19 May 2016

Tips Mudah Menghadapi Ujian Nasional

Tidak banyak orang tua yang tahu menerapkan sejumlah tips mudah menghadapi ujian nasional. Bahkan diantaranya malah melakukan hal sebaliknya yang  justru bisa merugikan. Tidak sedikit para orang tua yang malah menjadikan anak-anaknya agak tertekan karena diharapkan mampu memberikan  hasil nilai akademis terbaik.

Padahal anak-anak sendiri sudah terbebani dengan banyak materi pelajaran baik dari sekolah maupun tempat bimbingan les belajar. Mengapa saya bisa katakan demikian ? Lantaran saya pernah mengalami hal tersebut. Pada waktu itu memang tolok ukur keberhasilan siswa dilihat dari hasil pencapaian nilai akademis saja.

Sehingga sebagian orang tua pada jaman saya begitu keras menerapkan beberapa aturan dengan tujuan saya bisa memperoleh nilai yang memuaskan dan membanggakan semua orang. Nah itu dia, kan  yang menjadi beban pikiran saya yang masih unyu-unyu dan imut. Merasa menanggung salah dan beban jika saya sampai mengecewakan harapan orang tua.

Saking dikungkung dengan beragam aturan dan kedisplinan ketat, semisal tidak boleh bermain sama sekali dan mengurangi waktu tidur hanya untuk menghafal dan berlatih soal-soal pelajaran yang diujikan seperti membuat derita saya ini terus bertambah. Tapi, untunglah waktu itu mungkin saya termasuk beruntung ding mendapati nilai-nilai Ujian Nasional Akhir yang lumayan bagus.

Lain dulu lain sekarang. Cerita tentang momok jika menghadapi ujian nasional tidaklah begitu menyeramkan. Terlebih saya dibantu dengan informasi aktual yang biasanya saya peroleh dari komunitas blogging saya yang begitu solid. Ada satu momen yang membuat saya takjub dan selalu membekas dalam benak saya. Ketika salah satu blogger senior saya yang begitu bijaksana dan full kindly yaitu bunda Reni Judhanto sharing pengalamannya tentang prestasi putri tercintanya, Shasa yang manis dan imut.

Penampakan cantik plus keibuan sosok Bunda Reni Judhanto (sebelah kiri berhijab pink)
Menurut penuturan Bunda Reni yang cermat sebagai tukang reportase dalam grup, terlebih membaca notulennya yang bisa runtut, rapi penuh detail secara jelas suatu anugerah luar biasa memiliki puteri beranjak remaja yang bisa membawa nama baik keluarga besar bunda Reni Judhanto. Apa pasal ? Karena sang puteri, Shasa juga turut mengharumkan nama kota Madiun hingga dikenal dimana-mana. Berkat prestasi Shasa yang bisa meraih nilai ujian nasional tertinggi di Kota Madiun.

Saya pun turut bangga dan menitikkan air mata haru. Meski Shasa bukan putri kandung saya, tetapi jiwa dana naluri saya sebagai seorang ibu juga ikutan ruh kebahagiaan. Maklum juga, karena saya ikutan membayangkan andai anak mbarep  (sulung) saya juga bisa gemilang mengikuti jejak Shasa pasti juga menguar kebahagiaan yang tiada tara pada keluarga saya. Bismillah, YRA amiiiin.

Tips Mudah Menghadapi Ujian Nasional

Sedikit rangkuman yang bisa saya sharing agar anak-anak bisa tenang, santai dan merasa nyaman dalam menghadapi serangkaian ujian nasional. Itupun setelah saya menelaah bagaimana bunda Reni bisa membimbing puteri kesayangannya untuk lebih fokus menyiapkan diri belajar. Semuanya bisa kok diintip di blog personal Bunda Reni yang berupa curhatan positif di Catatan Kecilku.

Berikut ini ada Tips Mudah Menghadapi Ujian Nasional  diantaranya :
1. Penuhi Gizi Seimbang
Percaya tidak jika tubuh kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk proses  tumbuh kembang akan menimbulkan gangguan penyakit. Sama halnya juga dengan kondisi tubuh anak yang sedang giat belajar. Pastinya lebih membutuhkan asupan makanan bergizi yang seimbang, Demi mendukung sel-sel motorik dan daya konigtifnya bekerja sinergi. Dengan memiliki kecukupan gizi dalam tubuh dimungkinkan anak-anak yang dalam keadaan tubuh sehat bisa berpikir lebih baik dan fokus  mengerjakan sesuatunya dengan cermat.

