25 Oct 2015

Bahagianya Memiliki Mahkota Rambut Indah

Credit :Google
Bahagianya Memiliki Mahkota Rambut Indah seperti menjadi mimpi yang patut disyukuri sebagian besar orang. Terutama kaum hawa yang sering menyebut salah satu bagian dari anggota tubuh, ini sebagai mahkota rambut yang menjadi daya tarik.

Namun apa daya jika suatu ketika saya merasa mati kutu saat menghadapi gangguan pada rambut ini yang menyebalkan banget banget dan banget. Haaah !
Swear deh, sudah hampir tiga minggu ini, saya merasakan gatal-gatal menyerang pada sekujur kulit kepala. Bisa terbayang, kan rambut indah ini langsung jadi acak adut *bayangkan tampilan si John Banting, tokoh lawak lama yang memiliki rambut tegak lurus namun berantakan kayak habis terbakar. Hahahaha

Rasa gatal yang menyeruak ini tak ayal membuat tangan ini uncontrolled pokonya pengin menggaruk terus menerus. Tidak pandang tempat baik di rumah, di parkiran sekolah, maupun di pasar. Jiaah, teramat memalukan kan *tapi apa mau dikata, tidak pengin tersiksa dan memendam serangan gatal luar biasaah :D
Mau gigit jari saja, Noway...tentu saja tidak !!

Mau tahu efek dari gatal-gatal yang menyerang rambut ini....Nih, simak ceritanya :D
Secara tidak langsung bikin saya ilfil terutama dalam memperbaharui konten artikel *saya jadi menghitung berapa hari terlewatkan begitu saja gegara rambut ini yang menggoda untuk digaruk.

Belum lagi saya merasa bete plus pekewuh atau istilahnya sungkan keluar rumah demi menjaga kesan saya kok seperti si topeng monyet yang sedang "In Action"  sambil garuk-garuk sekujur tubuh* eh, ini pernah saya saksikan sendiri pas menonton topeng monyet beradegan dandan sambil menggaruk-garuk dari atas rambut sampai ujung kakinya. Waduuuuh..... mirip, Noway !!! 

Secara tidak sengaja saya mendapatkan informasi baru, eeh ternyata gatal-gatal rambut yang saya alami ini berkaitan dengan adanya rambut uban yang akan tumbuh. *saya telusuri pengalaman nenek, ibunda sendiri juga teman dekat plus handai taulan lainnya. Rata-rata mengatakan hal serupa.

Oh, berarti saya tidak bisa memungkiri degeneratif manusia yang memang lumrah mengikuti usianya yang melanjut *Duh tepok jidat, udah memasuki uzur nih.
Pantesan aja kemarin si kakak menemukan beberapa helai rambut yang ubannya belum merata. Separuh hitam dan separuh putih.

Perawatan Rambut
Baru nyadar, kok saya kalah sama generasi bunda dan mertua saya ya. Yang baru saja beruban memasuki kepala 5. Lha saya mendekati kepala 4 sebentar lagi....hikks. Iklas dan legowo lah, karena banyak sahabat saya mengalami gangguan serupa dan ada juga yang karena keturunan keluarga sudah memiliki uban sejak usia muda.
Tidak perlu menyesali diri dan berpangku tanga tanpa melakukan solusi baru. Seketika pikiran saya seperti digetok palu. Duk !

Saya berusaha melakukan perawatan rambut semaksimal mungkin demi menetralisir gangguan rambut yang sekilas sepele namun begitu merugikan buat diri sendiri.

1. Haircut
Memangkas rambut supaya lebih rapi dan fresh menjadi ide yang menyenangkan. Tentu saja dengan demikian beberapa akar rambut yang kering dan mati bisa dihilangkan. Sehingga nantinya bisa melancarkan asupan nutrisi yang diberikan pada rambut.

 Selain itu bikin penampilan baru yang terhindar dari rasa gatal-gatal yang menganggu :) Keren sekali, kan  ?
2. Nutrisi Rambut
Rambut juga seperti anggota tubuh lainnya yang perlu sedikitnya nutrisi untuk membantu tumbuh kembang rambut. Tidak terbayang kan, betapa beratnya beban rambut yang sekian lama terpapar polusi, terik panas matahari, dicatok panas, berjibaku dengan pengering rambut bahkan kadang harus tersiksa diikat maupun dijepit. Sesekali bolehlah rambut bebas istirahat dengan memberikan treatmen khusus semisal creambath.

3. Pemakaian Shampo
Mungkin mulai sekarang saya gak berani sembarangan memakai shampoo. Dulunya saya kurang perhatian dengan jenis shampoo. Asal sembarangan comot. Jadi tidak masalah mau ngembat shampo anak-anak juga okay.
 
 
Namun kini saya harus memperhatikan shampo yang cocok untuk jenis rambut saya agar kesehatan mahkota rambut ini terus bertahan.
 
 
4. Stop siksa rambut
Dulu sebelum berangkat kerja ngantor, saya terbiasa mengeringkan rambut secepat kilat. Tentunya dengan bantuan hairdryerYa lumayan bangetlah bikin performa rambut lebih rapi dan lurus. Namun effeknya kurang baik untuk pertumbuhan rambut. Selain itu suka gonta ganti ngecat warna rambut juga bisa merusak akar rambut menjadi  lebih rapuh mudah patah serta kusam. Wiiih ngerinya, alih-alih bahagianya memiliki mahkota rambut indah melainkan rambut jadi tersiksa lahir dan batin. Hehehe

Nah, bagaimana nih tanggapan para pembaca keren. Adakah tambahan solusi lainnya yang bikin supaya gatal-gatal tidak menyerang rambut cuakeeep saya ini. Kan, senang dan bahagianya memiliki mahkota rambut indah. Silakan ya.

Keep Happy Blogging


4 comments:

  1. aku masih menikmati kondisi minim rambut nih maaak hehehe...tapi memang menggunakan shampoo yang tepat akan sangat membantu yaaa..

    ReplyDelete
  2. kalau mencatok ramput tergolong merusak tidak Mbak? : )

    ReplyDelete
  3. hiksss seumur hidup br 2x creambath :/

    ReplyDelete
  4. Iya ya Mak. Hair dryer konon bikin rusak rambut. Sekarng sudah adem kepalanya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)