15 Nov 2015

Awas,Terkena Tipu Muslihat Oknum Tak Bertanggungjawab

Hati runyam, pastinya jika merasa terpedaya. So, awas terkena tipu muslihat oknum tak bertanggungjawab bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.
Beneran nih jadi baper istilahnya, terbaw perasaan sampai berhari-hari. Mengingat kejadian unpredictable tersebut. Yang bikin hati terpukul, merasa naas banget kok sampai dua kali. Hiksss *menangis bombay deh.

Akhir wiken kemarin seperti menjadi nightmare dalam hidup saya. Tidak terbayangkan bisa mengalami kejadian yang bikin hati masygul. Kok ya datangnya bertubi-tubi. Mending kalau cuman sekali. *Duh Gusti mohon ampun deh, sambat curhat saya tidak bermaksud prasangka buruk - tapi saya merasa manusiawi sekali-hati kecewa dengan seribu penyesalan. *Catet baik-baik .

Pagi itu saya menerima ping BBM bertubi-tubi dari kerabat dekat. Tampaknya seperti urgen sekali. Melihat dari banyaknya ping yang dikirim.  Merasa sungkan saya langsung menanyakan kepentingannya. Responnya ternyata cukup cepat, ternyata beliau minta pertolongan untuk membantu mengirim pulsa.
Memang, dari awal saya agak curiga kenapa paman saya notabene kaya-raya kok bisa kehabisan pulsa. Dan gaya bahasa bbmnya (sedikit alay) bikin saya maju mundur.

Terdorong rasa empati, maka saya merelakan uang belanja yang nominalnya tidak seberapa ke paman yang sedang kesusahan. Beberapa menit kemudian saya coba menanyakan perihal pulsa yang terkirim sudah masuk atau belum. Eeit bukannya jawaban terima kasih yang ada seperti umumnya, malahan paman (oknum) ini melonjak. Dalam artian tidak tahu malu dan rasa terima kasih dibantu, tambah ngemplang saja dengan meminta tambahan pulsa lagi dengan nominal yang sama ke nomor istrinya. (maaf screenshoot yang terakhir tidak bisa dicapture terlanjur hackernya kabur dengan DC akun saya).

Geram banget nih jadinya. Darah mendidih dan amarah serta merta naik ke ubun-ubun. Kayaknya feeling saya bener, nih. Ini salah satu bentuk tipu-tipuan seperti yang dilakukan sindikat "Mama Minta Pulsa". Tindakan kriminal mereka bisa meraup untung sekitar 60 juta per bulan menurut pemberitaan layar elektronik. Ccck..ccck  ngeri bener !!!
Segera saya mencecar oknum ini dengan pertanyaan menohok :
Coba siapa nama istri paman selengkapnya dan tolong kasih detail alamat rumahnya. Ntar saya kirim lagi...
Belum sampai mendapat jawabannya, secara langsung akun saya di delete contact (DC, istilahnya) makanya saya tidak bisa berinteraksi lagi dengan akun paman saya itu. *Alhamdullilah, amiien deh.
Barusan saya tergerak untuk mengecek kebenaran akun paman saya. Ternyata oh ternyata akun BBMnya memang kena hack orang. Sehingga paman saya langsung ganti pin baru-sayangnya, info tersebut telat beberapa menit ke telinga saya. Sebagai penghiburan diri, ya udah saya ihklaskan siapa tahu saya ke depannya lebih berhati-hati dan yang paling penting mengingat tentang amal-sedekah.

Apakah sesudahnya saya bisa menarik nafas lega ??? Tarik nafas panjang..... *sambung curhat lagi :(
Ada kejadian siang hari yang membuat saya bolak-balik mengecek keaslian uang kertas hasil penjualan susudele seperti biasanya. Nah, ini... yang bikin saya puyeng ada salah satu uang kertas yang janggal. Bahannya terlalu tipis, dan licin. Sayangnya saya juga tidak ingat siapa yang membayarkan uang kertas ini.
 

Coba, tebak mana uang kertas yang asli atau palsu ???
Sekilas memang tampak seperti asli. Tetapi setelah dicompare dengan uang kertas yang sama memang menambah keyakinan jika uang ini rekayasa. Perhatikan potongan kertasnya kurang presisi, perhatikan sudut kanan uang kertas tersebut tampak melenceng  bisa dikatakan kurang rapi. Ditambah warna pada logo burung garudanya yang terlalu mencolok. Haduuuh, sudah 95% saya yakin ini benar-benar uang palsu.

