14 Feb 2016

Fakta Valentine Day Semarak di Indonesia

Sedikit share opini tentang Fakta Valentine Day dirayakan  dengan semarak di Indonesia. Sebelumnya mohon maaf ya, jika postingan ini pure dari pemikiran personal admin omahantik.com. Tidak ada maksut lain hanya sekedar berbagi postingan berdasarkan pengamatan penulis semata.

Apalagi tahu sendiri, kan jika sebagian dari masyarakat memang anti dengan yang namanya perayaan hari Valentine. Atau yang disebut hari "Kasih Sayang".  Sebagian menganggap kalau kebiasaan Valentine day bukannlah tradisi asli dari Indonesia melainkan berasal dari negeri asing. Jadi sepatutnya memang tidak perlu ikut-ikutan merayakan secara spesial atau khidmat disini. Toh, itu bukanlah ajaran yang tersebut dalam QS Alquran.

Sayangnya, masih banyak anak-anak muda, yang menganggap dirinya "kekinian" remaja gaul yang merasa kurang "welcome"  jika tidak melakukan yang dianggap populer oleh kalangannya. Oh, anak abg yang banyak maunya. Serba ingin menunjukkan identitasnya dan merasa terus diperhatikan. 

Fakta Perayaan Valentine Dirayakan 
Mungkin jika sekedar untuk berbagi momen kebahagiaan, menghargai memang ada hari jadi kasih sayang tidak lantas orang dituntut untuk berlebih secara khusus dalam memperingati Valentine Day. Namun lihat beberapa kejadian turut menjadikan pesta Valentine terasa lebih spesial dan spektakuler :

1. Kiprah berbagai iklan komersial
Coba lihat saja, masih ada beberapa tayangan iklan yang sengaja mencuplik tema Valentine Day sebagai ajang promosi produk yang bersangkutan. Nah, tidak salah hal tersebut juga menjadi pemantik kalangan muda seperti remaja yang haus dengan informasi identitas untuk tidak ketinggalan meramaikannya. 

2. Hiasan Banner Sejumlah Mall dan pertokoan
Bak iklan yang tidak terputus beberapa toko dan mall besar juga tidak kalah turut memajang bannerdi tiap sudut supermall. Aksi tersebut tidak mungkin tidak akan menarik perhatian pengunjungnya bukan ? Apalagi sampai diiming-imingi diskonan atau grandprize lumayan gede jika sampai membeli produk-produk di hari Valentine Day. Hal itu mungkin saja yang mendorong banyak orang tertarik membeli (konsumtif) ketika ada even Valentine Day

3.Obral Diskonan Secara Besar
Tidak hanya media televisi, ataupun pertokoan juga supermarket beberapa hotel dan penginapan yang bersaing menarik pelanggannya juga menawarkan beragam diskon. Tidak tanggung-tanggung promosi yang dilakukan jauh hari dan menjadi magnet tersendiri bagi konsumen yang notabene sudah sering menginap di hotel tersebut.

4.  Kuis Bertebaran
Pernahkah menjadi hunter Quiz ? Hobi sampingan sebagai pemburu kuis. Dimana dianggap sebagai ajang adu keberuntungan semata. Jika mengikuti kuis memang sudah menjadi selingan hobi saja, sementara jika berhasil memenangkan berarti hal tersebut menjadi bonus dari keberuntungan kuis tadi. Jelang acara Valentine day saya pernah menjumpai banyak kuis digelar baik secara online maupun yang ada di media cetak seperti majalah-majalah. * terus terang saja nih, wong  saya saja pernah ikutan mencoba. Sayangnya belum pernah beruntung eh malah jadi buntung . Hahahaha.

5.  Ragam snack dan permen menarik
Untuk yang satu ini berbau makanan dipastikan menjadi daya tarik besar menyedot animo masyarakat luas. Baik anak-anak sampai orang dewasa juga tidak akan melewatkan beberapa snack dan juga permen yang khusus disediakan. Siapa sih yang tidak ngiler , melihat banyak kemasan permen cokelat ala valentine yang imut dan lucu dijajakan ???

Akkh tidak salah, jika banyak fakta-fakta dibalik perayaan Valentine Day yang kadang menjadi persoalan yang kontroversial. Kalau saya, jujur, tertarik hanya menikmati sensasi permen coklatnya yang kebetulan memang dijual dalam kemasan yang menarik. Jarang-jarang kan ada permen cokelat segede gaban yang dibungkus pita bisa dibawa pulang ke rumah. Hahahaha. Mungkin setahun sekali ini bisa beli model beginian. Bagaimana dengan para pembaca keren omahantik, silakan berbagi pengalaman kemari ya.

Keep Happy Blogging

9 comments:

  1. Kalo buatku tgl 14 Feb itu spesial banget, bukan karena hari Valentine, tapi karena merupakan tanggal pernikahan :)

    ReplyDelete
  2. Waktu remaja aku sering ikut2an ngerayain valentine.. Bertukar kartu ucapan.. tukeran cokelat.. yah gitu deh karena gak ngerti maknanya apa... Setelah tahu aku gak lagi ngerayainnya..

    ReplyDelete
  3. hi,hi,,, pada ribut ya padahal yg senang ya yang bisa beriklan, laris manis.....

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Jadi sebenernya valentine day jadi ajang buat para pebisnis coklat, bunga, kertas kado, dan sejenisnya biar pada laku, hihi

    ReplyDelete
  6. Saya nggak pernah merayakan itu mbak Tanty, anak juga bisa menerima ketika diberi pengertian jadi nggak ngotot buat ikut-ikutan :)

    ReplyDelete
  7. aku mau dong permen coklatnya mbak

    ReplyDelete
  8. aku sih nggak merayakan mba. tapi pas SMA ada yang ngasih cokelat ya diterima. terakhir pas kuliah ada yang ngirim boneka ya diterima juga hee

    ReplyDelete
  9. wiihhh aku juga mau dong permen coklatnya xD

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)