19 Mar 2016

Tantang Nyali Menang Kompetisi Ngeblog ?

Tantang Nyali menang ikutan kompetisi ngeblog ? Urusan ini acap menari-nari dalam pikiran saya. Beberapa kali sudah saya terpatahkan dengan tekad uji nyali tersebut. Niat memang ada namun tidak disupport dengan kemampuan dan daya juang yang tinggi. Jadinya nglokro atau kalah semangat sebelum maju perang.

Bukannya saya orang pesimis atau semacam tidak mau menerima kekelahan begitu saja. No no noway lah yaaaw. Saya hanya kurang tekad kuat dan konsisten dalam memperjuangkan suatu materi tulisan yang ingin diikuti. Sebenaranya dalam hati sudah saya tumbuhkan semangat untuk pantang menyerah dan konsisten plus fokus untuk bisa mengikuti proses tahap demi tahap.

Sayangnya ada satu hal juga yang menjadi kebiasaan buruk saya adalah menunda-nunda suatu task. Seharusnya sudah bisa diselesaikan jauh-jauh hari sebelumnya, eh ini molor berkepanjangan hingga melampaui batas akhir (deadline) acara lomba tersebut.

Iiiish....nyesek banget ! Ya, so pasti itu. Tapi sudah terlanjur terjadi. Mengingat itu memang awal kesalahan sendiri yang tidak mau kompromi dan fokus dengan suatu hal. Jadinya yang dikerjakan mepet berujung menjadi sesuatu yang dipaksakan. Entah dari ide tulisan, pencarian materi postingan atau bahkan melakukan registrasi keikutsertaan lomba malah susah dilakukan *yaelah, maklum kan lantaran website lomba yang bersangkutan pastinya diserbu banyak orang hingga beribu-ribu jumlah pesertanya. Parahnya lagi koneksi internet biasanya berjalan tidak semulus jalan tol. Ada-ada saja gangguan tehnisnya. Hahaha*kapokmu kapan ! :D

Seharusnya untuk menjawab tantang nyali menang kompetisi ngeblog - para peserta setidaknya harus memiliki sejumlah amunisi maupun jurus pamungkas. Jika tidak ada tip trik untuk mengalahkan tekad bulat tersebut, mungkin selamanya para blogger harus siap dan hanya bisa gigit jari saja. *Seperti saya nih-Ngacung !!! Haaaah *

Jurus simpel Menang Kompetisi Ngeblog
Maaf sebelumnya beribu-ribu ampun, jangan protes saya keras-keras ya bilamana tip sederhana saya ini kurang afdol tapi saya berusaha sudah merangkumnya dari berbagai sumber dan pengalaman beberapa teman blogger yang sukses jadi jawara kompetisi ngeblog.
Nih , buat blogger yang niat mmengasah nyali dan kemampuan ikut kompetisi blog, semoga bisa menggapai harapan terbaiknya.

1. Mengenal sejumlah juri lomba
Lho apa hubungannya dengan mengenal juri lomba ybs. Tentu saja ini bisa jadi kesempatan baik para blogger untuk menghasilkan artikel berkualitas yang disukai para juri. Sehingga ada waktu mempelajari beberapa jenis dan gaya tulisan yang setidaknya mampu memikat hati mereka. Ada yang memang menyukai  tulisan bertipe opini atau laporan , bisa juga tipe tulisan narasi alias bercerita. 

2. Pelajari detail aspek penilaian
Langkah ini memang diperlukan sebelum menulis semua ide yang dimiliki. Dengan mempelajari detail aspek penilaian berarti seorang blogger juga harus tahu beberapa persyaratan dan ketentuan penting seperti tema yang diusung, syarat penulisan jumlah minimal tulisan, perspektif maupun format tulisan juga. Umumnya aspek penilaian yang dilombakan meliputi : kesesuaian tema, unsur orisinil serta gaya tulisan.   Jadi jangan harap bisa melakukan COPAS atau mencomot ide orang lain. Percuma saja menulis artikel bagus bukan hasil karya sendiri. Malahan bisa kena banned atau diskualifikasi juri.
Bagaimana, lumayan susah untuk memulainya dari awal namun nantinya akan memudahkan untuk bisa menang dalam kompetisi ngeblog.

