24 Aug 2015

Tidak Ada Rotan Akarpun Jadi - Amunisi Bagi Blogger

Amunisi Bagi Blogger
Haaai, kembali apdet postingan sobat blogger. Kali ini masih membahas artikel yang ada relevansinya dengan job yang ditekuni di dunia blogging, kalau bukan sebagai blogger.

Saya harap jangan bosan menyambangi ke omahantik yaaa, swear jadi meringkuk sedih jika blog ini kurang bermanfaat untuk para sahabat pembaca sekalian. *Jadi curhat .LOL

Makanya jangan protes diri saya, jika saya suka menuliskan judul bombatiis seperti diatas "Tidak ada rotan akarpun jadi dalam melengkapi amunisi bagi blogger.

WHAT'sss.... sebegitu pentingkah seorang blogger harus memiliki amunisi (kayak mau maju perang pertempuran saja). Hahahha
Wait wait wait....tunggu ! Simak penjelasan yang tidak kurang seperti yang saya utarakan berikut ini yaah...so sabar atuh ^_^.

Menurut saya lho *catet, menekuni dunia blogging seperti berkecimpung serius menekuni menulis artikel dalam blog pribadi, tekun memperbaharui konten artikelnya, bahkan konsisten meningkatkan kemajuan blognya - bisa diilustrasikan simpel seperti seorang kesatria yang hendak berlaga di arena pertempuran.
Namun, jika tidak ingin mati konyol lebih survive setidaknya memikirkan rencana taktis supaya memenangkan pertempuran tersebut.

Atlit tinju sekaliber Muhammad Ali juga demikian, namanya terus melegenda berkat perjuangan kerasnya mempersenjatai ketahanan daya fisik plus mentalnya dengan seranagkaian "Training Center". Semacam pelatihan fisik yang dilakukan secara rutin tiap harinya. Jika tidak siap-siap menelan pil pahit. Uhuk !!!

Pertempuran sengit antara petinju pro

Terus, gimana dong hubungannya dengan perjuangan Blogger ?
Tentu saja sepak terjang dalam menekuni profesi blogger tidak jauh berbeda dengan para pejuang maupun atlit seperti dicontohkan sebelumnya.
Menjadi blogger seperti gampang-gampang susah. *Lho , kok ??? Jadi pusing, ya ???
Dikatakan demikian jika memang memanage lebih serius dan penuh komitmen tidak menjadi kendala, sementara jika dibiarkan sambil lalu...nah, ini yang bikin repoooot. Hahahaha

Jelas, saya pribadi tidak mau dong menuliskan postingan secara ngasal..alias ngawur tanpa tujuan jelas. Apa hanya sekedar mengandalkan "termehek-mehek" curhat ala emak habis...Wuiiih ujung-ujungnya bisa dianggap Ghibah ntuuuh. Ogaaah pastinya :D :D :D

Kuncinya mudah, kok ! Persiapkan dengan matang terlebih dahulu semua tools yang mendukung aktifitas ngeblog.
Mau hanya modal OT (baca : omong kosong thok) cuma menuliskan berdasarkan mood saja. Hadewww.. dijamin tidak bisa istaqamah berlanjut deh nantinya ^_^ Just prove it. Buktikan saja apa yang saya prediksi ya.

Amunisi Wajib Dimiliki Blogger


Sekiranya tools yang mendukung ngeblog itu apa saja yaa >>> Nih, kalau pendapat saya untuk menunjang kualitas artikel dalam blog pribadi perlu persyaratan tertentu. Dan saya sering menyebutnya sebagai AMUNISI Blogger diantaranya :

  • memiliki sebuah mesin pengolah kata bisa saja itu sebuah dekstop, notebook, laptop ataupun mesin ketik. (mungkin sekarang jarang orang memanfaatkan HAndwriting, demi kepraktisan).
  • ditunjang sarana elektronik dan gadget, salah satunya bisa dimanfaatkan adalah ponsel pintar. Gadget canggih satu ini seakan bisa menggenggam dunia dengan satu alat. Lhaa yaa, betul. Dengan sering membagikan kabar, informasi baik di status atau mesenger apapun artikel terbaru yang telah dibuat secara mudah bisa disebar luaskan seantereo.
  • terakhir tool penunjang yang dominan adalah kamera. Dengan adanya kamera tentunya bisa menghasilkan gambaran maupun foto yang lebih memperjelas dari tulisan blog. Mungkin saja jika konten artikelnya sudah cukup bagus dan jelas dalam pemaparannya, tentu tanpa adanya foto semua pembaca bisa mengetahui isi dan tujuan tulisan. Sebaliknya jika tulisan kurang memadai, bisa saja menyulitkan para pembaca dalam mencerna tulisan tersebut.
Sepertinya cuma 3 amunisi tersebut yang utama diperhatikan. Andai saja belum lengkap salah satunya, bisa menyiasati dengan beberapa cara yang mudah (namun butuh kesabaran). Hehehe saya bisa bilang demikian karena awalnya saya juga berangkat dari nol.

