23 Sep 2015

Tampil Cantik Memasak Serba Amis

Credit : Google
Selama ini saya cuek bebek-mengabaikan gimana tampil cantik memasak serba amis. Bayangkan sudah berkutat lama di dapur, setelah kelar baru nyadar banyak sekali keringat bercucuran. Tidak sampai disitu saja, masih ada hal yang cukup menganggu pikiran. Apalagi sempat diprotes anak-anak.

"Hiiih baju mama baaaaau bangeeeet !!!"
seru anak-anak sambil memencet hidung. Wakkks alamak mereka jeli dan tajam juga menangkap aroma yang menguar dari bau yang menempel lekat di baju.
Makanya, saya mikir-mikir dua kali, jika aktifitas memasak di dapur sudah usai gak mungkin anak-anak degan senang hati didekati apalagi sampai dipeluk dan disayang :D :D

Terkadang bikin agak malas juga acara masak memasak di dapur, apalagi jika mengolah bahan yang berbau kuat dan khas. Perlu tindakan antisipasi sebelumnya nih, supaya anak-anak gak antipati jika dipeluk sayang.

Seperti pada momen sekarang, banyak mendapat berkah dari daging kurban. Makanya saya berusaha menyenangkan hati suami yang menyenangi masakan berkuah (seperti resep yang saya uraikan berikut ini). Soal kesiapan dan bagaimana trik tip maupun cara mengolahnya sudah saya paparkan di Rahasia Usir Bau Dengan Kunir. Silakan dibaca dengan detail ya :)
Salah satu Resep Favorit "Masak Tongseng Kambing"

Masak Tongseng Kambing 
Dipinjam : resepinfomasak.com
Bahan Resep masak Tongseng kambing
  • 500 gram daging kambing, yang sudah dipotong-potong dadu
  • 150 gram kubis, buang tulangnya lalu iris-iris memanjag
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm air asam
  • 9 buah cabe rawit utuhan
  • 1 batang serai, memarkan bonggolnya
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 liter air
  • sediakan garam, gula pasir secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus masak Tongseng kambing
  •  3 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt jahe
  • 1/2 sdm irisan lengkuas

Cara Mengolah Masakan Tongseng Kambing
  1. Panaskan minyak goreng pada wajan, tumis bawang merah hingga berwarna kuning keemasan. lalu masukkan bumbu halus, daun salam, serai. Setelah harum baru masukkan dagingnya. Masak hingga daging kambing berubah warna.
  2. Tambahkan bumbu pelengkap seperti air, kecap, air asam dan kecap manis. Masak sampai daging tampak empuk.
  3. Sebelum kuah menyusut kering, masukan irisan kubis, cabe rawit, garam, gula pasir dan penyedap rasa jika suka. Aduk-aduk, angkat dan sajikan dalam mangkuk saji.
Jika masakan Tongseng Kambing ini jadi,suami saya dengan antusias menyantapnya. Siapa sih yang gak terharu, jika masakan ala rumahan ini selalu ludes. Hehehe
Sementara itu saya juga menemukan ide brilian bagaimana agar tetap tampil cantik serba amis, tentunya dengan aroma yang fresh ala Mama Tercinta hehehhee.

Saya sih minta bantuan mama yang notabene pinter menjahit. Jadi saya punya ide membuat sisa-sisa kain perca (yang berbahan halus tentunya dan menyerap keringat) disulap menjadi celemek cantik.
Terinspirasi dengan si kecil "Cielo" yang getol main masak-masakan dengan apron uniknya.
Enggak ada salahnya juga dong, coba memakai celemek ala chef emak-emak supaya terhindar dari  bau-bauan yang menyengat tajam, ya bawang masak, prengus kambing maupun amisnya ikan.
Akhirnya saya jadi pede banget, habis memasak saya bisa santai bermain dan berpelukan dengan anak-anak tanpa takut diprotes lagi. Jiaaaah dasar anak-anak yang pintar :)

5 comments:

  1. Memang kunir ini paling ampuh buat menyamarkan bebauan daging
    #lg mikir mau masak apa hari ini

    ReplyDelete
  2. Selama kambing, pokoke emoh ha ha :d

    ReplyDelete
  3. Waah, pinter masak yaa. Kalau aku ngusir bau amis lebih suka pakai jahe
    Ehm, tongsengnya bikin ngiler niih, tanggungjawab lho

    ReplyDelete
  4. haha iya kalo abis masak biasanya bajuku bau bawang kata suami, aku ada celemek sih tapi hampir nggak pernah pake :)

    ReplyDelete
  5. Mba aku dr dulu pgn bgt bikin tongseng.. tp nyaris ga pnh ketem kambing mentah.. kalo di ganti daging sapi ato ayam gmn

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)