28 Feb 2016

Biasakan Hal Sepele Ini Untuk Hemat Listrik


Ada benarnya biasakan hal sepele ini untuk hemat listrik. Mengingat kondisi sekarang yang  serba tidak menentu, harga kebutuhan bahan pokok tidak stabil dan ekonomi yang labil. Haduh, perlu ekstra hati-hati memanage kebutuhan sehari-hari sebagaimana tugas para emak (baca : ibu rumah tangga).

Biasanya obrolan seru seputar kenaikan bahan sembako, bbm atau listrik sering kali menjadi perhatian penting. Sehingga saya tergerak sekedar untuk sharing pengalaman sehari-hari terutama ini nih...tentang adanya tagihan listrik yang tiba-tiba melonjak drastis.  Atau siapapun akan terhenyak gegara pemakaian token listrik yang super boros dari biasanya. *ini sih saya yang mengalaminya, jangan heran ya  :D

Jangan cepat menyalahkan dan berprasangka jika terdapat meteran listrik yang kemungkinan mengalami kerusakan. Wajar memang jika mengalami hal yang shock, orang terkadang sering menyalahkannya begitu saja dengan mudah. Tidak terkecuali saya. Hehhee, ngaku diri *kan manusiawi.

Apalagi saya pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan adanya mesin token listrik yang berulang kali mengalami trobel. Acapkali mati sendiri manakala ada pemadaman listrik tiba-tiba. Yang menjengkelkan saat semua listrik tetangga kanan kiri sudah okay menyala, giliran rumah saya yang tetap keukeuh gelap gulita (mati listrik) sendiri. Akhirnya, seperti biasa memanggil petugas PLN yang berjaga untuk segera memperbaikinya *maaf, ini intermezo saja ya.

Kembali lagi ke urusan irit  listrik tadi, ya. Sebenarnya semua bisa diantisipasi asalkan dari kedisiplinan plian sendiri. diri. Dimulai dari kebiasaan yang simpel dan sederhana, bisa saja memangkas tagihan listrik supaya tidak kian membengkak. Berikut ini yang sudah saya terapkan di rumah seperti

1. Biasakan mencabut Charger Ponsel
Kebanyakan orang yang melakukan pengisian baterai mengabaikan charger kabel. Dibiarkan tertancap begitu saja di colokan listrik meski sudah tidak dipakai. Padahal  charge ponsel yang tertinggal itu bisa menyedot daya listrik sebesar 1 watt tiap harinya. Bayangkan saja jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka bisa saja menambah beban pemakaian listrik.

2. Seenaknya on off AC
Mungkin saja sebagaian orang berasumsi untuk menyalakan dan mematikan listrik agar bisa irit listrik. Justru dengan sering meng-on offkan  Air conditioner malah menyebabkan pemborosan konsumsi listrik. Perlu diketahui sedotan listrik paling besar pada waktu mesin AC dinyalakan pertama kali dan berangsur-angsur akan kembali normal dan konsumsi listrik berkurang seiring dinginnya ruangan berAC.

3. Bijak dalam pemakaian pemanas air

Sudah lama saya tidak memanfaatkan air dalam dispenser secara fulltime. Padahal sebelumnya sekeluaga merasa nyaman dengan kesediaan air panas yang siap pakai. Namun setelah mengetahui jika pemakaian listrik pada dispenser lumayan gede sekitar 300-500 watt menjadikan pertimbangan matang-matang saya untuk terus memasangnya nonstop semalam suntuk. 

Jadi saya mulai kurangi pemakaian dispenser yang selama ini menjadi biang boros konsumsi listrik. Dengan cara saya cabut setelah cukup pemakaian dispenser. Selain itu juga bisa membuat dispenser lebih awet tidak rentan rusak.

4. Gunakan Penanak Nasi Seperlunya
Selama ini orang terbiasa menikmati nasi yang hangat dan enak yang ada dalam penanak nasi seperti rice cooker atau magiccom. Padahal kebiasan mengunakan penanak nasi dalam waktu lama bahkann 24 jam penuh malahan menyebabkan boros listrik berlebihan. 

