4 Apr 2016

Tips Ringan Agar Ngeblog Terus Asyik dan Menyenangkan

Tips Ringan Agar Ngeblog Terus Asyik dan Menyenangkan seakan menjadi solusi menarik. Diakui menekuni profesi blogger terkadang tampak have fun namun tak jarang ada yang mengalami titik kejenuhan lantaran ritme monoton yang terus dilakukan. Menulis, memposting maupun update konten artikel.

Tidak terkecuali dengan diri saya. Selama ini sudah belajar tentang seluk beluk dunia blogging. Jadi saya tidak berusaha menutup-nutupi kelemahan sekaligus kekurangan saya. Awalnya memang selalu diawali semangat menggebu-gebu, bahkan bisa dikatakan " Tiada Hari Tanpa Ngeblog" . Wah, cinta mati beneran ,nih ama hal ngeblog. Hahahaha. Namun seiring waktu berjalan, berpendar juga asa setinggi gunung ini. Terjun bebas ke level zero. *Nyungsep banget.

Mau tahu rasanya ? Sudah sekian lama ngerasain terlena seakan-akan susah membangkitkan mood apalagi dipaksa untuk rutin meneruskan aktifitas ngeblog.Melihat sarana gadget atau laptop saja sudah sepet muak. Apalagi harus ketak ketik mewajibkan diri konsisten menulis. Yang ada laptop ataupun desktop yang dipajang melek fulltime, sementara empunya terlelap tidur dalam mimpi.*Saya mengaku deh pernah merasakan posisi demikian parah.

Akibat Ngeblog Yang Tersendat
Resiko pastinya, saya secara sadar bakalan menuai sesuatu yang merugikan diri sendiri lantaran tidak fokus eksis ngeblog.Upaya untuk mendorong serta meningkatkan kualitas blog butuh ekstra kerja keras sementara untuk terjun bebas dan tidak merasa wajib posting update sangatlah mudah dan proses waktu yang cepat. 

Saya bisa gamblang menuliskan hal-hal remeh tersebut disebabkan saya sudah beberapa kali terjebak dalam Hiatus, atau kekosongan untuk menekuni dunia ngeblog. Menyesal banget saya tergoda untuk malas dan mencoba lari dari pasion ngeblog. Namun pada akhirnya saya sadar konsekuensi yang harus saya tanggung jika mengabaikan ngeblog seperti :

Traffik Blog Ikutan Anjlok
Ternyata tidak hanya rel kereta api yang suka anjlok. Dan mendatangkan sejumlah kerugian pada masyarakat umumnya, tapi semua pihak yang terkait dengan pelayanan akomodasi darat yang vital tersebut. Tidaj jauh halnya dengan yang ada pada kondisi blogger yang limbung kehilangan semangat. Jika sudah terlanjur, dan tidak terelakkan kebosanan ngeblog dijamin pasti traffik blog yang mengiringi kepesatan blog sebelumnya juga turut anjlok dengan cepat.

Skor Domain Authority Merosot Tajam
Patokan penting lainnya mengukur kemajuan suatu blog adalah dengan adanya penilaian Domain Authority yang terdapat pada blog turut serta mengalami penurunan drastis. Saya pernah dikejutkan dengan skor DA Omahantik yang lumayan dikisaran skor 28, tiba-tiba menjadi skor 19 poin. Waduh, bikin hati remuk redam menyaksikan perjuangan panjang meraih prestasi DA malah kembali ke posisi awal.

Penampakan Skor DA Omahantik Terbaru
Namun semuanya bisa diantisipasi sebaik mungkin untuk menajga kualitas blog tetap berjalan seimbang dan menghasilkan prestasi dengan konsisten memperbaharui tulisan setidaknya sehari sekali.

Kurang Support Personal Branding
Kunci utama tetap eksis dan menghasilkan prestasi gemilang dalam blogging adalah memiliki personal branding tersendiri. Ciri itu yang bisa membedakan mana blogger-blogger yang identik dan mudah dikenali. Untuk menuju proses ini setidaknya butuh effort terus fokus, konsisten dan semangat dalam membuat konten berkualitas dan bermanfaat. Sebaliknya jika tidak akan susah untuk membranding kuat personal blog yang dimiliki. Semisal Personal Branding yang dikenal pada blogger Naked Travel, isi dalam blogger tersebut identik dengan orang yang suka melakukan traveling berikut sharing beragam tip tips tentang travelling dsb.

Kini saya berusaha agar tidak megulangi kesalahan yang sama. Bukan berarti tidak ingin terus berurusan dengan blog sama haknya dengan melepaskan diri dari tanggung jawab untuk memposting artikel informatif dan berkesinambung. Melainkan butuh sesuatu hal untuk bisa merefreshing kejenuhan dengan mencari sesuatu  aktifitas lain yang bisa mengembalikan mood. 

Pokoknya pintar-pintar diri mengisi celah kejenuhan tersebut dengan suatu hal yang positif me recharge kondisi untuk kembali ke jalur semula. Semuanya bisa dicari dengan mudah dan simpel seperti hal-hal kecil ini yang sudah saya coba terapkan. Berusaha untuk Me TIME, pergi dengan soulmate ke tempat menyenangkan, mendekor ulang kamar kerja, menekuni hobi lama, jalan-jalan ke pedesaan, dan masih banyak hal lainnya. Bisa kembali dibaca detail pada artikel saya
Alhamdullilah saya sudah belajar mempraktekan beberapa hal yang telah memboster diri melawan kejenuhan ngeblog. Insyaallah ke depannya saya bisa lebih mengoptimalkan dengan sejumlah rencana yang tersusun dalam MindMap hingga aktifitasa Ngeblog saya kembali bergairah dan terus asyik menyenangkan.
 
Besar harapan saya secara pribadi, semoga apa yang saya share dalam tulisan diatas bisa menginspirasi dan memberikan banyak manfaat positif pada rekan-rekan pembaca semua. Silakan untuk saling share dan komen dibawah agar bisa saling melengkapi dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. 

Keep Happy Blogging

11 comments:

  1. wahhh ngeri ya kalo lagi kena penyakit males nulis, efeknya panjanggg..

    ReplyDelete
  2. Setujuuu bget mbak..traffickku udah ancur nggak karuan..hiks..sedih lihat blog

    ReplyDelete
  3. Me time itu perlu ya, mba Tan. Sejenak menjauh dari blog. Biar seger pikirannya. :D

    ReplyDelete
  4. TFS, salam sehat dan semangat mbak

    ReplyDelete
  5. Alexa saya mak skrg tembus 1 juta lagi padahal dulu sempat 2 ratusan :( lagi kurang semangat ngeblognya huaaah

    ReplyDelete
  6. Alexaku masih naik turn dibawah sejuta sih, cuma kadang aku merasa tulisan di blog ku terlalu biasa-biasa saja heheh

    ReplyDelete
  7. Blogger juga perlu me Time, agar rilex dan segar kembali pikirannya. nice post mba makasih ya

    ReplyDelete
  8. Semangat ngeblog dan rajin update ^^

    ReplyDelete
  9. Wah artikel ini bikin semangat ngeblog, meski Blogger bukan profesi utama saya, jadi saya lebih fokus kegiatan menulis & Sharing nya, anyway tips Booster nya oke juga tuh

    ReplyDelete
  10. Sepakat dengan isinya.. Konsistensi diperlukan agar bisa terhindar dari rasa sesal.. Semangat ngeblog! Salam kenal semuanya.. :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)