6 Aug 2015

Kenali Beragam Manfaat Madu Yang Sungguh Berkhasiat

Dokpri : Anak-anak yang tampak sehat dan cerah ceria
Mungkin saja saya bisa dikatakan sosok ibu yang terlalu santai atau menganggap sepele sesuatu yang menurut saya terlalu so simple. Atau kurang patuh sama petuah ortu...hehehe

What's that ??? Apakah itu...???

Beberapa bulan yang lalu, ibunda saya pernah mengunjungi dan tentunya menginap beberapa hari di rumah saya (kebetulan memang berada di laur kota) demi menuntaskan rasa kangen terhadap para cucunda tercinta.

Kebetulan juga, puteri kecil saya mengalami demam, suhu badannya tiba-tiba panas.
Yang bikin ibunda saya jadi uring-uringan, tatkala melihat saya dan suami tampak tenang-tenang saja tanpa harus mengkondisikan untuk langsung berobat ke rumah sakit.

Menurut hemat sang nenek, jika anak mengalami panas-sebaiknya langsung di bawa ke rumah sakit sesegera mungkin. Tanpa harus mengulur-ulur waktu. Yang bikin ibunda sewot itu yaaa menganggap kami seperti menunda waktu saja.
Sedikit saya dan suami berusaha memberi pengertian, jika panas tidak turun hingga 3 hari, baru membawa berobat ke rumah sakit.
Sebaliknya jika saya keukeuh merawat dan mengobati anak sendiri, saya akan mencoba memanfaatkan cara tradisional.

Berikut ini cara turun-temurun yang dilakukan oleh para kerabat maupun sesepuh yang saya terapkan jika merawat anak yang sedang terkena panas dalam tubuh :

Pergunakan bawang merah
Saya menduplikasi cara mertua salah satunya dengan mengupas siung bawang merah. Potong kecil-kecil atau cabik-cabik halus. Lalu campur merata dengan minyak telon/minyak kayu putih. Setelah itu balurkan merata ke tubuh si kecil yang sedang kena panas. Tujuannya untuk meredakan suhu panas di tubuh agar cepat turun.
Kalau anak usia balita, potongan bawang merah tadi bisa dimanfaatkan untuk kerokan tubuh secara perlahan-lahan. Bisa untuk mengusir rasa perut kembung atau masuk angin.

Siapkan madu asli
Saya selalu menyediakan madu asli (tanpa banyak bahan campuran) di rumah untuk just in case. Persiapan jika ada anak yang tubuhnya kurang fit atau mengalami panas tubuh mendadak. Dulunya berdasarkan nasehat sesepuh, jika diminumkan madu akan membantu meredakan suhu panas tubuh (berulang kali saya praktekkan sendiri, lumayan manjur ).
Kenakan baju yang nyaman
Dengan mengganti semua baju yang bersih dan kering dari keringat setidaknya bisa membantu anak bisa beristirahat dengan nyaman, Tentunya juga mengantisipasi sikap rewel dari ketidaknyamanan kondisi tubuh yang panas.

Minumkan Pereda Panas (Paracetamol)
Jika kondisi dianggap kurang memungkinkan-panas masih bertahan di tubuh si kecil, bisa meminumkan obat paracetamol yang biasa diminum dan sesuai dosisnya. Kalau saya dan keluarga memang sudah menghafal jenis obat pereda panas yang biasa dikonsumsi anak-anak ketika sakit.

Tentang Khasiat Madu
Sebagai tambahan saja, mungkin ada yang menyimpan pertanyaan dalam hati, kok memilih madu sebagai salah satu alternatif meredakan sakit panas ?
Saya pada akhirnya juga mencari beberapa referensi yang menunjukkan bukti bahwa madu memiliki beragam khasiat yang berguna bagi kehidupan manusia.
Menunjang Pertumbuhan 
Zat gizi yang tersimpan dalam madu ternyata menngandung beberapa zat penting seperti zat besi (Fe) maupun zat tembaga (Cu) yang memang diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak-anak secara optimal terutama dalam pembentukan hemoglobin maupun sel darah merah.

Menstimulasi Kecerdasan Otak
Banyaknya zat penting yang tersimpan dalam madu asli, apalagi dimanfaatkan secara rutin mengkonsumsi satu sendok makan jelang tidur bisa mendatangkan hasil. Apalagi zat gula (fruktosa) yang ada pada madu berperan sebagai suplai energi cadangan pada organ vital seperti hati maupun otak ketika sedang terlelap tidur.
Meredakan Infuenza
Acapkali penyakit seperti influenza yang ditandai batuk maupun pilek menyerang pada anak-anak. Apalagi dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah tidak menentu, semakin memudahkan kuman penyakit menyerang. Namun berkat adanya madu yang rutin dikonsumsi saban hari bisa bisa jadi penangkal yang baik. Efek obat pada kandungan madu dekstrometorfan ternyata bisa mengatasi serangan gejala batuk saat malam hari.


12 comments:

  1. Anakku juga suka madu, tp ngga tau deh madu yg kubeli itu asli atau banyak campuran. Hmmh...

    ReplyDelete
  2. terimakasih info yang bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Yg paling susah itu cari madu aslinya y mb

    ReplyDelete
  4. Aduh, jadi pengen minum madu. lama sudah tidak minum madu nih. pulang kantor beli.....

    ReplyDelete
  5. Baru tau khasiat madu untuk demam, klo bawang merah sudah sering dengar.
    Madu memang bermanfaat bagi kesehatan :)

    ReplyDelete
  6. saya tiap pagi minum madu,kalo mau batuk atau nggak enak badan biasanya dimiumin madu pake air hangat. enak di badan^^

    ReplyDelete
  7. Aku sudah lama mengkonsumsi madu.. Madu yang terbaik menurutku yang dari Bangka.. Kalau adikku mudik Lebaran ke Palembang aku suka nitip madu Bangka.. rasanya agak pahit namun dan harganya agak mahal.. Pantaslah mahal karena khasiatnya sungguh dahsyat..

    ReplyDelete
  8. Wah sy jg pke cara itu kalo qorira demam.. pke bawang..hehe

    ReplyDelete
  9. Suami seneeeng banget madu.. Dan memang khasiatnya banyaaak yaaaa

    ReplyDelete
  10. madu ternyata banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  11. aku stok madu juga di rumah mbak

    ReplyDelete
  12. Kalo di desaku Kendal sana masih mudah cari madu asli, tentunya di Kudus juga mudah kan?
    Madu memang kaya manfaat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)