16 Oct 2015

Sering Pusing Tanpa Sebab? Lakukan 5 Hal Mudah Ini



Sering pusing tanpa sebab ? Lakukan 5 hal mudah ini mungkin akan menjadi solusi bagi siapa saja. Saya salah satu yang kerap jengkel sekali manakala diserang sakit kepala. Pengin melakukan pekerjaan apa saja bawaannya jadi malas. Pernah ngerasain gak untuk sekedar menopang duduk saja perlu ektra tenaga supaya bisa tegap duduk dan fokus.

Jadi males banget, kan. Apalagi sikon saya yang dituntut bisa terus memperbaharui postingan tiap harinya agar blog tetap eksis. Gimana mau optimal menulis konten jika kepala ini rasanya kliyengan semacam digetok palu gede. Hehehe

Jujur, jika pengin praktisnya tinggal "glek" minum obat lalu tunggu reaksi selanjutnya. Namun saya juga disergap rasa kekuatiran jika nantinya saya mengalami ketergantungan dengan obat. Hikkks *mewek berat deh :(
Pokoknya saya agak takut jika dalam tubuh saya yang sudah mulai rentan dan uzur ini dipenuhi dengan bahan maupun zat-zat kimiawi bahan dari obat yang selalu saya minum. Segitunya, ya !
Menurut pepatah bijak banyak jalan menuju Roma, maka tak ada salahnya mencari jalan lain yang lebih bikin secure and comfort :) See, that's  it !!!

" Sakit pusing bisa jadi pasokan oksigen menuju ke otak sedang tersendat atau mengalami gangguan "
Itu sih yang kerap saya alami dan terpaksa berobat ke dokter umum. Untungnya kondisi saya normal dengan kata lain tidak mengalami penyakit dalam tertentu yang memicu kepala pening. Mungkin kebetulan sedang stamina drop, mengalami kelelahan fisik, atau bisa juga sedang PMS (Pre Menstruation Syndrome).

Melakukan 5 Hal Mudah
Percaya tidak setelah beberapa kali sering mengeluhkan pusing, pusing dan pusing saya jadi mengamati suatu hal penting. Sekilas tampak sepele, namun setelah dilakukan tuntas kok jadinya sakit peningnya lumayan enteng. Penasaran, mau tahu apa saja hal-hal tersebut ???

1. Berjemur Pagi
Berjemur disini dalam artian tubuh setidaknya kena pancaran sinar matahari. Apalagi sinar matahari pagi hinggga jelang jam 10 mengandung vitamin D yang bagus untuk tulang organ tubuh. Saya tidak menampik tubuh terasa lebih bugar manakala saya berbelanja sambil jalan kaki berlepotan dengan keringat gegara terkena pantulan cahaya matahari. Namanya pusing tidak datang menganggu lagi. Hehehe

2. Istirahat berkualitas
Mengapa harus melakukan istirahat berkualitas, kadang namanya orang suka mengabaikan jika merasa tubuhnya fit. Mentang-mentang merasa sehat walafiat, mainnya "Hajaaar bleh..." seperti bergadang atau memaksakan diri kerja rodi (baca : lembur siang-malam). Menurut pakar kesehatan, istirahat yang baik itu diantaranya tidur yang cukup. Bahkan dengan pola tidur baik bisa loooh bikin orang tampak awet muda. Hingga keesokan paginya bisa bangun dengan keadaan yang lebih fresh dan bugar.
Makanya saya berusaha mempraktekan harus bisa memejamkan mata dengan pulas antara pukul 12 hingga 02.00. Biar awet muda kayak si ganteng Sahrul Gunawan (ini tipsnya juga dari beliau, yang menyarankan tidur nyenyak tanpa jeda diantara jam tersebut).

3. Atur Pola Makan Seimbang
Bener juga sih, kadang penyakit kan timbulnya gegara orang suka sembarangan makan tanpa memperhatikan nilai gizi maupun higienitasnya. Untuk itu saya belajar dari majalah ataupun info dari internet ternyata dengan mengurangi garam, makanan yang banyak kandungan pengawet bisa memicu rasa sakit kepala.
Ada baiknya mulai dirubah lebih baik dari sekarang dengan mengawali perbanyak minum air putih, konsumsi makanan berserat seperti sayur mayur dan buah-buahan. Serta memperhatikan kadar garam, jangan memakai terlalu berlebihan.

