30 Dec 2015

Sajian Praktis Favorit Keluarga di Kala Hujan

Yup betul... sajian praktis favorit keluarga di kala hujan pastinya menjadi informasi penting banyak orang. Mengingat di negara tropis Indonesia tercinta ini memasuki cuaca hujan sehari-hari. Tidak jarang ada orang yang enggan dan tidak ingin repot memikirkan urusan dapur.

(Mungkin) saja *kalau yang punya kantung lebih tebal- tinggal mencari dan menunjuk resto atau rumah makan langganan terpercaya. Bisa saja berlangganan makanan catering kebanyakkan pada keluarga yang workholic dan selalu mobile. Beda dengan saya yang notabene PRT eh emak biasa yang stay at home, disergap kemalasan tingkat dewa itu yang bikin angot-angotan berkutat di dapur.

Sudah dibela-belain "berjibaku" di dapur, eeh gak tahunya selera anggota keluarga pada move-on jelang makan malam. Apa daya namanya lidah tidak bisa dikibulin. Hihihi. Sudah menjadi rahasia umum, jika sajian yang ada kebetulan cocok dengan selera pastilah tidak ada acara protes untuk mencoba menu lain di luar.*Ikat kencang pinggang...tahuuuu ! (Baca : Berhemat, haruslah) :D 

Sajian Praktis Favorit Keluarga di Kala Hujan

Nah, kini saya coba triks jitu hasil otak atik dan survey kecil-kecilan sekian lama nebeng di pondok mertua indah*jangan protes ya, wkkkks. Formula tips sederhana ini mungkin lumayan membantu asalkan nanti pandai memadupadankan bahan-bahan yang sudah tersedia. Okay, simak baik berikut tips sajian praktis favorit keluarga di kala hujan *Mohon jangan diprotes terus.Ini murni kreasi sendiri.

Daging Masak Gongso
Nah ini yang bikin lidah tidak berhenti mencicip. Apalagi rasa legit yang berpadu dengan gurihnya yang nendang bisa diperoleh dari daging sapi seperti babat, iso atau dading sandung lamur.
Dipinjam : dari Google
Modalnya juga mudah banget, kalau punya sambal tomat yang sudah jadi tinggal diolah dengan daging yang sudah direbus matang. Lalu tinggal menambahkan bumbu pelengkap seperti kecap kalau suka manis dan taburan bawang goreng.

Masak Cah Sayur Sawi Campur
Bagi yang menyukai sayuran masak cah sayur ini termasuk yang paling mudah dan cepat saji. Selain bisa dimodifikasi dengan berbagai bahan mulai bakso ikan, sosis atau jamur.
Dipinjam : dari Google
Saya dan anak-anak gemar mengasup sayuran satu ini. Sayur sawi bisa diganti dengan sayur baby kailan atau pokcoy (rasanya tidak terlalu pahit ketimbang sawi). Bumbunya memang praktis hanya mengandalkan bawang putih keprek dan irisan bawang bombay yang ditumis dengan margaris. Lalu dicampurkan dengan sayuran dan bahan pendukung tadi di atas.

Sup Cemplung Komplit
Jangan terkejut ya gaes, saya suka menyebut aneka masakan sup dengan sebutan suup cemplung. Karena saking praktisnya dilihat dari beberapa bumbu sekaligus bahan tinggal mencemplungkan ke dalam kuah kaldu. (Cemplung =Memasukan ke dalam panci).

Dipinjam : dari Google
Sup cemplung tidak memakan waktu lama. Yang penting sudah tersedia semua bahan lengkap mulai dari sayur dan bahan pelengkap serta kuah kaldu. Nah tinggal cemplung semua bahan satu persatu dan jangan lupa beri penyedap rasa serta taburan bawang goreng.

Nasi Goreng Jawa
Jangan berpikiran jauh kalau saya menyebut istilah nasgor jawa. Mengapa ? Karena bahan dasar nasgor ini kan ada terasinya. Inilah yang menjadi salah satu alasan nasgor Jawa begitu nikmat meski bumbu dasarnya sederhana.
Kalau saya sih seringnya sudah stok bahan nasgor dengan membuat sambal terasi dalam jumlah banyak. Lalu disimpan dalam toples kedap udara. Untuk memanfaatkan bumbu dasar nasgor ini langsung bisa dikombinasikan dengan orakarik telur, sosis, ataupun ikan asin. Agar nasi goreng tambah nikmat menendang saya utamakan beras pilihan. Sehingga dijamin rasa nasgor yang berkualitas. 

Bagaimana penasaran gaes ? Sekilas memang sajian masakan diatas tampak begitu sepele. Namun dibalik kesederhanannya tersebut menjadi nilai yang luar biasa karena bisa menjadi sajian praktis favorit di kala hujan.  Ingat gak usah repot ataupun ribet harus menyajikan hidangan terbaik :D bisa saja coba salah satu resep ala omahantik tadi.

Keep Happy Blogging

21 comments:

  1. Enak-enak maak.. Malam-malam baca postingan ini. Mana tadi makan malamnya gak maksimal hehe.

    ReplyDelete
  2. wah enak2 semua ini. hujan2..enak juga soto ayam mba :)

    ReplyDelete
  3. Buat saya yg paling praktis ya nasi goreng :D

    ReplyDelete
  4. aku paling suka nasi goreng saja, pesen tukang nasi goreng lewat bb udah di anterin, nasgor diliperi

    ReplyDelete
  5. Nasgornya menggoda mbak.... Apalagi klo pedes.Hujan, asyik juga lho nyemil pisang goreng plus sruput kopi...hmmm.

    ReplyDelete
  6. Jadi demen masak masak aaach.... kalau musim hujan emang butuh yg anget anget ya, Mbak. Sehat sehat ya...kehamilanmu

    ReplyDelete
  7. mau deh nyicipin masakannya mbak tanti. Apa kabar mbak? aku baru bisa bw lagi nih maaf ya

    ReplyDelete
  8. sup cemplung, lucu namanya hehe..tapi memang bener lhoo sup masakan yang sangat mudah terutama yang gak pintar masak kayak saya :D

    ReplyDelete
  9. duh duuuuh, enak enak semuaaa nih mak

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  10. Indomie juga enak kayak nya, pake cabe rawit haha

    ReplyDelete
  11. Klo saya paling suka ujan2 makan soto atau segala sesuatu yang berkuah.
    Klo dari postingan ini sya milih sop cemplung nya aja dah. Kayaknya seger :D

    ReplyDelete
  12. Wah...pinter masak ya Mba Tanty.. Kalo musim penghujan memang perut cepat lapar dan pengennya makan yang panas dan anget2.. Hmm..nasi goreng panas itu bikin laper Mba..

    ReplyDelete
  13. Wah...pinter masak ya Mba Tanty.. Kalo musim penghujan memang perut cepat lapar dan pengennya makan yang panas dan anget2.. Hmm..nasi goreng panas itu bikin laper Mba..

    ReplyDelete
  14. sup cemplung komplit kayaknya enak tuh :D

    ReplyDelete
  15. aku juga suka buaaat sup cemplung mbaaa..apa yang ada di kulkas judulnya hehehe

    ReplyDelete
  16. kalo lagi hujan bawaanya pengen makan terus hihi

    ReplyDelete
  17. Kalo lagi hujan, enak makan yang anget-anget seperti sup ayam itu :)

    ReplyDelete
  18. nasgor pake terasi? belom pernah haha

    ReplyDelete
  19. saya pilih nomer satu aja mba enak sepertinya daging gongso, catet resepnya ah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)