12 Jan 2016

5 Cara Simpel Meminimalisir Sakit Kepala

5 Cara Simpel Meminimalisir Sakit Kepala- Pernah merasakan kepala nyut-nyutan atau  cenat cenut yang menganggu gaes ? Saya kira rata-rata semua orang pasti 'pernah' mengalami sakit kepala yang terkadang bikin senewen hati. Bagaimana tidak merasa kalut dan bingung jika untuk dibuat mikir saja, setengah ampun sakitnya. Maaf saya bukan praktisi kesehatan atau ahli medis,jadi tidak bisa membuat diagnosa tepat dengan apa yang kadang saya alami ketika tubuh sedang drop  banget.

Tahunya sih yang kepala terasa pening dengan kadar ringan sampai kepala kayak disenggol dengan palu jika memang lumayan parah. Kemungkinan juga lantaran terlalu mikir banyak hutang beban hidup yang ditanggung atau terganjal masalah buntu. Yeaaa, namanya manusia hidup memang berhadapan dengan beragam lika-liku kehidupan. Falsafah bijak terdengar, benar demikian bukan?

Eh, tapi ini jujur sejujurnya yaa... melihat kondisi saat ini yang tidak stabil dimana-mana baik perekonomian, dagang,finansial, juga berimbas pada kesehatan juga bisa memicu seseorang stres, ditandai dengan adanya sakit kepala.* Ini pengalaman saya secara subyektif, ding. Saya memang dibuat pusing-kudu pinter memutar otak dan menyiasati kebutuhan hidup yang terus merangkak naik. Lihat yang sederhananya saja, dulu harga sebungkus tempe medium bisa diperoleh dengan harga murah sementara kini harga bisa melonjak dua kali lipatnya. Hehehe analogi yang sederhana dan dijumpai sehari-harinya.

Enggak salah kan  banyak orang mencari upaya mengatasinya lebih baik. Seperti saya juga berusaha mencari celah nyaman mengatasi efek stres berujung pada sakit kepala tadi. Tidak ada salahnya mencoba daripada tidak sama sekali. Setidaknya saya juga mengalami pengalaman baru untuk menerapkan 5 cara simpel meminimalisir sakit kepala.*Noted : it's work kok, buat saya personal. Hehehe

Berikut jika saya sedang tidak beruntung mengalami kepala cenat cenut, saya akan melakukan hal-hal seperti yang dibawah ini dengan santai saja. Please, perhatikan detail dengan baik ya :)

Minum Teh Panas
Sebenarnya saya kurang menyukai teh dan lebih memilih air bening (mineral) untuk mengkonsumsi cairan. Namun saya mendapat masukan dari bu dokter langganan keluarga saya yang terpercaya sejak dulu mengatakan minuman hangat dan manis tentunya, bisa membantu melepaskan sakit kepala yang mencengkram.
Gimana jika tidak suka teh, perlu dipaksa harus minum teh ? Alternatif lainnya juga bisa menggantikan dengan minuman cokelat panas, jika antipati dengan teh. Coba saja :)

Kudapan Super Hot
Nah, ini yang saya usahakan segera mungkin. Jika saya terserang pusing-pusing maka saya buat kudapan super hot atau yang pedas bingits. Hehehe pasti penasaran sekiranya kudapan apa yang termasuk 5 cara simpel meminimalisir sakit kepala. Salah satunya yang tidak pernah bikin bosan ialah bikin rujak segar dengan buah tropis. Yang sudah saya bentuk unik dengan pemotong buah tropis . Ada nanas, timun, pepaya, jambu dsb. Pokoknya rujak yang pedas-pedas maknyuuus lumayan ampuh menghalau pusing.

Aktifitas Menguras Keringat
Cari aktifitas fisik yang diharapkan bisa membantu mengeluarkan keringat. Jika itu dilakukan, niscaya suhu tubuh yang meningkat akibat pembakaran metabolisme tubuh bisa meringankan rasa pusing-pusing pada kepala. Ditandai dengan keringat yang bercucuran di dahi dan sekitar pelipis. Rasanya plong dan lega bisa terlepas dari serangan sakit kepala.

Extreme Challenge
Kenapa saya katakan tantangan yang lain daripada yang lain ? Lantaran extreme challenge ini hal yang tidak selalu dilakukan tiap hari. Ada baiknya cara ini dilakukan dengan planning tepat suatu ketika. Mungkin awalnya saya sama sekali tidak kepikiran, apakah saya punya nyali untuk melakukan arung jeram atau bungy jumping. Hehhehe. Mungkin saja gegara mendorong hormon endorsin yang bikin diri bisa relak enjoy kembali menikmati life time.

Bermeditasi dengan musik instrumental
Ini merupakan salah satu dari 5 cara simpel meminimalisir sakit kepala yang biasa saya lakukan. Coba menenangkan pikiran yang ruwet dengan beragam masalahnya bisa diredam dengan bersemedi seperti mengheningkan cipta di suatu ruangan khusus. Dimana di dalamnya sudah disetting musik instrumental. Kalau saya pribadi cenderung menyukai suara khas alam, seperti desiran pepohonan, angin yang menderu atau gemerisik daun-daun. Terasa menenangkan jiwa dan pikiran lebih nyaman.

Hmmm, lumayan deh upaya mudah dan cepat bisa menghalau serangan sakit kepala di atas. Silakan jika ada para pembaca setia yang bisa menambahkan masukan lebih dari 5 cara simpel meminamilisir sakit kepala.

Keep Happy Blogging

8 comments:

  1. Mbakkk kalo udah pusing aku malea ngapa-ngapain.. Apalagi yg menguras keringat.. Jadi perlu dipaksain ya, mungkin :)

    ReplyDelete
  2. Kalo gw demen nya makan yg berkuah anget + minum air putih yg banyak

    ReplyDelete
  3. Kalo aku biasanya tidur, bangun pusing #waaa

    ReplyDelete
  4. Yang biasa saya lakukan minum teh manis hangat mbak Christanty, setelah itu minum obat dan tiduran deh. Tapi tips no 3 itu boleh sekali-kali dicoba ya kayaknya ada benarnya juga :)

    ReplyDelete
  5. teh panas hangat,ini aku banget kalau lagi pusing

    ReplyDelete
  6. Sudah pake itu semua dan memang ampuuhhhh

    ReplyDelete
  7. yang saya lakukan saat kepala mulai cenat-cenut biasanya tidur atau dengar musik yang menenangkan Mbak, atau kalau lagi banyak duit biasanya jalan-jalan ke mall :)

    ReplyDelete
  8. Terima kasih, Mbak. Lumayan ini bisa jadi referensi ketika mengalami pusing mendadak karena kecapean aktifitas hari itu mungkin hehe.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)