2. Ajak Relaksasi Bersama
Mungkin hal ini yang biasanya dilewatkan oleh orang tua. Jarang sekali ada orang tua yang memanfaatkan waktu santai semisal bermain atau mengajak ke suatu tempat yang menenangkan pikiran dan hati. Dengan beberapa alasan besok menghadapi hari ujian, atau kuatir anak-anak akan kecapaian karena terlalu lama bermain diluar. Justru jika anak-anak dipaksa terus berkutat belajar tanpa jeda, akan menimbulkan kebosanan dan bisa memicu stres kecil.
3. Jalin Keakraban Komunikasi
Tidak ada salahnya juga sebagai orang tua yang bijak bisa memposisikan diri tidak hanya sebagai orang tua yang disegani melainkan juga sebagai teman yang bisa dipercaya. Alangkah indahnya jika anak dan orang tua bisa saling memahami satu sama lain tanpa adanya unsur keterpaksaan. Dengan begitu akan lebih mudah orang tahu sekaligus menanyakan hal-hal apa saja yang harus disiapkan menjelang ujiannya nanti. Ini bisa menjadi dasar baik anak untuk lebih bertanggung jawab menyiapkan perlengkapan penting untuk ujian nasional yang akan dihadapi segera.

4. Berdoa Khusyuk
Saya yakin saja jika anak-anak dibiasakan dengan berdoa lebih baik dan khusyuk terlebih dalam memohon petunjuk sekaligus restu menghadapi hari jelang ujian nasional dengan sendirinya nanti bisa terlatih untuk lebih menghargai kekuatan religiusnya. Bentuk pemahaman sederhana yang bisa diajarkan kepada anak-anak. Jika menginginkan sesuatu hal berjalan dengan baik dan lancar, setidaknya mereka memohon doa restu yang baik kepada Allah SWT.  Manusia tempatnya untuk berusaha, sementara itu Allah yang akhirnya menentukan segalanya.

5. Simpan Gadget/mainan sementara waktu
Tidak dipungkiri ini era digital tehnologi yang bikin anak-anak usia dini sudah melek dan terbiasa memakai gadget. Dikuatirkan jika terlalu keasyikan bermain dengan gadgetnya bisa menganggu daya konsentrasi belajar. Untuk itu diusahakan anak bisa dinasehati untuk menyimpan gadget kesayangan ataupun games portablenya sementara waktu hingga ujian nasional usai.

Demikian beberapa tips sederhana yang saya praktekkan pada si sulung (Riva Arga) yang kini tengah mengikuti ujian nasional hari ketiga dst. Harapan saya semoga ia bisa menyelesaikan semua soal ujian nasional dengan baik. Tidak ingin hal yang muluk-muluk selain hasil nilai ujian nasional akhirnya bisa support ke sekolahan lanjutan pertama yang menjadi pilihan utama Riva. Mohon doa restunya, ya para pembaca tercinta.

Semoga tips mudah menghadapi ujian nasional ini bisa juga dilakukan siapa saja dengan catatan kita sebagai orang tua bisa jadi motivator utama anak-anak meraih karya prestasi gemilang.

Keep Happy Blogging

10 comments:

  1. tipsnya keren deh...semoga anak-anak kita semua selalu sukses dalam upaya mengejar cita-citanya yaaa...

    ReplyDelete
  2. Saya setuju dengan tips-tipsnya mbak Tanty, bagi saya yang paling susah adalah menyimpan gadget meskipun sementara waktu. Tapi kita juga harus memberi pengertian dengan halus ya bahwa saat ujian sebaiknya nggak pegang gadget dulu :)

    ReplyDelete
  3. anak yang ujian orang tua yang deg2an biasanaya ya

    ReplyDelete
  4. ternyata sesederhana itu ya...
    saya pikir lebih d genjot lagi belajarnya
    makasih mba infonya

    ReplyDelete
  5. tips yang menarik dan sesuai pengalaman. Nomor 5 apalagi. Memang jujur, menyimpan gadget itu lebih membuat fokus ;)

    ReplyDelete
  6. Udah lama gak ujian. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  7. Gak nyangka kalo Dek Tanti masih inget dengan peristiwa setahun lalu itu, saat pengumuman kelulusan Shasa. Makasih masih mengingatnya... :D

    Untuk tipsnya aku tambahin ya... ini tips Shasa sebenarnya.
    Tekun disiplin, itu kunci keberhasilan Shasa. Dia mengatur sendiri jadwal belajarnya berikut apa yang harus dipelajari hari itu dan dia bertanggungjawab untuk mematuhinya, walau terkadang untuk itu dia harus bergadang sampai tengah malam. Sejujurnya, kelebihan Shasa adalah dia tekun dan disiplin jadi semua yang diperolehnya adalah buah dari ketekunan dan kedisiplinannya. Kalau masalah kecerdasan sih, teman2 Shasa jauh lebih cerdas dari Shasa sebenarnya hehehe

    ReplyDelete
  8. Anaknya ujian, yang rempong mamanya hihi. Kalo anakku belajar buat ujian, minta cemilan yang banyaaaak, buat teman belajar kata mereka. Ya sudah kalo musim ujian, mamanya beli cemilan atau buat cemilan sendiri :D

    ReplyDelete
  9. wkwkwk jadi inget dulu waktu ujian :D

    ReplyDelete
  10. wah adek saya harus baca artikel ini nih, soalnya dia sbntar lagi kan mau ujian, oke terima kasih mba infonya dan salam kenal

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)