11 Nov 2015

Mau Selalu Fit ? Lakukan 5 Hal Ini Di Musim Hujan

Girangnya hati ini manakala beberapa hujan mengguyur deras di lingkungan perumahan saya yang sebelumnya senantiasa terpanggang panas *untung saja tidak sampai menjadi polusi asap seperti isu nasional yang melanda hampir seluruh pulau di Indonesia, terutama Sumatera, Kalimantan dan sekitarnya.

Tahun ini memang kemarau ekstrim, jadi tidak heran seperti saya dan beberapa orang *mungkin lekas dahaga, dan terbit air liur dengan makanan dan minuman serba dingin-dingin. Es buah, es campur, es kelapa muda, es krim, jus ataupun sirup terasa begitu menyegarkan mulut. Hehehe

Tahu sendiri kan, akibatnya. Kebanyakan konsumsi es bisa juga memicu radang ataupun influenza apalagi di musim peralihan ini. Saya pun merasa dampaknya, betapa tersiksanya terserang penyakit flu yang bikin kepala pusing, hidung mampet (untuk tidur kurang nyenyak) bahkan pangkal tenggorokan ini rasanya kering dan sedikit gatal.
Ujung-ujungnya bisa ditebak, aktifitas ngeblog jadi kedodoran kurang bersemangat melakukan rutinitas sehari-hari. Lebih memilih terpengkur diam atau tidur-tiduran di kasur *jiaaah pokoknya boring banget.

Herannya lagi, kenapa kalau jatah saya kena batuk-pilek membutuhkan proses sembuh yang lumayan lama. Yup hampir berminggu-minggu -lah. Sudah begitu ketambahan tubuh seolah-olah masuk angin ditandai perut yang kembung, sedikit nyeri di ulu hati dan tidak bisa bergerak nyaman. Semua terasa cenut-cenut di sekujur tubuh. Owalaah mungkin ini adalah faktor usia yang semakin uzur ya *Catet baik :D

Di tengah keputus-asaan *ketika mengalami sakit flu seorang sobat karib sekaligus rekan kerja mengajar di SMK dulu memberikan support berupa tips sederhana- bagaimana ia selalu fit meski sering terkena hujan. *Catet :)
Senangnya dikunjungi rekan yang begitu perngertian membuat sesuatu yang terasa "sumpek" jadi menguar ringan. Hehehe

Berikut ini 5 Hal Mudah Yang Bisa Dilakukan 
 
Kesehatan dinilai berharga manakala seseorang sedang mengalami ujian sakit. Jadi tidak ada salahnya jika beriktiar mengantisipasi jauh sebelumnya supaya tubuh tidak rentan sakit dan tumbang di tengah aktifitas atau pekerjaan.

1. Asupan Gizi Yang Seimbang 
Jangan sesekali meremehkan pola makan yang baik dan menu gizi yang seimbang. Semisal menghilangkan waktu sarapan *lantaran beragam kesibukan. Usahakan untuk memberikan asupan gizi yang baik dan seimbang buat tubuh membangun sistem kekebalan (daya imun). Sebagai tambahan jika musim hujan begini saya cenderung membuat masakan berkuah seperti sup ayam, Tom Yam maupun sayur bening. Bikin energi tubuh meningkat jika menghirup aroma berkaldu.

2. Keep Warm 
Tips mudah satu ini berusaha membuat tubuh selalu dalam kondisi stabil. Dengan mengawali minum air putih hangat yang sudah diberi sedikit perasan air jeruk/lemon. Dengan begitu dapat membersihkan sisa-sisa racun hasil pembuangan yang berada di bagian pencernaan. Hal ini sudah saya terapkan beberapa bulan, dan lumayan berkhasiat. Semula perut saya terasa begah atau terasa kurang enak, kini terasa enteng dan tidak bermasalah. Silakan coba sendiri, ya. Ingat tidak perlu ditambahkan dengan gula.

3. Istirahat Berkualitas
Ingat sistem tubuh yang ada bisa diibaratkan dengan sebuah mesin. Jika dipaksakan terus menerus bekerja akan fatal akibatnya. Sehingga dibutuhkan istirahat yang berkualitas. Dengan proses tubuh yang memerlukan istirahat baik diharapkan bisa meregenerasi sel-sel yang penting untuk tubuh. Sederhananya jika saya sudah kecapekan secara fisik, mau tidak mau harus bijak ngaso dan merelaksasikan diri.