Mungkin semua kejadian yang saya alami juga murni dari kurang waspadanya diri. Selama ini saya grusa-grusu atau dengan kata lain sering gegabah. Jika saya bisa belajar sedikit sabar dan bijak, tentunya bisa dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas tadi :

Miliki nomor penting 
Dengan memiliki nomor penting baik saudara, kerabat ataupun teman dekat bisa memudahkan kita dalam mengecek keadaan genting. Semisal tadi ada kerabat yang tiba-tiba meminta bantuan, bisa memastikan apakah kerabat tersebut benar-benar tersangkut masalah atau ada oknum lain yang memanfaatkan.

Berhati-hati
Selalu mengedapankan kewaspadaan diri dan kehati-hatian bisa membantu siapa pun terlepas dari belenggu rasa kepanikan. Rata-rata orang yang panik saat menerima kabar kurang menyenangkan bisa saja mengabaikan rasa kecurigaan ataupun keadaan yang janggal. 

Latih instuisi diri
Sering melatih rasa kepekaan dalam diri tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri. Instuisi diri menjadikan seseorang lebih intropeksi dan tidak mudah terjebak situasi apalagi sampai terperdaya dengan hal-hal yang tidak lazim. Cara mudah melatih kepekaan diri salah satunya dengan beryoga di rumah. Lakukan setelah bangun tidur dan bisa dengan mencobanya bertafakur, atau duduk bersemedi  fokuskan pikiran selama beberapa menit.

Ya sudahlah nasi sudah jadi bubur. Kejadian sudah terlanjur tidak perlu disesali berlarut-larut. Selalu waspada. Awas terkena tipu muslihat oknum tak bertanggungjawab bisa terjadi pada siapa pun dan dimanapun. Asalkan diri kita more wise dan bersabar semoga bisa terhindarkan dari semua itu. Amiiiiin.

Keep Happy Blogging

17 comments:

  1. waduh...bs ngehack bbm sgala si mama minta pulsa ya mbak, tp katanya udh ketangkep kemaren biangnya, mdh2an sj gk ada mama minta pulsa yg lainnya,

    ReplyDelete
  2. Duh, kebayang keselnya..
    tuh mama minta pulsa emang keterlaluan banget ya. Semoga gak kejadian lagi..
    *Aamiin

    ReplyDelete
  3. Wah uang lima ribu aja dipalsu ya mbak?

    ReplyDelete
  4. duuuh, kalo saya yg telpon ke rumah adaaa aja yg katanya anak saya kecelakaan lah, dapat undian lah. mudah2an ga terkena tipu lagi ya mba

    ReplyDelete
  5. Waduh kita harus semakin hati-hati ya, banyak penipuan sekarang ini, caranya juga macam-macam. Smoga kita semua terhindar dari hal-hal seperti ini.

    ReplyDelete
  6. aduuuh masih ada aja yaa yg kayak gini mbak bukannya sudah ada yg ditangkap ya komplotan mama minta pulsa itu?
    Kalau uang palsu, suka kasihan klo yang kena orang yang uangnya gak seberapa. yg dpt uangny harus susah payah. kasiaan
    tegaaa!!!

    ReplyDelete
  7. wuaaah..penipuan baru ngehack bbm

    ReplyDelete
  8. Ngeri Mak, untung 5 rebu, klo 100 rebu kan tekor juga yakkk

    dan modus2 mama minta pulsa sya sering dpt, tapi sering saya abaikan. Berkali2 sya dpt sms menang hadiah avanza-lah apalah tapi saya tahu itu palsu.

    Thanks sharingnya :D

    ReplyDelete
  9. Semogaa ngga ada yg nakal lg mbayar pake uang palsu ya mbaa.. Aamiin...

    ReplyDelete
  10. duh... makasih buat sharingnya... saya jd diingatkan utk lbh berhati2...
    smoga mendapat ganti yg lebih baik ya mba...

    ReplyDelete
  11. Wah bahaya banget ngehack bbm :O

    ReplyDelete
  12. Duh, penipuan sekarang semakin memaksakan -,-

    Belajar ikhlas ya Mbak ^^

    ReplyDelete
  13. Semoga lain kali enggak kejadian lagi ya Mbak, aku malah enggak bisa bedain uang palsu sama yang asli. Duuuh...

    ReplyDelete
  14. pernah lihat ada yang share juga di fb. katanya lagi marak ya. bedanya kertas lebih tipis dan pitanya ga ada.

    ReplyDelete
  15. Peluukk mba Tanti. Semoga mendapat ganti yang lebih banyak ya mba. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Itu 5K nya uang mainan gitu ya mbak Tanty. Gpp wis ya, nanti dapat ganti yang lebih buanyaaak. Biasanya kan habis musibah, datang rejeki :)
    Keep smiling dan jangan gegabah, ya! ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)