menempatkan salah satu sudut favorit dalam menunjang aktifitas menulis saya. Tidak mudah terganggu dengan hal-hal lain, lebih memberikan energi positif sekaligus banyak mendatangkan inspirasi-inspirasi tidak terduga.
Biasanya saya memberikan sentuhan lain, seperti menempatkan aroma terapi yang menyejukkan rasa berikut tidak lupa menyetel beberapa musik favorit yang bisa menggugah semangat. Aoww,  dunia tampak begitu indah dan membahagiakan !

5. Pustaka Mini
Saya dulu berangan-angan masa kecil bisa memiliki tokbuk Gramed. Impian yang manis mengingat saya kutu buku, yang getol membaca. Meski tidak sepenuhnya terwujud, toh saya mencoba sedikit demi sedikit mengkoleksi serta mengumpulkan buku-majalah-novel-tabloid-koran sehingga akhirnya bisa sedikit menyerupai gramed ala sederhana, yakni ruang pustaka mini di sudut ruangan. Jadi blogger juga wajib membaca lho, karena apa yang dibaca nantinya bisa membantu menuangkan banyak ide. See ???

6. Ada Schedul Tertulis
Mungkin salah satu cara ini bisa membantu blogger lebih giat memproses konten artikelnya. Semakin sering membiasakan cara bikin schedul, berarti semakin banyak  bank data tulisan yang nantinya bisa dipilah-pilah menjadi postingan baru. Sebaliknya jika tidak ada schedul tertulis yang fungsinya sebagai REMAINDER bakalan tulisan akan grambyang alias kurang jelas.
Membuat schedul ini amatlah mudah, bisa dengan cara ditulis dalam notes biasa, atau diketik rapi dalam MS. Excel. Akh tergantung mana-mana sukalah, kalau saya pribadi punya buku tersendiri yang seringnya diisi draft tulisan ringan maupun schedul (berupa judul dan topik) .

Komunitas Blogger Produktif
7. Interaksi Sosial dengan komunitas
Demi menunjang profesi blogger yang sudah mantap saya pilih ini saya juga memutuskan bergabung dengan beberapa komunitas yang mendukung dunia blogger. Pokoknya menjalin dan melakukan interaksi sosial dengan banyak komunitas bisa mendatangkan banyak keuntungan. Beberapa diantaranya yang pernah saya petik dari komunitas blogger yang hebat ini antara lain : mendapat informasi pengetahuan baru seputar dunia blogger, menjalin relasi teman baru yang bisa membantu memberikan info sekaligus merekomendasikan manakala ada peluang job review (nah, ini pasti yang banyak ditunggu para blogger. Serbuuuu !!!) dan yang lainnya adanya kesempatan mencicipi pelatihan/workshop secara cuma-cuma. 

Sekiranya itu beberapa langkah yang pernah saya pakai selama ini dalam menekuni dunia perbloggeran. Ada sensasi baru yang menyenangkan sekaligus bisa bikin ngiri para sahabat *Plook ditepok wajan. Hahaha.
Selebihnya jika ada yang kurang, saya mohon dimaklumi ya. Silakan, saya tunggu  sharing opininya sahabat blogger semua yaaa....

Keep Happy Blogging

26 comments:

  1. Point nomor 6 tuh greget banget,, schedule nge-blog agar disiplin. Itu yang lagi aku lakuin sekarang maakk.. Greget post!! ^0^


    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Benar Mak ... positive thinking saja. Jadi blogger itu enak, apa saja bisa ditulis. Typo-typo gak ada yang pusingin, "Lha blogger koq typo?" Lhha iya, ngakunya kan blogger, bukan penulis. Kalo ngaku penulis, ada typo2 pasti deh banyak yang ngeritik hehehe.

    Trus, bikin lingkungan nyaman, nah itu penting. Paling asyik lagi kalo di lingkungan macam apapun bisa saja tetap ngeblog. Cuma lingkungan nyaman ala blogger jangan dipindah ke blognya mentah2. Maksudnya gini Mak, ada tuh blogge yang suka pasang musik di blognya. Kalo saya sebagai pengunjung gak nyaman malah apalagi kalo yang didengar bukan selera saya. Mana mikirin, ini habis berapa ratus KB yah kalo nongkrong di sini hahaha (dasar ya blogger hitung2an). Eh ini malah jadi curcol ya wkwkwk.

