1 Apr 2016

Mengulik Error Blog Yang Sepintas Sepele

Pernahkah tiba-tiba merasa kebingungan sekali manakala menemukan ada hal yang strange di tampilan blog personal. Kalau munculnya sekali saja mungkin masih bisa dimaklumi. Lah ini, mungkin saja sudah lama error nangkring disitu , namun sayanya yang kurang perhatian. Nah, baru suatu saat pas saya mungkin terlena santai langsung tersentak setelah detail mengamati ada sesuatu yang "Mengganjal Mata". Hahaha, saya terpaksa pakai istilah tersebut untuk mendramatisir kepanikan saya.

Bagaimana tidak panik ? Saya kok baru itu merasa kecolongan dengan error yang baru saja bikin kepala nyut-nyutan  dan mata siwer banget. Saya ulangi kembali dari awal sampai ke beberapa komen yang mengarah pada blogpost blogger lain juga masih sama.

Penasaran, kan sama error yang saya maksud. Tradaaaaa, saya kasih tahu nih error blog yang awalnya saya anggap biasa-biasa ajaaah, sepele getooo malah akhirnya menjadi bumerang pada diri saya. Karena saat itu saya sudah buntu dengan solusi yang ada. Masuk ke edit HTML saja nihil *wih kok gaya banget ya, sok edit kode HTML. Kalau kacau bisa berabe,kan ?
Penampakkan Gejala Error Pada Blog Personal
Seperti pada gambar diatas yang menunjukkan penampakan gejala error pada blog personal yang bikin saya uring-uringan. Karena sudah tanya kesana-kemari baik di grup kelompok blogging serta beberapa teman di sosmed belum ada yang mengalami kejadian sama persis seperti yang saya alami. Aneh bin ajaib, istilah yang saya comot manakala saya merasa mentok alias buntu. Hikkks, please help me !

Kurang lebih selama sepekan saya masih ekstra berpikir keras, harus bisa memecahkan permasalah error tadi. Saya sebal banget sama "Tanda Contreng"  seperti pada menu Strikethrough pada blogspot. Apa yang bikin saya tanpa sengaja mengulik, atau memencet tombol instruksi di sosmeda atau edit template ya ??? Banyak sekali pertanyaan berputar-putar di benak saya. Bisa jadi, kan saya tidak menyadari hal tersebut ternyata bisa berefek fatal dengan tampilan yang saya lihat dengan aktifitas blogwalking atau membalas komentar.

Penampakan Error Blog Pada Salah Satu Platform Sosmed

Ternyata tidak sampai hanya pada error blogpost saja yang begitu annoying namun juga saat saya membuka beragam sosmed. Seperti yang ditunjukkan dalam gambar, sosmed Instagram salah satu jawara Srikandi Blogger 2013, Mbak Alaikkaabdullah, ternyata juga mengalami error yang sama [Perhatikan tanda contreng yang ada pada URL Blog personalnya]. Nah, itulah yang saya maksutkan error blog yang sepintas sepele namun lumayan bikin kepala jadi migren.

Sekali lagi saya tidak mau patah arang, tetap berusaha tanya kesana kemari siapa tahu bisa membuahkan hasil manis. Eh, ternyata gayung bersambut indah juga. Ketika saya merasa suntuk ( tidak tahu mau melakukan kegiatan apa ) iseng-iseng melebur ngobrol seru dengan rekan-rekan blogger wanita di akun Telegram. Saya juga gak mau ketinggalan ikut sharing unek-unek tentang perihal Contreng tadi.
Secara tidak langsung malah mengingatkan saya pada tampilan browser Mozilla Firefox (saya cenderung sering memakai Mozi ketimbang yang Chrome) hehehe. Wah , terima kasih banyak saya ucapkan pada mbak Rahmah yang telah membantu memberikan solusi the best.

Saya seketika langsung capcus membuka browser Mozilla saya, dan lihat seperti ini yang memang saya ulik dulu (tanpa sengaja) namun saya berusaha untuk mengembalikan ke semula, biar berjalan normal kembali.
Pertama-tama masuk ke browser Mozilla Firefox, dan search menu Add-ons.Tampak seperti gambar yang ada dilingkaran merah. Setelah itu baru saya klik remove pada menu yang bersangkutan.
 

Perhatikan tanda warna merah pada setiap option itu berarti sudah diremove alias tidak terupdate pada sistem browser yang dipakai sehingga tidak lagi mempengaruhi pada blog post.
See,  ternyata berhasil juga mengulik error blog yang sepintas sepele, namun cukup njlimet kalau tidak tahu jalan pemecahannya.
Semoga postingan sederhana tentang mengulik error pada blog pribadi ini bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi siapa saja.

Keep Happy Blogging

5 comments:

  1. Belum ngalamin sih.
    Secara visual memang mengganggu. Untungnya dah terselesaikan mba.
    Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Aku lebih suka pakai chrome, Mbak. Menurutku lebih ringan. Berapa hari nih migren mikirin si contreng? Hihi

    ReplyDelete
  3. Aku pakai chrome mbaa.. Udah lama ga pakai mozila. Nice info mba tanty :))

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ya Mba... ksh inget banget aku gimana intense nya dirimu mencari 'penyembuhan' untuk solusi ini. Akhirnya...

    Jawaban Mba Rahmah justru membuka titik pencerahan yaaa? Ikut senang aq, Mba Tanty. :)

    Noted, ah. Mudah2an jgn sampai terjadi padaku. :)
    Kalo aku pake 3 browser Mba, Safari, Chrome dan Mozila.

    ReplyDelete
  5. Aku masih nggak ngerti error blog yg tanda contreng apaan hehe.
    Tanda contreng itu artinya link nya nofollow kan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)