1. Jika tidak memiliki PC/notebook, saya membiasakan rutin (seringnya pagi atau sore hari) ke warung internet. Jika "terpaksa" banget (sesekali boleh asal gak keseringan) saya menginap ke rumah sahabat dan nodong pinjem PCnya *modus terselubung. Karena saya sudah ngedraft, proses bisa kilat dong. Tidak lupa simpan hasil kerja di fllashdisk just incase, kalau terjadi error suatu saat,

2. Punyanya hape jadul, itupun lungsuran. Berarti saya harus lebih rajin dan bisa membagi waktu (kerja cepat) sharing apdet postingan ketika sedang online di komputer ataupun warnet. Sehingga tidak perlu memaksakan diri "HARUS" punya smartphone agar bisa eksis sharing postingan terbaru.

3. Andai belum mampu membeli kamera bagus, bisa kok memanfaatkan kamera ponsel yang memiliki kekuatan lensa minimal 8 megapiksel pada kamera utamanya. Setelah itu dimix di aplikasi foto yang bisa diunduh gratis. Sehingga foto dan gambar yang diperoleh lumayan bagus menunjang isi blog.

Mungkin saya sudah khatam melewati proses diatas, jadi tidak pernah menjadi beban tersendiri saat saya sama sekali belum diijinkan melengkapi tools penunjang tersebut sebagai amunisi blogger.
Sekarang gantian dong, share pengalaman para pembaca tercinta disini.

Keep Happy Blogging


23 comments:

  1. Setuju setuju, ga perlu alasan buat ga blogging ya kalo semua amunisi sudah lengkap :)

    ReplyDelete
  2. Betull sekali...3 amunisi itu yg paling menunjang n mempermudah ngeblog :)

    ReplyDelete
  3. 3 amunisi ada semua, meskipun bukan termutakhir... tapi... tapi.... ah sudahlah....

    ReplyDelete
  4. kurang lebih sama :) Berhubung saya masih ngantor, saya upload via pc kantor :D dan sengaja dijadwalin sehingga pas libur, tetap ada postingan ^_^

    ReplyDelete
  5. Harus punya koneksi internet juga kayaknya. Kalau gak mana bisa ngeblog, hehe :D

    ReplyDelete
  6. Ane ngeblog udah 5 tahun gan kadang kalau lg semangat ky sekarang ini ya gencar bikin postingan ntar kalau dah males. blognya terbengkalai ky bangunan tak berpenghuni dan tak terawat. hahaha

    ReplyDelete
  7. 3 amunisi sudah lengkap plesssss amunisi semangat harus selalu diisi hehe

    ReplyDelete
  8. Satu lagi amunisi yang wajib dipunyai seorang blogger yaitu nawaitu aliat niat.... Betul g sih...

    Best regard,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
  9. kalo aku cukuplah laptop dan kamera mba.. krn ga pernah suka nulis blog dr hp ;p.. hahahaha, typo muluu jadinya :D

    ReplyDelete
  10. wah aku juga baru aja mau posting perlengkapan blogger, aku punya 8 perlengkapan nih ketika ngeblog, kamera itu juga wajibun ada

    ReplyDelete
  11. Satu lagi amunisi yang harus dimiliki, yaitu niat alias nawaitu....

    ReplyDelete
  12. Kamera kamera kamera. Saat ini butuh banget yang satu itu Mbak. Yah, sebenarnya sudah ada sih HP dengan kamera utama 5MP. Semoga saja ntar bisa beli dari hasil ngeblog ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Saya cuma belum punya senjata Kamera yang pro hahahahahah sedihhhhh

    ReplyDelete
  14. kalo amunisi saya buat ngeblog tiap hari harus ada rokok,kopi, komputer tentunya sama koneksi.untuk cari bahan artikel bisa googling atau baca-baca buku..
    sebetulnya kalo postingan curhatan gampang banget.nah kalo saya harus tetap pada pembahasan seputar kecantikan gitu jadi harus banyak-banyak belajar topik pembahasan :)
    terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  15. Nah, tipsnya cihuy banget, apalagi aku lg males2nya ngeblog..huhu

    ReplyDelete
  16. aku fotonya pake kamera hp, biar bagus fotonya diedit :)

    ReplyDelete
  17. Sampai saat ini masih belum punya kamera dan masih mengandalkan kamera hape yang seadanya aja...

    Tapi InsyaAllah nge blog nya jalan teruuus...

    ReplyDelete
  18. Aku ga kn pernah bosan kok mampir ke sini,hihi

    Hmmm amunisiku masi kurang, desain blogku masi acak adut huhuuu

    ReplyDelete
  19. mantep :)
    setelah amunisi hardware, lanjut amunisi softwarenya mba :D

    ReplyDelete
  20. Pantesan rajin bener sekarang postingnya, ternyata amunisinya lengkap. :)

    ReplyDelete
  21. posting cara moto yang bagus dong mbak

    ReplyDelete
  22. sekalinya gak ada jaringan, tapi pengen ngeblog, nagis deh dipojokan hehehe

    ReplyDelete
  23. Wah untuk urusan kamera menjadi salah satu amunisi utama saya dalam dunia blogging. Dulu ada sih kamera prosumer KODAK Z812 IS. Kini setelah kamera sudah dijual, praktis sekarang saya mengambil foto dengan menggunakan kamera Saku atau kamera yang ada dalam Hp Android saja. Hasilnya lumayan terang karena 13 megapiksel untuk kamera depannya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)