5 Apr 2016

Intip Menu Mewah Favorit Ala Keluarga Kaliputu

Silakan intip menu mewah favorit ala keluarga Kaliputu. Memang diakui semua orang keluarga mertua saya yang berdomisili di daerah Kaliputu (terkenal juga dengan Sentra Pembuatan Jenang Rumahan) dipandang Jago Memasak. Sayangnya, mertua saya enggan bikin Usaha Kateringan.

Namun jika ada acara hajatan penting, pernikahan, khitan atau syukuran pastilah mama mertua saya kebanjiran job order. Koki masak para warga sekitar Kaliputu-Burikan- Dijamin bakalan ketagihan deh. Bukannya saya ingin menyombongkan kehebatan keluarga saya yang piawai dalam mengolah menu makanan apapun itu versinya. 

Saya pernah survei kecil-kecilan tentang jajak pendapat teman-teman baik pihak dari suami, saya ataupun ipar rata-rata mereka yang pernah dijamu di rumah Kaliputu malah jadi ketagihan untuk kembali mencicipi hidangan yang sama.
Mbak minta tolong catetin resep mamahmu, gimana bikin ayam goreng pop kemarin itu ? Suami dan anak-anak jadi doyan makan nih....
Saya pun ngikik geli. Gimana enggak ketawa terus wong saya saja juga gaptek bidang kuliner. Coba kalau gak percaya tanya ke mertua saya. Gimana begonya saya yang gak bisa membedakan antara Merica dan Ketumbar. Sampai akhirnya saya kasih label "Print" nama rempah-rempah tersebut pada wadah bumbu.

Kalau enggak bisa fatal, nih.  Mengulang peristiwa yang dulu. Dimana saya pertama kali bikin Cah Kangkung malah terasa masam semua rasanya. Gegara bahan yang saya campurnya bukannya garam bubuk melainkan citrun acid bahan pembuat sirup. Yaelah,kan sama-sama berwarna putih. Jadi harap maklum saya yang kudet ini jadi tidak bisa memilah mana yang betul garam dan tidak. Noted !

Namun semenjak numpang di Pondok Mertua Indah hampir setahun lamanya, setidaknya aku mengalami kemajuan lumayan pesat. Terbukti dari seringnya bantu sana sini mamah mertua yang sibuk terima orderan masak, apda akhirnya saya bisa juga dari yang gaptek hingga jadi terampil masak. *Ceile somsek banget dan guaya. Hahahaha.

Sebagai bentuk unjuk gigi, nih saya tunjukkan menu mewah favorit ala keluarga Kaliputu yang selalu setia ada. Lantaran resep ini menjadi pelengkap kenikmatan kuliner yang selalu dinantikan banyak orang. Hebatnya lagi, saya juga bisa bikin sendiri  resep Teri Tempong seperti berikut :

Resep Teri Tempong
Bahan :
  • tepung beras 1/4 kg
  • teri tempong 2 bungkus
  • 3 siung bawang putih dan 5 bawang merah, iris tipis-tipis
  • 5-7 cabe rawit (kalau mau pedas sekali tinggal ditambah) dipotong kecil-kecil
  • garam dan penambah rasa
  • sedikit air matang
  • minyak goreng secukupnya
Cara Membuat
  1.  cuci bersih terlebih dulu ikan teri tempong, dan tiriskan (cicipi dulu, teri tempongnya tawar atau asin) sehingga nanti bisa diukur kadar garamnya
  2. campurkan tepung beras dengan teri, dan bumbu iris lainnya taburi dengan garam serta penambah rasa secukupnya.
  3. aduk-aduk sehingga tercampur rata semua bumbu dan teri tempong tadi.
  4. beri sedikit air air untuk bikin adonan teri tempong kalis
  5. setelah itu tinggal di goreng di wajan yang telah disiapkan minyak 
  6. Goreng hingga berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan sebentar
  7. Sajikan dalam toples cantik agar tidak mudah mlempem, tunggu teri tempong hingga benar-benar dingin.
Mungkin hanya resep andalan keluaga Teri Tempong yang bisa menambah selera makan anggota saya terutama di Kaliputu. Rasanya tidak lengkap jika resep satu ini tidak disajikan bersama menu yang lainnya.

Keep Happy Blogging

7 comments:

  1. Wah aku malah baru tahu kalau ada teri tempong :)

    ReplyDelete
  2. Enak untuk snack juga nich
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  3. Nah apa itu teri tempong? Penasaran nih... selama ini suamiku sukanya teri nasi atau teri medan Dek.

    ReplyDelete
  4. Keren, saya catet nih resepnya mba

    ReplyDelete
  5. Wah enak sekali, ini cocok deh dimakan dengan nasi anget, lodeh dan sambel terasi *duh kok jadi laper ya :)

    ReplyDelete
  6. teri tempong itu teri yg biasa kan ya mbak?? blm pernah dgr nama tempong soalnya :D.. kebetulan lg nyari ide mw masak apa utk bsk :D.. agak2 mirip rempeyek teri ya kalo penampilan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)