3 Oct 2015

Icip-Icip Resep Buntil Daun Pepaya Enak

Met ketemu akhir pekan yang menyenangkan dengan icip-icip resep buntil Daun Pepaya, yang dijamin bikin lidah tak berhenti bergoyang *hahaha, lha nambah nambah dan nambah terus.

Akhir pekan atau banyak orang menyebutnya "Wiken" buat saya emak pekerja rumah tangga, sesekali menyibukkan diri berkutat dengan urusan dapur. Nggak ada salahnya, dong. Hehehe

Eiit dari tadi cerita tentang Buntil, kira-kira ada yang belum kenal sajian satu ini ???
"Favorit sayur Buntil biasanya dibungkus dengan daun pepaya atau bisa juga dengan daun singkong dengan isian berupa parutan kelapa muda dengan ikan asin ataupun tempe namun tidak berasa pahit"
Nah, seperti hobi saya yang doyan "ngembat" sayur-sayuran salah satunya makanan "Buntil" ini yang bikin melek merem kalau makan (saking enaknya menyantap sensasi sajian satu ini) dijamin terus ketagihan nambah sayur plus nasinya. *alamat badan melar kanan kiri nih :D 


Memang biasanya saya suka praktis, tinggal beli yang sudah jadi. Dengan harga @ 4ribu per bungkus buntilnya. Gak tanggung-tanggung bisa borong 3-4 bungkus buntil perharinya. Hadew dasar emak gak bisa hemat, ya. Hitung saja jika tiap harinya beli 4 bungkus, bisa-bisa saya tekor hampir 500 ribu demi memuaskan diri menyantap kelezatan Buntil.

Oleh karena itu, di hari wiken ini saya sengaja memasak yang lebih ribet ketimbang biasanya. Hari ini coba mempraktekkan icip-icip resep Buntil Daun Pepaya Enak.Psst, sebenarnya gak terlalu susah sih...cuman ya itu perlu sabar dengan bahan-bahannya yang detail.
Berikut resep Buntil Daun Pepaya yang bisa dijajal dengan mudah di rumah .


Resep Buntil Daun Pepaya  

Credit : Googgle
 Bahan Buntil :
  • 18 lembar daun pepaya muda
  • 10 lembar daun jambu biji
  • benang katun atau tali rafia untuk pengingkat
Isi Buntil :
  • 1 butir (300 gr) kelapa parut setengah tua
  • 100 gram teri asin, cuci bersih dan tiriskan
  • 10 buah cabe rawit merah, buang tangkainya
  • 100 gr lamtoro/petai cina

Bumbu Halus :
  •  8 butir bawang merah
  •  4 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 5 cm kencur
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 cm laos
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt tumbar sangrai
  • 50 gr gula merah
  • 1/2 sdt terasi bakar
  • 2 sdt garam
Kuah Buntil :
  • 1 butir (400 gr) kelapa parut
  • 250 ml santan kental
  • 500 ml santan encer
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm laos memarkan
  • 20 buah cabe rawit merah utuhan
Bumbu Halus Kuah Buntil
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 5 buah kemiri
  • 1 cm kencur
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
Cara Memasak Buntil Daun Pepaya :
  1.  Bahan Isi : campurkan kelapa parut, ikan teri, cabai, petai cina dan bumbu halus aduk rata. Sisihkan
  2. Rebus daun pepaya bersama daun jambu biji kurang lebih 25 menit hingga matang. Angkat, ambil serta peras daun pepayanya saja.
  3. Ambil 3 lembar daun pepaya yang sudah diperas tadi, bentangkan. Taruh 3 sdm adonan isi pada bagian tengahnya. Lipat menyerupai bentuk amplop hingga terbungkus rapat. Lalu ikat dengan benang katun.
  4. Atur buntil dalam wajan, kemudian masukkan santan encer, daun salam, lengkuas, cabe rawit, bumbu kuah halus. Masak semua bahan di atas api sedang hingga santan mendidih dan agak kental. Tunggu daun buntil pepaya jadi lunak.
  5. Tuangi santan kental, didihkan kembali sampai kuah buntil daun pepaya tampak mengental dan sedikit berminyak.
  6. Angkat dan tata dalam piring saja. Lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat. 
Hemmm yummy... icip-icip resep buntil daun pepaya memang bisa dinikmati bersama keluarga tercinta tanpa menghabiskan biaya terlalu mahal.
Yuuuk, manfaatkan wiken dengan memasak sesuai selera kita masing-masing. Let's share :)

Keep Happy Blogging

15 comments:

  1. Koyoke enak polll, apalagi kalo di makan dengan nasi yg anget

    ReplyDelete
  2. Aku suka bgt daun pepaya..biasanya dioseng, blm pernah masak buntil...sprtinya lebih uenakk yaa... ntar nyoba ah :)

    ReplyDelete
  3. lebih suka buntil daun singkong :)

    ReplyDelete
  4. mungkin enak tapi pahit ini ya bu..:))

    ReplyDelete
  5. ini ya yang dulu dibahas di grup sampai aku gak tau apa itu buntil? hahahaha
    bikinnya kok kayaknya ribet gitu sih mbaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  6. Wah, udah lama banget pengen resep buntil daun pepaya. Suamiku seneng soalnya, cuma aku gak pernah masakin karena biasanya dikasih tetangga, hehehe

    ReplyDelete
  7. Dulu di jalan serayu ada yang jual, sekarang udah nggak ada. :( jadi pengin makan buntil. :3

    ReplyDelete
  8. Mauuuuuu.... Pasti rnak bangeeet et seger mbaaa.. Sehat banyak sayuraaan :)

    ReplyDelete
  9. foto nya 'sialan' betul ya mbak....
    bikin lapeerrrrr

    ReplyDelete
  10. Wuih bumbunya banyak Mak .... pasti enak

    ReplyDelete
  11. waduuuh bikin ngileer ajah nih mak...tapi itu dibungkua daun pepaya,emangnya gak pait ya mak?

    ReplyDelete
  12. Enak ini buntil daun pepaya. Aku pernah makan, tapi jarang sekarang ketemu makanan ini.

    ReplyDelete
  13. Buntil jarang di dapat, jadi begitu ketemu bikin sumringahh..:)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)