4. Berolahraga ringan
Halau sakit pusing kepala juga bisa dilakukan dengan melakukan aktifitas olahraga yang ringan-ringan saja. Tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.
Pilih berolahraga saja daripada obat-obatan (Sumber : Google)
Tentunya dengan melakukan serangkaian gerakan tersebut bisa menggerakan otot-otot tubuh dan menjadikan sejumlah zat-zat yang tidak diperlukan tubuh bisa keluar berupa keringat. Dijamin pusing tujuh keliling minggir seketika. Hahahaha.

5. Merelaksasi Diri
Merelaksasi diri disini adalah melatih pernafasan dan bisa dilakukan dengan mudah dimana saja saja. Tujuan relaksasi diri ini tak lain dan tak bukan hanya untuk melemaskan otot-otot dan persendian tubuh yang kaku. Biasanya kalau saya, sering melakukan setelah bangun tidur. Saya duduk sebentar (sambil dalam hati komat-kamit mengucapkan segala doa syukur atas kelimpahan rejeki yang telah saya peroleh) sembari mengatur pernafasan. Seperti "tarik nafas" dan hembuskan perlahan-lahan. Ulangi gerakan tersebut berulangkali (10-15 kali ) hingga merasa cukup.

Nah lumayan mudah  kan melakukankan tips diatas tadi. Sobat pembaca sekalian jika memang merasa sering pusing tanpa sebab? Lakukan 5 hal mudah ini seperti yang saya uraikan dalam postingan kali ini.

Keep Happy Blogging

23 comments:

  1. aku tuh udah lama gak mampir sini ya kayaknya, udah beda aja tampilannya :)
    aku nih sering banget pusing mbak, apalagi semenjak punya baby, tambah pusing deh pala barbie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir kesini terus dong mbak Indah caem...jadi kangen didolanin terus..cie3x :)

      Delete
  2. Istirahat berkualitas itu sussah bgt buat aku...ada aja yg dikerjain...gk ada abisnya.. :)

    ReplyDelete
  3. Klo pusing biasanya saya minum obat klo enggak tidur biar relaks mbk :)

    ReplyDelete
  4. Bener mb chriss..aku brarti kudu kena sinar matahari ni skali kali, klo dah mantengin gadget ni biasanya pusyingnya

    ReplyDelete
  5. Jadi gak perlu repot2 keluar biaya buat beli obat sakit kepala ya, Mbak. Siiip lah, tipsnya :)

    ReplyDelete
  6. Jadi saya butuh semuanya yaaa..tapi tiap ahri ngepel kan bisa olahraga juga ya...

    ReplyDelete
  7. berjemur pagi banget mak! badan biasa enakan euy kalo sempet kena matahari pagi :)

    ReplyDelete
  8. Kalo saya biasanya harus tidur biar ngga pusing, kalo ditidurin ngga sembuh juga baru deh minum obat...

    ReplyDelete
  9. Setujuuu, kalo kurang istirahat dan olah raga pasti pala jadi pusing. Makasih udah diingatkan ya, tips-nya okeee :D

    ReplyDelete
  10. naaaah...aslinya memang harus banyak istirahat dan olahragaaaa...itu yang sering terlewat yaaa..

    ReplyDelete
  11. memang pusing itu banyak penyebabnya, Kadang aku pulang kerja tiba2 di jalan pusing , eh sampai rumah setelah mandi hilang pusingnya.

    ReplyDelete
  12. terimakash mba sharingnya :)

    ReplyDelete
  13. right on time...ini saya lagi [using mbak, tensi ngedrop sdh beberapa hari belakangan ini

    ReplyDelete
  14. Wah. makasih tipsnya mak Tanty. Kebetulan aku akhir- akhir ini sering pusing, kayaknya karena kurang kena sinar matahari.

    ReplyDelete
  15. tipsnya bagus...mksh sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  16. kalau saya tiap pagi biasanya..joging cakep mbak hahah

    ReplyDelete
  17. Tipsnya boleh juga nih, terimakasih :)

    ReplyDelete
  18. Saya kalo sudah kecapekan sering kumat vertigonya....

    ReplyDelete
  19. Aku kalo pusing, jauhin buku, laptop dan hp dulu biar nggak tambah pusing. Biasanya kubuat tiduran aja biar fresh lagi.

    ReplyDelete
  20. wah sejak punya baby blm pernah olahraga nih
    tp lumayan ngurus baby kyk olahraga juga hihi #maksa

    ReplyDelete
  21. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)