4. Just In Case
Lebih baik berjaga-jaga sebelum semuanya terlanjur menjadi merugi *isssh ini peribahasa ala omahantik. Maksutnya ada baiknya sedia payung sebelum hujan. Apalagi memang ini mulai masuk musim penghujan. Tidak ada yang bisa meramal tepat kapan hujan lebat datang dan tubuh ini terjaga kering *eeit ada perkiraan cuaca yang bisa diketahui dari info Badan Meteorologi :)

4. Just In Case
Lebih baik berjaga-jaga sebelum semuanya terlanjur menjadi merugi *isssh ini peribahasa ala omahantik. Maksutnya ada baiknya sedia payung sebelum hujan. Apalagi memang ini mulai masuk musim penghujan. Tidak ada
Untuk sekedar melengkapi aksesoris pengendara seperti saya yang sering hantar jemput anak sekolah tidak berlebihan jika membawa perlengkapan urgent  semisal jas hujan ataupun payung. Betul, kan ???


5. Olahraga ringan
Disarankan untuk berolahraga ringan yang bisa dilakukan di mana saja. Tentunya dengan aktif menggerakan beberapa otot dalam tubuh dapat meningkatkan kekebalan tubuh menghalau penyakit. Olahraga yang ringan biasanya saya lakukan dengan bersepeda santai keliling perumahan, bisa juga berjalan kaki santai selama 45 menit, atau senam relaksasi.

Sekiranya beberapa tips ringan diatas bisa membantu siapa saja yang mau selalu fit. Dan bisa menerapkan 5 hal cara sederhana yang bisa dilakukan dalam musin penghujan ini. Saya sudah (berusaha) menjalankan beberapa diantaranya, dengan harapan tubuh ini tidak mudah tumbang-jika terserang sakit. Please doaian ya gaes. 

Keep Happy Blogging

21 comments:

  1. di sini juga mulai ujaan nih maak..bahaya kalau tidak jaga kesehatan karena cuaca terus drop..

    ReplyDelete
  2. Olah raga nya yg suka malessss haha

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah mbak, izin diamankan ya mbak, kebetulan ditempat saya lagi musim hujan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner mas, disini juga udah mulai musim penghujan meskipun sekarang mulai panas lagi..

      Delete
  4. Weeeeh...lagi pilek tah, Mbak. Banyak makan makanan yang sehat, ngemil. :D Sehat2 terus ya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. mulai banyak stok jahe kalo saya hehehe,,,,

    ReplyDelete
  6. sudah seminggu ini tempat saya setiap hari hujan...cahaya matahari juga jarang ditemukan.heheheh
    maklum sy tinggal didaerah pegunungan...

    memang saat musim hujan kayang gini penyakit2 musiman sering melanda jika kita tidak menjaga kondisi tubuh kita..makasih mbak atas tips2 yang dibagi...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Saya hampir tiap hari kena hujan nih....untung asupan cukup dan senantiasa sehat

    ReplyDelete
  8. sedang berusaha rajin olahraga nih akyu mbaa, sedia wedang jahe jugaa..yummii..

    ReplyDelete
  9. saya selalu beli payung baru pas musim hujan datang mbak...karena payung yang lalu sudah rusak...

    * iya yang penting jaga kesehatan karena pasti sering kehujanan... :)

    ReplyDelete
  10. saya coba 5cara diatas nih mbak, kalo jas hujan saya punya tapi saya kalo bangun pagi suka lupa minum air hangat nih,,,

    ReplyDelete
  11. Bagus bu artikelnya..... salam hangat buuuuuu

    ReplyDelete
  12. Belum juga hujan, cuma erimis mengundang, but siap dech akan saya lakukan biar selalu fit

    ReplyDelete
  13. yang penting jangan lupa olahraga
    meski musim hujan olahraga ringan didalam ruangan bisa jadi alternatif :)

    ReplyDelete
  14. Jangan hujan-hujanan, heheee... TFS Mbak Tanty

    ReplyDelete
  15. Sudah mulai memasuki musim penghujan nih di Jogja. Siap2 payung, jas huja, dan klo perlu obat.
    kudu ekstra jaga kesehatan soalnya rawan demam dan flu

    Makasih tips2nya mbak :D

    ReplyDelete
  16. air jeruk gak pakek gula kecuuut Mak

    ReplyDelete
  17. Salam kenalan dari Malaysia food blogger... www.mahamahu.com

    ReplyDelete
  18. terima kasih infonya, ngomong2 soal musim hujan jadi inget belum beli jas hujan nih, yang taon kemarin udah pada hancur.

    ReplyDelete
  19. Iya nih, lagi musim sakit sekarang, peralihan dari panas ke hujan. Anak-anak juga sedang batuk pilek ini.

    ReplyDelete
  20. Aku mulai sakit nih mbak Tanty, tipsnya oke banget nih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)