3. Ingat baik waktu penjurian
Tips keren ini saya peroleh dari sahabat blogger yang memang langganan jawara ngeblog. Sebut saja ada mbakMurti, mbak Ani Bertha, atau mbak Mutia Karamoy. Memang semua tulisan yang diikut sertakan sungguh berkualitas dan tepat waktu sesuai yang diamanatkan para juri perlombaan.
Foto taken IG Elisa_karamoy : Mbak Elisa yang bersahaja nan smart (paling kiri)

Tips menarik tersebut saya perhatikan jika ada seorang blogger berminat serius mengikuti kompetisi ngeblog  yang jeda batas antara waktu pengumpulan dan pengumumannya singkat (biasanya sekitar 3-4 hari) sebaiknya mengirimkan artikel tulisan jauh sebelumnya, sebaliknya jika mepet deadline dirasa kurang efektif  kenungkinan saja tulisan yang dikumpulka terakhir kali akan dinilai juri dalam kondisi enerji yang kurang fit.
 
4.Perhatikan Tampilan Blog
Ada baiknya nih untuk memperhatikan tampilan blog pribadi yang akan diikutsertakan dalam kompetisi blog. Jangan sampai  tampilan blog yang terlalu ramai seperti penggunaan pop up, adanya audio otomatis, banner iklan yang menyolok, maupun font berikut template yang acak adut bikin mata sudah kurang nyaman melihat apalagi membaca diperbaiki terlebih dulu. Mengantisipasi para juri merasa ilfil sehingga merugikan sendiri jika sampai juri malas membuka lanjut blog yang ada tanpa mengetahui sebenarnya konten tulisan di dalamnya cukup menarik dan berkualitas.

5. Buat tulisan yang unik daripada yang lain
Mungkin ini yang susah-susah gampang untuk dikerjakan total. Karena seorang blogger yang berniat serius nyemplung mengikuti kompetisi ngeblog harus memilii suatu daya kreatifitas yang tinggi melebihi dari peserta lainnya. Jika bisa bikin tulisan yang unik dan beda  tentunya. Kalau bisa maksimalkan tulisan yang menendang pada tiga paragraf utama.  Biasanya seorang juri akan bertahan lama membaca dari awal sampai akhir. Tidak mustahil kans untuk menjadi jawara kompetisi ngeblog lebih terbuka lebar. Benar, kan ?

Kini setelah mengetahui jurus simpel diatas, tinggal usaha terakhir hanya berpasarah pada yang maha kuasa saja. Jika memang sudah merasa maksimal menulis yang diharapkan juri, memiliki tampilan blog yang okay, mengumpulan artikel tepat waktu tinggal menantikan harapan dalam keberuntungan dengan jalan berdoa. 
Mungkin  dengan ini semua bisa menjadikan tantangan nyali menang kompetisi ngeblog bisa diwujudkan.

Bagaimana menurut kalian semua para pembaca yang setia dan masih semangat ngeblog ? Silakan sharing kemari untuk lebih mensupport bahasan agar bisa sukses ikut kompetisi ngeblog. Buat saya tidaklah harus jadi pemenang  namun setidaknya sudah berani mencoba melakukan yang terbaik.

Keep Happy Blogging

30 comments:

  1. Duh...saya banget tuh, mbak. Yang suka mepet-mepet DL, bahkan dalam hitunan menit saja..hi..hi..

    ReplyDelete
  2. Huhuu..aku masih belum pede ikutan lomba2 skalan besar Mba, padahal harus nyoba ya. Makasih tipsnya Mba ;)

    ReplyDelete
  3. Waktu dan tampilan blog yg masih belum bisa. Thanks tipsnya.

