5 Feb 2016

Pengin Bikin Blog Baru ? Kamu Harus Perhatikan Ini


Pengin Bikin Blog Baru ? Kamu harus perhatikan ini, seperti mengingatkan saya beberapa waktu yang lalu sejumlah teman blogger ramai-ramai membuat blog baru. Aduhai banget semangatnya. Itu yang tidak saya miliki secara langsung. Melihat betapa antusiasnya mereka membangun blog mulai titik nadir. Ini cerita seputar blog baru berbayar, lho yaaa...hehehe *kalau saya untuk sementara latihannya via blog gratisan, sembari nunggu dapat reward blog domain *amiin.

Siapa sih  yang tidak kepengin maju, apalagi bisa membuat blog baru berbayar pula. Impian manis semua orang yang menekuni dunia blogging. Ditambah kini eranya dunia blog yang menjanjikan peluang manis untuk mendulang pendapatan. Banyak brand atau agensi ternama melirik blogger yang memang mumpuni dalam membangun baik jaringan blognya sehingga terkenal gaungnya.

Dari obrolan teman pada FB Messenger, saya juga turut terbawa euforia sebenarnya kepengin juga *apa daya tidak di dukung kemampuan memadai. Beli domain dan sewa hosting itu bagi saya yang hanya emak-emak dirumah harus banyak pertimbangan. 

Begitu halnya dengan kegamangan teman saya yang tidak percaya diri, seandainya merintis blog domain baru, apakah nantinya bisa berhasil merawatnya. Dalam artian, masih ada kesempatan untuk terus update postingan dan menghasilkan traffik blog yang tinggi. Sehingga berkesempatan memonetize  blognya sebaik mungkin.

Singkat dari obrolan saya tahu yang mempengaruhinya menjadi setengah bimbang melangkah menuju keinginan biikin blog baru berbayar lantaran melihat case temannya yang lain. Dimana sudah berjuang keras membeli domain, ditambah rajin memposting lebih dari 5 artikel perharinya. Tetap saja tidak menunjukkan hasil memuaskan hingga berjalan 3 bulan lamanya.

Siapa yang tidak masygul jika setelah berjuang mengoptimasi blog selama kurun 3 bulan kurang mendapatkaan traffik dari mesin penelusuran (search engine) yang memuaskan. Biasanya sih seperti yang lain paling tidak blog akan memperoleh traffik dari mesin pencarian Google  tersebut. Kira-kira apa  ya  yang membuat blog baru terpuruk sedemikian rupa ?

Setelah dikaji lagi dari kasus blog teman tersebut ternyata mengambil topik blog yang memiliki persaingan yang tinggi. Seperti niche blog kesehatan. Patut kamu ketahui, jika banyak kompetitor yang berlomba-lomba agar postingannya nangkring di peringkat halaman pertama Google itu diperlukan banyak modal. Dan itu taktik yang acap dipakai pemain senior agar bisa menembus peringkat satu halaman google "pejwan". Wah, lumayan beresiko jika sampai membuat niche blog  dengan tingkat persaingan yang tinggi.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Blogging
Konten yang unik dan orisinil
So,  gimana langkah baiknya untuk memulai  membuat blog baru dengan tema tersebut ? Yang pertama dilakukan adalah membuat postingan yang unik dan semenarik mungkin. Lebih bagus lagi jika didukung dengan memiliki follower yang banyak. Sebaliknya jika kurang, urungkan  niat untuk bikin blog dengan niche kesehatan. Ini yang dinamakan dengan Modal ! Sayang jika memaksakan untuk bertahan di niche blog kesehatan dengan follower yang tidak seberapa.

Terus konsisten posting
Mengingat aktifitas blogging bukan semata kerja hasil akhir saja. Tapi menghargai dengan yang dinamakan "proses". Sederhananya begini, jika kamu mengharapkan dapat traffik yang tinggi berarti kudu konsisten dan tahan banting dalam menekuni update tulisan tiap harinya. Tidak bisa dipatok dengan angka 3 bulanan saja. Dikatakan berhasil dan menembus penghasilan selegit kue lapis jika seseorang tersebut bisa terus konsisten merawat blog berkesinambungan.

Claim Blog baru
Dengan lebih intens mengenalkan blog baru dengan cara postingan viral, tentunya menjadi peluang besar blog yang dirintis bisa kebanjiran trafik. Apalagi jika menulis artikel yang pas dengan momen yang sedang booming saat itu. Secara tidak langsung postingan  menjadi viral seketika dengan banyaknya pengunjung yang tertarik membaca. Nah, ini perlu dicatat buat tulisan viral yang bisa mendatangkan traffik hingga puluhan ribu visitor.

Menulis Bermanfaat untuk manusia
Yang penting pupuk semangat untuk memberikan tulisan yang bernas, bermanfaat dan tentunya layak dibaca manusia. Tidaklah dengan terus mengupayakan hal tersebut juga bisa menjadikan kualitas blog lebih terjamin. Syukur-syukur bisa menempati halaman pertama Google, jadi tolok ukur suatu blog memiliki link building yang kuat sehingga menghasilkan kualitas Domain Authority bagus.

