3 Sep 2015

Asyiknya Memanfaatkan Barang Bekas

Gak perlu minder atau merasa sungkan jika ada teman, saudara atau kerabat yang berbaik hati membantu terutama dalam menghibahkan barang-barang miliknya. Adapun itu nanti menjadikan nilai baru dalam memanfaatkan barang bekas.

Tidak maluuuuu ? Kenapa harus malu, wong gak melakukan tindakan kriminal atau merugikan pihak lain. Sebaliknya malah turut mendorong orang yang memberi juga merasakan kebahagiaan barang pemberiannya memberikan manfaat lebih.

Saya sih beruntung sekali dikelilingi orang berhati mulia yang banyak membantu. Beberapa barang pribadinya memang sengaja diberikan lantaran sudah terlalu repot mengurusi semua perabotan yang lumayan banyak. Mulai dari peralatan dapur, tas, kursi, bahkan beragam mainan anak.
Saya patut bersyukur juga, sih sebagian besar barang-barang yang dihibahkan masih layak pakai. Jadi tinggal saya dan keluarga yang sebisa mungkin merawat dengan baik-baik.

Tidak ingin dikatakan "Habis manis sepah dibuang" jadi saya berniat menjaga dan merawat pemberian tersebut dengan penuh kasih. Sudah syukur bisa diberi kesempatan memiliki, daripada tidak sama sekali. Nah, catat ya ! 

Adakah keuntungan bagi saya dalam menerima hibah barang-barang tersebut ?  #tampaknya kok "ngenes" ya sampai segitunya hingga perlu disumbang berupa pemberian barang-barang.  Akkkh enggak juga, saya malahan merasa terima kasih banyak teman dan kerabat sayang dan peduli :)
 
Dibalik itu semua dengan memanfaatkan sejumlah barang bekas cukup memberi keuntungan saya dan keluarga seperti berikut :

Mendatangkan Nilai Ekonomis
Tentu saja dong. Apalagi situasi sekarang yang serba tidak memungkinkan. Ekonomi begitu labil. Harga naik turun, yang menjadi beban kesulitan ekonomi terutama kalangan masyarakat kecil. Setidaknya pintar memanage dan menghemat. Makanya saya sangat bersyukur, ketika ada teman yang legawa berhati mulia memberikan perlengkapan rumah tangga *gak perlu saya tulis detail benda tersebut ya :)
 
Nilai Edukasi Yang Menghibur
Tidak menampik  jika pemberian barang memiliki nilai edukasi sekaligus menghibur sangat menyenangkan siapa saja. Apalagi anak-anak merasa sangat terhibur dengan pernak-pernik barang yang dianggap sangat mengasyikkan. Semisalnya nih, bungsu saya so excited sekali mendapat lungsuran beragam mainan anak dari kerabat saya. Meski barang usang masih memiliki fungsi baik sebab benda-benda tersebut masih layak pakai kok :)
 
Nih salah satu lungsuran yang tetep awet dan bisa dipakai turun temurun hahaha
 
Menanamkan Apresiasi
Ternyata memanfaatkan barang-barang usang agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin bisa dijadikan pembelajaran bagi anak dalam menghargai benda-benda yang dimiliki. Contoh sepelenya, jika mainan atau sepeda yang digunakan akan lebih awet tahan tidak rusak jika mau merawat hati-hati. Tidak asal sembarangan habis dipakai bermain, kemudian dibiarkan terbengkalai begitu saja. Tanamkan sikap memiliki dan cinta kebersihan. Pasti anak-anak dengan senang hati melakukan.

Hanya itu sebagian pengalaman yang bisa saya share dalam asyiknya memanfaatkan barang bekas. Andai saja (mungkin) ada pembaca yang tidak sependapat saya juga tidak bakalan marah. Semoga apa yang menjadi diskusi dari banyak pengalaman akan lebih menjadikan kita semua kaya wawasan pengetahuan. Terima kasih.

Keep Happy Blogging
  

9 comments:

  1. Emang gan ...
    kalau ane barang berang bekas botol biasanya ane olah jadikan pot tanaman. Tapi kalau udah saking banyaknya ane simpen dulu di belakang rumah ntar kalau udah banyak nunggu orang yang jual beli rosok lewat. hHaha :D

    ReplyDelete
  2. Mbak, untuk baju bakal baby saya ini saya dapat lungsuran dari tetangga. Alhamdulillah masih bagus2 jadi uang saya bisa digunakan untuk keperluan lain dan beli baju baby pun nggak harus banyak2.

    ReplyDelete
  3. Waduh, saya mah ga nolak kalau dikasih barang lungsuran dan masih biaa dipakai. Lumayan kan ya buat lengkapi barang2 yg belum kita punya :)

    ReplyDelete
  4. Setuju mba.. ngurangi sampah jg kan ya.. ga pernah malu jg.. wong yg di lungsurin itu biasanya pasti masih bagus. Kalo ga bagus ga mgkn di lungsurin tp di loakin.. hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya juga sering memanfaatkan barang bekas. Jika bisa dikreasikan jadi benda2 seni juga saya lakuin. Contohnya membuat bermacam2 tempat dari botol soda

    ReplyDelete
  6. haloo, salam kenal mba..
    semangat daur ulang
    hehehe

    ReplyDelete
  7. Daapet lungsuran sepeda seperti itu lumayan banget lho ya.. Barangnya masih bagus dan berfungsi dengan baik kenapa harus ditolak kalau ada yang mau ngasih lungsuran? Nilai positifnya justru kita bisa berhemat dan mengalihkan uangnya utk beli barang lainnya..

    ReplyDelete
  8. Kalau udah anak ke dua, lebih memanfaatkan barang yang dlu2, ya. :D

    ReplyDelete
  9. Banyak barang bekas yang dikreasikan menjadi barang yang bermanfaat dan menarik, malah bernilai jual tinggi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)