    ReplyDelete
  4. Hahaha.. Sma betull kayak sy, suka nunda nunda, gak pernah menang lomba, jadinya says patah semangat Dan malas mau coba lagi, itu bedanya huhuhu..

    ReplyDelete
  5. Aku sering ikutan lomba ngeblog..tapi kebanyakan gak menang, haha.. Kalopun menang cuma dpt hadiah hiburan aja..haha.. Btw, makasih sharringnya ya..

    ReplyDelete
  6. Biasanya pas melihat peserta kompetisi ngeblog yang keren2 aku suka down duluan.. Apalagi yg ikut itu blogger yang malang-melintang suka menang kompetisi..

    ReplyDelete
  7. Mengenal juri nih yang katabsebagian org, ya untung2an. Karena kita nggak bakal tau juri maunya apa, kecuali seringbngikutin lomba dan hapal agency'nya. Practice makes perfect la ya itungannya hihi :)

    ReplyDelete
  8. kak, kalo tarif blogger itu rata-rata berapa ya? punya referensinya?

    ReplyDelete
  9. saya sekarang malah males ikut kompetisi blog... :))))) Kadang semangat blogging jg mengendur tapi setelah rehat seminggu biasanya sih cemungud lagi

    ReplyDelete
  10. Aku sering ngalami mbak...semangat ngedrop atau minder duluan. Apalagi klo para jawara nge blog dah setor tulisan

    ReplyDelete
  11. intinya just be yourself ya... Kl saya sekarang males ikut2an kompetisi... gak pernah menang... :))))))))) *efek keseringan nulis ikutin mood doang*

    ReplyDelete
  12. Kalau buat nggak jadi deadliner masih sulit. Justru penginnya ngumpulin belakangan aja, biar nggak dilihat orang. Bukan takut diplagiat. Malah karena belum pede. Huhu.

    ReplyDelete
  13. Yang terkhir ki paling susah bin sulit deh mbak tanti he he he.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih atas tipsnya mbak (y)
    yang poin 5 emang agak susah, sih. biasanya saya suka ngintip tulisan peserta lain lalu bikin yang agak beda hehe

    ReplyDelete
  15. Saya gk pernah ikut kontes gituan, karena ada satu syarat yg gk bisa aku penuhi. Apa itu share ke twitter...soale gk punya akun twitter.

    ReplyDelete
  16. Wah... harus kepoin blognya Mbak Elisa nih

    ReplyDelete
  17. sekarang kalo mau ikut kontes ngeblog syaratnya macam2 ya..selain harus punya akun twitter,,ig juga..kadang ada yang daftar lewat inbox fb..hehehe

    ReplyDelete
  18. Omahantik ini blognya christanty toh..keren tipsnya

    ReplyDelete
  19. Saya belom prnh ikut lomba blog krn seringnya ngak tau info atau pas tahu ehhh udh deadline hehehhe

    ReplyDelete
  20. Makasih tipsnya, mbak. Belum pernah ikut lomba tapi insya Allah bakal dipraktikkan kalau pas pengen ikut.

    ReplyDelete
  21. Tipsnya keceeeh mbak...hehehe aku bgt tuh klo ngumpulin suka mepet2!! ups... mungkin harus sering2 ikut blog competition biar nama kita lebih familiar dan dikenal juri2 :D

    ReplyDelete
  22. Tipsnya oke mbak Tanty. Saya sih paling ikutan GA itupun belum pernah menang tapi cuek aja karena bagi saya GA itu membantu ngisi blog hehe

    ReplyDelete
  23. Kereen bangets tipsnya. I hope one day I can join blog competition..

    ReplyDelete
  24. Wkwkwk..rasanya ngak sehebat itu kok. Tapi tipsnya iya banget tuh mbak..survei membuktikan.

    ReplyDelete
  25. Abaikan..jangan minder dengan tulisan blogger lain

    ReplyDelete
  26. Kompetisi blog, siapa takut? :-)

    ReplyDelete
  27. Sekarang semakin keren keren pesertanya dg berbagai kreativitas yg tidak ada matinya..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)