14 Oct 2015

Minuman Pilihan Aman Menyehatkan



Pilihan Minuman Pilihan Aman Menyehatkan. Terutama siang hari dengan terik panas menyengat membuat sebagian besar orang selalu mencari minuman dingin atau es. Dahaga yang rasanya tercekat selalu bikin tenggorokan jadi kering kerontang. Yup, saya mengakui sendiri acapkali merasakan hal tersebut di musim kemarau panjang ini. Makanya kudu jeli melirik minuman pilihan aman menyehatkan. 

Mengapa demikian ? Ini (masih) menurut asumsi saya looh :) jika asal membeli sembarangan atau tidak memperhatikan faktor higienitas malahan bisa merugikan diri sendiri. Tenggorokan serasa kering dan mengalami gatal sehingga tampak seperti mengalami luka tenggorokan. Kadang terbatuk-batuk sampai *maaf gak bisa menahan air seni. *Uhukss sekali lagi mungkin seiring usia yang mulai uzur ya...hadew :D

Nah, ini yang mau saya share pengalaman saya bersama keluarga kecil tercinta waktu wiken pekan lalu. Kebetulan ada even menarik yang diselenggarakan pemkab Kudus dalalm rangka memperingati hari ultah kota Kudus. Salah satunya diadakan Karnaval Kebudayaan dan Seni Menyeluruh di Kota Kudus sebagai kota yang terkenal dengan sebutan kota Industri.

Tidak tanggung-tanggung acaranya sungguh seru, menarik dan menyedot banyak animo masyarakat Kudus. Meski berlangsung di tengah sengatan panas matahari, tidak menyurutkan orang untuk datang berbondong-bondong menonton kirab atau pawai budaya yang menyajikan ikon kota Kudus. 

Begitu halnya dengan keluarga saya, anak-anak sangat antusias ingin melihat karnaval lebih dekat. Untung saja fisik mereka alhamdullilah sehat. Jadi tidak masalah menonton sambil berpanas-panasan ria. Meski saya dari rumah sudah lumayan menyiapkan sejumlah bekal makanan ringan (snack) maupun minuman toh tetap saja merasa bibir ini terasa kering.

Cuaca yang begitu ekstrim panasnya, membuat bekal minuman lekas habis. Tak urung akhirnya saya membelikan minuman dingin. Ada minuman es teh seperti kebanyakan yang dijual di kemasan gelas plastik tertutup. Saking kehausan jadi glek..glek..glek saja menggelontorkan air. Yang penting terpenuhi sensasi dingin menutup rasa dahaga. Setelah sekian menit kemudian baru saya sempat merasakan ada something strange di pangkal lidah. Manisnya itu lo, seakan bikin huuueeeek *hikks mewek.
Jauh berbeda dengan minuman bikinan sendiri di rumah.... *Pelajaran penting !

Kalau menurut saya sekali lagi, minuman dingin yang barusan dibeli ternyata mengandung pemanis buatan (entah itu "Sakarin" atau "Biang gula") yang memiliki tingkat kemanisan 350-500 kali dari gula asli. *Oh, no.. makanya rasanya seperti mengganjal .
Dan menurut info yang pernah saya baca bahwa efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi biang gula akan membahayakan kesehatan bahkan bisa mendatangkan gangguan penyakit diantaranya tumor kantung kemih. Sungguh mengerikan banget, kan membahayakan ada zat-zat yang bisa merugikan kesehatan.

Kenali minuman yang mengandung pemanis buatan
Supaya tidak mengalami hal yang serupa dengan kejadian diatas, setidaknya konsumen juga cermat dan jeli mengetahui ciri-ciri baik minuman dan makanan yang mengandung biang gula, seperti :
  1. memiliki rasa yang kuat, seperti yang saya sadari setelah mencicipi beberapa saat baru merasakan manis yang begitu berlebihan dan bikin "eneg" .
  2. timbul rasa kering bahkan sedikit gatal pada tenggorokan. Tak jarang orang akan merasa tetap haus meski sudah minum banyak berulang kali.
  3. Membekaskan rasa pahit. Maklum saja mengingat adanya kandungan bahan kimia yang menjadi dasar dari bahan baku pemanis buatan sehingga meninggalkan sensasi pahit dalam mulut.
Kapok banget ? Jelas saya menyesali dalam hati sambil merutuki penjualnya *eeits mungkin disisi bisnis gak salah mengingat pemakaian biang gula bisa lebih ekonomis ketimbang menggunakan gula asli.


Beragam minuman Es Teh Menyehatkan : Sumber Google

Mau gimana lagi kejadian diatas sudah terlanjur terjadi. Ambil hikmah positifnya saja. Agar lebih berhati-hati dalam menentukan minuman sebagai pilihan aman dan menyehatkan. Kini saya lebih telaten dalam menyediakan es teh yang selalu digemari keluarga saya di musim kemarau ini. Selain lebih aman, minuman ini terjamin untuk kesehatan semuanya . Don't worry laaah :)
Bagaimana dengan sobat pembaca sekalian ?

Keep Happy Blogging

20 comments:

  1. pagi-pagi minum es teh panas juga enak :)

    ReplyDelete
  2. biasanya pemanis buatan sering dipake penjual2 di pinggir jalan. hiks. mending bawa air minum dari rumah buat jaga2 kalo kehausan ya, mak.

    ReplyDelete
  3. Es teh di tengah hari bolong.. itu sangattttt menggiurkan. Dan entah knp sy lbh suka es teh ketimbang es lain kaya es jeruk, es tebu, es dawet dll.. pokoknya es teh mania..

    ReplyDelete
  4. Waaah.. es teh *glek* ambil sandal siap nyamperin Mak Christanty ke rumah :D :D

    ReplyDelete
  5. Makasih sharingnya Mbak. Alhamdulillah anak saya sukanya air putih, kalo kemana-mana nggak ketinggalan bawa sendiri dari rumah.

    ReplyDelete
  6. serba salah ya jeung... semuanya pakai gula... yang sehat sebenarnya bikin sndiri tapi malessss

    ReplyDelete
  7. Minuman yang dibuat sendiri pasti lebih sehat ya, nggak kuatir tenggorokan sakit :)

    ReplyDelete
  8. Iya, nih.

    Musim panas.
    Minum es malah jadi ga jelas badan

    ReplyDelete
  9. iya, beda euy antara manis karena gula dan manis karena pemanis buatan,.ujung ujungnya bikin teh manis di rumah ya mak, hihihiih

    ReplyDelete
  10. Duh bentar lg adzan maghrib...seger bgt ya minuman yg sehat dan enak

    ReplyDelete
  11. Saya mah pilih air putih aja lah. Btw, kemarin gak nonton karnaval. Eh dalam rangka harijadi kota kudus ada lomba blog Mbak. Ikutan?

    ReplyDelete
  12. Ah biar pun emaknya pecinta kopi sejati, tapi syukur anak-anakku tidak ada yang ngikutin emaknya, semua sukanya teh manis :D

    ReplyDelete
  13. Saya lebih suka air putih sih, meskipun kl dah panas bgt ky sekarang, minuman dingin emang menggoda. Etapi, sesekalilah minum minuman dingin tp ngga dingiiiin bgt. Ngga kuat...

    ReplyDelete
  14. minuman favorit saya tuh teh manis

    ReplyDelete
  15. wah kudu jadi alarmku ni, mengingat aku suka banget minuman manis yg dijual di minimarket huhu

    ReplyDelete
  16. Aku teteeep air putih makk....hihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)