16 Dec 2015

Jangan Salahkan Jadi Maniak Ikan Bakar

Dokpri : Ikan Bakar favorit ala omahantik
Jangan salahkan jadi maniak ikan bakar bukan semata-mata untuk melakukan pembelaan diri lantaran selalu saja bisa menikmati kuliner satu ini tanpa merasa jengah maupun bosan. Sementara anggota keluarga lainnya, bisa saja, menjadi uring-uringan merasa tidak ada makanan lainnya yang lebih menarik ketimbang yang namanya ikan bakar.

Swear banget, deh kalau saya pribadi mungkin tidak akan pernah bosan dan merasa tidak bisa menikmati jika terus menerus menyantap hidangan serba bakar satu ini. Asalkan masih diolah dengan cita rasa enak dan higinies tentunya. Saya tidak akan berpikir dua kali untuk menghabiskan satu porsi ikan bakar *psst dengan catatan makannya perlahan-lahan sambil menikmati . Hehehe

 Mengapa ikan bakar maknyus ?

Menurut saya ikan itu memang memiliki protein yang tinggi dan aman dikonsumsi ketimbang makanan hewani lainnya. *saya sih ikutan kiblatnya orang Jepang yang konon bisa kreatif dan cerdas berkat gemar makan ikan terutama ikan laut.
Intinya dari masukan info yang saya pelajari sejak jaman sekolah, ikan diklaim banyak pihak memiliki kandungan protein dan omega tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. See, benar bukan ?

Jadi saya juga berusaha menimba ilmu sama beberapa pakar sekaligus ahli masak dalam hal bakar membakar ikan.Seperti memahami benar sejumlah resep ikan bakar bumbu rica-rica, ikan bakar bumbu kecap, ikan bakar pepes de el el.

Tips - Biar Bakaran Ikan Terasa Mantap
Demi menghemat biaya urusan perut, hehehe memang ada baiknya (sering) memasak sendiri menu pilihan di rumah. Selain bisa menikmati hasil masakan sepuasnya juga bisa menambah porsi tanpa takut boros *coba kalau makan di Saung atau resto terkenal menambah seporsi menu gurami bakar berarti kudu rela hati merogoh kocek diatas 100 ribu (masih berkisar pada ikan bakar saja lho  belum tambah yang lain-lain) :D

Jangan sekedar asal masak dan matang saja jika tidak ingin merasa kecewa di belakang. Ada baiknya memperhatikan hal-hal sepele seperti ini  :

1. Cermat Memilih Bahan Ikan
Kebanyakan ikan olahan bakar seringnya dipakai ikan gurami, nila, kakap, bawal, ikan mas, maupun ikan patin yang tidak rentan hancur jika mengalami proses bakar ataupun pemanggangan. Ikan yang hancur dan rusak saat diolah tentunya membuat tampilan ikan bakar kurang menarik dan sedap dalam penyajian nantinya.
2. Membersihkan dan mengolah ikan secara tepat
Tidak jarang hasil olahan ikan yang dinikmati kurang sesuai dengan harapan. Entah terasa ada campuran pahit (mungkin empedu ikan pecah ketika dibersihkan) atau menemukan kulit ikan yang lumayan kaku lantaran kurang piawai membersihkan sisik kulit ikan. Makanya perlu diperhatikan dalam membersihkan ikan sampai ke jeroan dalam ikan haruslah benar-benar bersih.

3.  Mempraktekan Trik Mengolah Ikan dengan benarTrik sederhana dalam mengolah ikan sehingga akhirnya memiliki cita rasa benar-benar nikmat salah satunya adalah mengusir aroma tajam ikan yang tercium amis. Hal itu bisa disiasati dengan memerciki tubuh ikan dengan perasan air jeruk dan rendam dengan sejumlah bumbu halus khusus selama beberapa waktu.
 
4. Cara Memasak Ikan Bakar
Banyak yang mengakui jika memasak ikan bakar dengan bara api (baca : batu arang) ketimbang kompor gas lebih nikmat dan memiliki aroma wangi yang sedap. Sehingga banyak yang lebih memilih menyantap ikan bakar dari cara memasak konvensional seperti memakai bathok kelapa atau pun batu arang. 

Mungkin cuma beberapa hal sederhana diatas yang bisa saya paparkan sehingga bisa memudahkan yang ingin mempraktekan sendiri tips dan trik memasak sesuai hobi ikan bakar tadi *ngacung seperti diri saya-full maniak ikan bakar.

Keep Happy Blogging yaaa gaes :)

7 comments:

  1. Ikan bakar, favorit saya banget.
    Tapi sejak pindah ke Yogya, belum pernah nemuin ikan bakar yg asli di bakar spt di Jawatimur ( Banyuwangi). Jadinya semoga nanti bisa deh coba bakar ikan sendiri biar rasanya maknyuss

    ReplyDelete
  2. Iya bener banget, lebih enak ikan bakar daripada ikan goreng. kecapnya itu loh :D

    ReplyDelete
  3. aku jugaaa demeeen banget ikan bakar..tapi kalau di sini banyakan pakai oven..jadi ngga senikmat kalau pakai arang yaaa..

    ReplyDelete
  4. suka ikan bakar.. trs colekin ke sambel dehhh

    ReplyDelete
  5. Weeeh, podo karo aku, suka yang bakar, rasanya lebih nggreget ya, nggak monoton.
    Ternyata pinter ngolah masakan ya, kapan-kapan dolan ah, siapa tahu disuguhi ikan bakar, hehehe

    ReplyDelete
  6. wuihhh sedapnyaaaa,amankan dlu nih,buat emak saye yg suka beginian !

    ReplyDelete
  7. aku...aku...suka banget ikan bakar

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)