Oleh karena itu saya mulai menyikapi dengan memakai penanak nasi seperlunya saja. Setelah matang dan disantap, maka saya langsung matikan penanak nasi. Tidak hanya itu saja saya juga menakar nasi secukupnya hingga bisa langsung habis dalam sekali makan. Tidak perlu ada sisa nasi yang perlu disimpan atau dihangatkan kembali.

5. Hemat Pemakaian Pompa Air
Pompa air sebenarnya dipakai untuk membantu ketersediaan air, mengingat kadang memperoleh air bersih dan melimpah susah-susah gampang. Tapi yang perlu diingat meski pompa air penting peranannya tetap menjadi alat yang ternyata bisa menyedot daya listrik yang tinggi. 

Seperti diketahui, menghidupkan mesin pompa air pada tarikan awal memerlukan daya double dari daya yang tertera pada spesifikasi pompanya. Gambarannya, jika ada konsumen yang memakai pompa berdaya 100 watt maka pada mesin dinyalakan pertama kali akan membutuhkan daya hingga 200 watt besarannya.

Apalagi jika banyak anggota dalam keluarga memiliki kebiasaan sering buka tutup keran dalam rumah. Dipastikan beban listrik tambah membesar. namun hal itu bisa disiasati kok, dengan memasang pompa air dengan tandon seperti yang dimiliki keluarga besar saya. 

Tandon penyimpan air ini memiliki cara kerja yang luar biasa, lantaran pompa langsung mengisi air dalam tandon saat sensor apungnya tergantung. Indikasi air sudah berkurang dan menjadi sedikit. Setidaknya lebih hemat dan praktis dalam penghematan listrik pompa air tidak mengalami kondisi on off terus.

Ternyata jika benar-benar ditelateni tidak ada yang susah apalagi untuk mencoba membiasakan hal sepele ini untuk hemat listrik. Benar begitu, kan wahai para pembaca budiman. Semoga apa yang saya share dalam artikel ini bisa menjadi manfaat dan inspirasi siapa saja untuk melakukan hal terbaik.

Keep happy Blogging

11 comments:

  1. Efisiensi ya, pandai-oandai atur peralatan di rumah, agar tidak menggunakan untuk yang tak perlu.
    Boleh juga

    ReplyDelete
  2. Iya, kadang hal seperti itu tidak diperhatikan.

    ReplyDelete
  3. Ah, ini dia tips penting sederhana dan berguna buat mengirit listrik

    ReplyDelete
  4. Aku suka charge hape semalaman karena ketiduran.. Yang kayak gini juga bikin tagihan listrik membengkak juga ya Mba?

    ReplyDelete
  5. Nyetrika pakaian tiap saat termasuk juga ya Mba.. Aku suka nyetrika pas mau pakai bajunya..

    ReplyDelete
  6. Nah yang pertama tuh sering kelupaan, tapi untungnya ga sering jadi bisa ngerti akibatnya sekarang... bermanfaat mbak :)

    ReplyDelete
  7. Nahiya. Yang nomor satu itu sering banget. Abis nge-charge gak dicabut.

    Makasih infonya, mbak.

    ReplyDelete
  8. yg penanak nasi ama charger nih mba yg srg lupa ;p AC yg aku pikir bkl gede sepertinya malah ga... krn aku biasa pasang dlm jangka waktu lama, bukannya on off sembarangan..

    ReplyDelete
  9. wahh, terimakasih tipsnya Mbak :)
    saya masih suka melakukan hal yang pertama :(

    ReplyDelete
  10. wah baru tau yang charge hp, kadang aku diemin seharian nyolok hihihi

    Nonton film
    Nonton film gratis

    ReplyDelete
  11. Kita memang harus hemat dalam segala hal ya mbak Tanty termasuk dalam pemakaian listrik, ingat masih banyak orang-orang yang sampai kini belum merasakan manfaat listrik.

    Koreksi juga buat saya pribadi yang masih sering lupa nyabut charger dari colokan :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)