Semoga saja dengan apa yang saya sharing disini bisa membantu memberi solusi. Pengin Bikin Blog Baru? Kamu harus perhatikan dengan apa yang sudah saya paparkan tadi. Good luck gaes mari tetap bersemangat untuk ngeblog.

keep happy blogging

25 comments:

  1. Makanya saya cuma punya satu blog yg TLD, mak. Keteteran ngerjain job review. Balapan dgn kerjaan rumah tangga.

    ReplyDelete
  2. lebih baik fokus satu blog dulu ya mak, nah setelah berhasil baru deh expand lagi :)

    ReplyDelete
  3. yeaaaap bener banget sih mas, tapi sekarang lagi fokus 1 blog dulu heheheh

    ReplyDelete
  4. Tadinya pengin mba tapi kupending. 2 blog yg ada saat pertama kali ngeblog aja gak keurus.

    ReplyDelete
  5. Owalaaah...gara2 lepi rusak nih, mba. Jadi cuma bisa apdet di satu blog

    ReplyDelete
  6. Blog ku ada 3, tapi yang TLD baru 1 dan yang 2 ga begitu keurus..hehe

    ReplyDelete
  7. Iya bener mba. Ini blog saya masih baru. Masih mencoba mempraktekkan semua. Makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  8. Wuih, selama ini saya nge-blog ya ngeblog aja, ga memperhatikan faktor-faktor selain konsisten nge-posting. Terimakasih mbak christanty, informatif tulisannya, saya jadi lebih banyak tau lagi soal dunia blogging. :)

    ReplyDelete
  9. aaku punya 3 mbak, hehe, tp yg fokus cm 1, sisanya update kalau ada bahan en ada waktu luang bgd..makasih pencerahannya ya mbk, :)

    ReplyDelete
  10. saya suk bagian terakhir, menulis yang bermanfaat buat manusia, senggak-nggaknya kalau nggak dapat "bayaran" di dunia, dapatny di akherat #eaaa #beratamankomengsayah hihihi

    keep hepi blogging Mak :D

    ReplyDelete
  11. intinya harus punya "modal" dan keuletan yah Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Iya mba... Yg susah jaga konsistensi untuk terus menulis yg orisinal...

    Sementara godaan copi paste dari pihak ke 3 semakin gencar

    ReplyDelete
  13. Aku kalo banyak-banyak kayaknya gak bakal bisa fokus deh mak. Muehehe. \:D/

    ReplyDelete
  14. Mbak Tanti.... seharusnya dirimu nulis ini pada bulan Desember, sebelum aku pindahan ke blog baru he he he. tapi tips BW jenengan juosss tenan.

    ReplyDelete
  15. *garuk-garuk kepala*
    Belum berani aku mbak pake domain berbayar. Lah satu ini aja belum pernah nangkring di atas search engine. Hehehe

    ReplyDelete
  16. fokus, dan membesarkan blog yang ada sekarang, setuju!

    ReplyDelete
  17. Saya punya akun wordpress (Kosong blm diisi), kompasiana juga, blogdetik juga.
    Mending fokus satu dlu aja deh.

    Setuju mak, konsisten di satu blog dulu. Setelah itu bolehlah expand :)

    ReplyDelete
  18. Nah...yang belum kulakukan adalah melulis artikel yg sedang menjadi viral.. Wah, kenapa aku jadi lalai ya? Padahal bisa menaikkan traffik pada blog kita ya Mba bila melulis artikel viral..

    ReplyDelete
  19. Kalo memiliki blog lebih dari satu membuat kita terbelah fokus untuk mengupdate artikelnya. Jadi menurut gue 1 blog sudah cukup ;)

    ReplyDelete
  20. Aku punya beberapa blog, satu yang berdomain..selebihnya ada 1 yg sesekali masih update, sisanya ada 2 lagi yg dah lama banget gak di-update.. Keteteran ternyata punya byk blog kalau kita gak bisa memanage waktu postingannya ya Mba..

    ReplyDelete
  21. Konsisten itu yang mahal bgt mbak. Belum bisa berkomitmen bgt dengan blog mbak soalnya ada kerjaan utama.

    ReplyDelete
  22. Kalau kebanyakan takut nggak fokus euy... :D

    ReplyDelete
  23. Dan konsisten menulis adalah yang paling sulit ya rasanya.
    Makasih ya mbak pencerahannya.

    ReplyDelete
  24. Pingin juga bikin blog satu lagi, tapi bingung mau kuisi apa, kalo niche takut buntu ide nantinya. Kalo blog gado-gado kok ya sama aja dg yg sekarang :)

    ReplyDelete
  25. konsistennya agak berat kalau punya blog banya ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)