    Keren Mak, postingannya oke (h)

    ReplyDelete
  3. menciptakan niche blog itu susah buat saya heheeh jadilah saya blogger campur aduk :D

    ReplyDelete
  4. ah cakep nih tipsnya, aku ga nentuin niche spesifik nih, masih asik jadi personal blogger aja ahaha

    ReplyDelete
  5. no 2 menurut saya penting banget, dengan berwawasan luas ide posting akan lebih banyak muncul, tapi wawasan luas akan diedapat dari pergaulan, membaca buku dan ilmu itu bisa dicari dimana saja ya mbak.jadi jangan sampai deh kehabisan ide posting :)
    happy blogging

    ReplyDelete
  6. Woh....mesti konsisten nih kalau buat schedule ya makk......

    Aku pernah ketahan di draft lama, untungnya pengalaman langsung bakalan cepet nulisnya yah...seperti Pengalaman Sleeper Train ke Singapura..heee

    ReplyDelete
  7. menarik artikelnya mbak..lebih kurang yang mbak sebutkan sudah saya lakukan..sedang berporses ni..pengen jadi blogger profesional yang tulisannya berpengaruh bagi orang lain..salam sukses mbak :)

    ReplyDelete
  8. Sepakat dengan tip2nya mbak. Saya pun melakukan hal itu, dan hasilnya, bisa tetap eksis ngeblog sampai sekarang

    ReplyDelete
  9. setuju semuanya... terutama yg interaksi sosial... Selain nambah temen, jadi nambah pengetahuan dengan belajar dr blog teman2 sendiri ^_^

    ReplyDelete
  10. saya ngeblog cuma buat curhat ni kakaaaaa.... gimana donk :)

    ReplyDelete
  11. mb kalo aku kendalanya masih di bahasa, bahasaku masih alay di blog kekkeek

    ReplyDelete
  12. Betul juga, schedule tulis akan membantu ya.
    Perlu diterapkan nih kiat2 nya biar bisa jadi blogger produktif :)

    ReplyDelete
  13. Tips no 4, boleh juga untuk dipraktekkan mbak.. menyimpan aroma terapi yang menyejukkan. Tapi saya kurang bisa konsentrasi kalo pake musik mbak..hi..hi.. pengennya heniiiing... :D

    ReplyDelete
  14. Wah makasih tipsnya.. agustus ini ngedrop deh sy *curcol

    ReplyDelete
  15. Xixixixi...suka ah kalau Mbak posting kayak beginian. Jadi modal buat aku nih.
    Perkara nulis jadwal saya seringnya di HP mbak. Jadi, kalau pas buka HP langsung keinget. Etapi, semenjak BBM dan IG non aktif (sementara) kok aku ngerasa lebih aktif nulis ya. Godaannya kabur.

    ReplyDelete
  16. wah..kayaknya aku harus jadi blogger produktif nih mbak...biar tetep eksis juga :D

    ReplyDelete
  17. Sajikan Artikel Menarik dan Orisinil itu yang harus dimaksimalkan, sebab itu yang sekrarang dicari pengunjung

    ReplyDelete
  18. Kalau ane biasanya waktu ngumpul sama temen / lagi maen terus dapat inspirasi langsung ane catat di hp, terus nanti kalau da waktu luang ane posting dah tu yang ane catat di hp. Hehe.
    Kalau berkenan mampir ke blog ane gan sebagai tanda persahabatan...

    ReplyDelete
  19. niche blogku malah sepi dan jarang update lebih enak blog campur aduk tulisannya

    ReplyDelete
  20. Bikin jadwal, ini yg masih susah buat saya. Tapi bikin draft/point utama/tema, sudah mulai saya list tiap kali muncul ide pengen nulis A, B,C.

    ReplyDelete
  21. aku dulu termasuk yang pernah meninggalkan blog karena alasan-alasan itu, hehehe semoga sekarang lebih semangat dan lebih rajin ngeblog, biar kayak mbak Putri :)

    ReplyDelete
  22. Saya mengalami hal yang sama seperti mereka "yang curhat". saya punya ide, punya niche, tetapi saya kendala di kosakata dan kalimat. hehehehe

    ReplyDelete
  23. setuju banget, apalagi yg no 7 meskipun ngeblog itu aktivitas dumay tapi berkumpul dg org2 yg seide itu penting banget

    ReplyDelete
  24. aku belum punya schdule tertulis nih masih mengandalkan ingatan sama mood

    ReplyDelete
  25. haha... bener mba, daripada ngerumpi mending ngeblog, karena ngeblog semudah ngerumpi :)

    ReplyDelete
  26. artikel menarik oke, saran dong....hobiku menulis tetapi menulisnya ilmiah kaya nyusun skripsi n tesis gitu, blognya harus seperti apa....saranya yah....

    arsyakindo1@gmail.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)