17 Dec 2015

Tahukah Jika Daun Jarak Bisa Bantu Diare Anak

Tahukah jika daun jarak bisa bantu diare Anak. Bakalan menjadi berita menyenangkan mengingat selama ini orang tua  memiliki beban. Menjadi keresahan  sekaligus kekuatiran, jika mengetahui anak tercinta mengalami sakit. Hal demikian tentunya dialami kebanyakkan orang tua lainnya. Tidak ada yang menginginkan sang buah hati mengalami penderitaan sakit. Apalagi seperti di musim penghujan ini, yang tampak lebih rentan terkena serangan sakit. Seperti influenza, diare , ataupun ISPA. 

Hal ini juga dialami puteri saya. Entah kenapa tiba-tiba dia mengeluarkan keringat dingin sambil merengek-rengek terus.
Kepalaku pusiiiing ma.... rasanya perut enggak enak !
Selalu Cielo sambat - mengeluh kesakitan sesekali memegangi dahinya yang penuh peluh. Berkali-kali saya meraba dan mengecek suhu tubuhnya. Normal saja, tidak mengalami perubahan suhu hangat. Tetapi kok dia terus mengaduh kesakitan.

Puncaknya, ketika siang hari dia buang air besar tidak seperti biasanya. Berulang kali pergi ke toilet dalam frekuensi sering. Sebagai orang dewasa saja, kemungkinan, saya juga tidak nyaman dengan kondisi sakit diare demikian. Bedanya, ini my little princess tersayang yang terserang sakit.

Takut kenapa-kenapa jelang schedule priksa ke dokter, saya sengaja memberikan minum teh kental manis dan hangat untuk meredakan perut Cielo yang terasa kembung. Siapa tahu bisa mengurangi aktifitasnya bolak-balik  ke toilet.

Nasehat dari Bu Dokter, langganan keluarga kami, jika Cielo memang mengalami luka pada lambung. Itu terlihat dari keringat dingin yang dialami. Saya saja sampai mengelap keringat berkali-kali sembari memikirkan apa pemicu sehingga puteri saya bisa sakit. Hadeeuh. Memang sih  Cielo pernah terkena gejala tipes, lantaran suka makan yang pedas-pedas. Seperti nasi goreng ayahnya juga doyan, gado-gado bahkan pepes ikan salem yang hot juga gak mau ketinggalan.

Untung saja, kecemasan sakit Cielo berkurang setelah beberapa hari kemudian ia kembali pulih dan ceria seperti biasanya. Penuh canda dan aktifitas main sesekali sambil berlarian kecil. Akkh, dasar namanya bocah. Harap maklum dengan anak-anaklah :) hehehe.

Ada kunjungan tetangga sore hari yang memberi pencerahan. Sama-sama juga mengalami problem yang sama. Anak laki-lakinya yang bungsu, juga mengalami diare terus. Dengan telaten dan sabar tetangga saya menggunakan cara tradisional . Memanfaatkan daun jarak di sekitar pekarangan rumahnya, sebelumnya telah dicuci bersih, lalu diolesi dengan minyak telon setelah itu ditempelkan di pusar sang anak.

Ternyata dengan daun jarak yang cuma ditempelkan di pusar bisa membantu mengurangi frekuensi BAB sang anak. Meskipun masih sedikit diare namun bisa meminimalisir kekurangan cairan lantaran harus ke toilet terus menerus. Nah, benar jika pemeliharaan kesehatan sangatlah berharga, apalagi jika bisa diantisipasi demikian cepat dan tepat.

Penasaran, gimana penampakan daun jarak yang bisa bantu diare anak. Sebagian besar orang belum tentu bisa mengenali daun cantik yang berkhasiat unik ini.
Dokpri  Omah antik: Cantik bukan daunku ?
Nah setelah mengetahui informasi menarik diatas, tidak ada salahnya bisa mencari dan mencoba daun jarak sebagai salah satu solusi memimalisir pemakaian obat-obatan. Selain lebih aman, murah pemakaian cara tradisional berkhasiat ini bisa saja dipraktekkan siapa saja.

Jika ada diantara pembaca yang ingin menambahkan informasi baru lainnya, maka dengan senang hati mari disharing  bersama-sama di forum ini.

Keep Happy Blogging ya gaes :)

6 comments:

  1. Daun jarak bisa juga utk menghilangkan kembung perut pada anak lho.. Caranya, ambil bbrp lembar daun jarak, bersihkan, lalu panaskan sebentar di atas api kompor hingga layu.. Setelah itu tarus di atas perut si anak yg sebelumnya diolesi dulu minyak tanah... Tunggu hingga 10-20 menit biasanya setelah itu si anak akan kentut dan terasa lega perutnya.. Ini adalah cara tradisional yg digunakan oleh para keponakanku bila mereka perutnya kembanung.. Daun jarak memang mujarab..

    ReplyDelete
  2. Wah, beruntung sekali aku baca tulisan ini. Ternyata daun jarak bisa mengobati diare ya.. Daun jarak banyak dan gampang ditemui di daerahku. Tanaman liar, suka ada di tanah kosong. Makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya menggunakan atau mengkonsumsi yang alami jauh lebih baik dibanding konsumsi olahan, obat kimia dst.
    Sayangnya sekarang tidak mudah menemukannya, seperti daun jarak ini, sudah lama aku tak melihatnya.
    Infonya keren, trims ya Christ

    ReplyDelete
  4. Oooo cuma ditempel di puser to mba, kirain diseduh atau gimana gitu heheee

    ReplyDelete
  5. aku gak bisa nyari daunnya mbak,kayanya di sini gak ada :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)