28 Jun 2016

Bahagianya Si Kecil Sehat Ceria

Credit : Google
Orang tua mana yang tidak merasa bahagia dan paling bersyukur di dunia melihat perkembangan putra-putrinya sehat ceria selama masa tumbuh kembangnya. Kian hari menjadi catatan bersejarah mengikuti kemajuan perkembangan anaknya yang sehat, aktif dan selalu enerjik.

Saya juga mempercayai dengan stimulasi ringan dan asupan makanan bergizi serta minum susu lanjutan setelah masa ASI usai menjadikan buah hati tumbuh kembang pesat secara mengagumkan. Buat saya pribadi yang alhamdullilah bersyukur memiliki sepasang buah hati yang tumbuh menggembirakan. Jarang sekali anak-anak sejak usia balita terserang sakit parah. Kalau sekadar sakit ringan, demam biasa terkena flu ataupun batuk-pilek juga lekas membaik. 

Tidak ada keraguan untuk memberikan yang terbaik pada putra putri saya mulai dari kecil sampai usia sekolahnya kini. Semua dijalani selangkah demi selangkah tanpa mengabaikan asupan gizi dan stimulasi positip demi mengoptimalkan pertumbuhan mereka lebih baik.

Dokpri : omahantik.com ~ bahagianya melihat My Princes Sehat Ceria
Saya selalu bangga *ya jelas, dong anak-anak selalu menjadi pusat perhatian dalam keluarga besar. Banyak sekali yang brtanya bagaimana memiliki anak-anak yang selalu tampak sehat, ceria dan energik selalu.
Anakku selalu rewel nih mbak. Susah sekali untuk makannya apalagi minum vitamin dan susu. Gimana mbak kiat mudahnya agar "manut" dan pinter kayak Cielo ???
Saya sih  menanggapinya sambil senyum-senyum saja. Lha wong gak ada sesuatu yang spesial atau hal khusus. Kuncinya cuma biasakan anak-anak untuk mendapat asupan bergizi diantaranya makanan maupun minuman yang bernutrisi tinggi. Yup, saya memilih susu lanjutan setelah ASI eksklusif selesai.

Pentingkah Minum Susu
Credit : Google
Saya mengamini sedari dulu dan mendukung anak-anak saya meminum susu. Dikarenakan banyak sekali kandungan nutrisi yang diharapkan bisa melengkapi kebutuhan gizi anak-anak sejak kecil. Mulai dari tercukupimya serat pangan yang berfungsi sebagai pendukung Prebiotik dalam tubuh, kandungan mineral meliputi adanya fosfor, magnesium maupun kalsium serta asam lemak tak jenuh yang lebih dikenal sebagai AHA atau DHA, juga sphingomyelin.

Ditambah dengan adanya kandungan lemak serta karbohidrat yang cukup baik menguntungkan para balita bisa beraktifitas tinggi  lantaran fungsi dari nutrisi tadi langsung diubah menjadi energi.  Dengan kata lain susu anak memang sangat bergizi dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak-anak.

Beberapa alasan penting mengapa membiasakan minum susu sangatlah berperan penting dalam tumbuh kembang anak-anak, karena :

1. Dukung Kecerdasan Anak
Kandungan dalam susu sarat akan nutrisi tinggi seperti adanya zat AA, DHA maupun sphingomyelin yang membantu perkembangan sel-sel dalam otak anak. Semakin rutin mengonsumsi minum susu berarti akan memberikan asupan sekaligus nutrisi penting otak bertumbuh kembang.


2. Cemilan pelengkap yang sehat
Tahukah wahai para orang tua bijak.Anak yang terus aktif dan memiliki mobilitas tinggi akan lebih mudah lapar dan haus. Oleh karena itu di sela aktifitas tersebut, anak akan melirik susu sebagai cemilan penahan rasa lapar dan haus. Disamping itu susu lebih cepat dicerna daripada makanan lainnya dan membantu mengatasi kebutuhan cairan anak-anak yang terkuras ketika berolahraga.

3. Miliki Tulang dan Gigi yang sehat
Diketahui adanya kalsium dan fosfor akan menjadikan gigi lebih kuat dan sehat. Sehingga nantinya gigi bisa melindungi dari serangan bakteri mulut, sisa-sisa makanan dalam gigi maupuan asam mulut. Sementara itu tambahan zat magnesium dan protein selain kandungan diatas tadi juga membantu pertumbuhan tulang. Setidaknya dengan membiasakan rutin meminum susu semenjak kecil akan terlinfungi dari gangguan tulang keropos.


4. Lebih bugar, sehat dan aktif
Keuntungan dengan rutin mengonsumsi susu anak adalah terpenuhi kecukupan gizi anak secara baik. Dengan begitu menjadikan tubuh  lebih terasa bugar dan sehat. Kondisi tubuh yang fit dan stamina yang kuat tak ayal akan selalu mendorong anak aktif beraktifitas.

Susu Anak Satu Tahun Friso Gold

Jadi tidak salah dong saya selalu mendukung buah hati saya rutin mengonsumsi susu anak 1 tahun Salah satu bentuk perhatian orang tua bijak yang ingin memberikan nutrisi terbaik sang buah hati. Semua upaya akan berbuah kebahagiaan jika pada akhirnya melihat tumbuh perkembangan anak yang cukup pesat dan baik.

Kiat Penting Memilih Susu Anak

 Untuk bisa memberikan hal terbaik pada jagoan kita, sebaiknya para orang tua bijaksana perlu mengetahui kiat penting dalam memilih susu lanjutan anak yang baik dan tepat. Simak beberapa uraian sederhana berikut ini :

1. Sesuaikan dengan usia sang anak
Hal penting yang patut diperhatikan dalam memilih susu anak anak adalah komposisi gizi yang tidak sama dengan kelompok usia yang lain. Seperti kandungan akan kalori danprotein yang terdapat pada susu formula. Biasanya semakin meningkat usianya juga bertambah asupan kalorinya. Karena itu susu formula dibedakan untuk anak usia 1-3 tahun dan usia 4-6 tahun

2. Pilih susu cair atau susu bubuk

Sebenarnya perbedaannya hanya pada produk susu yang dibuat, sementara untuk kandungan gizi antara susu cair dan susu bubuk sama. Susu bubuk memang dibuat dari proses cair kemudian airnya dihilangkan sehingga tinggal bubuknya saja. Apabila kemudian dicairkan kembali , proses pencairannya tepat seperti yang disarankan dalam kemasan. Sehingga kandungan gizinya setara dengan susu cair. Lihat saja kini banyak susu bubuk yang dikemas secara instan sehingga mudah larut baik dalam air panas maupun yang dingin.

3. Perhatikan Kondisi Anak
Perlu diperhatikan dengan kondisi si anak juga apakah memiliki riwayat alergi atau mengalami masalah dengan pencernaan. Mengingat susu formula kebanyakan yang ada di pasaran berasal dari susu sapi bisa dikonsumsi anak yang bebas alergi. Atau bisa juga memilih susu formula khusus (Hypoalerhenik), susu dengan kandungan protein yang sudah di "hidrolisis", sehingga aman dan mudah dicerna oleh anak. 

4. Ketahui selera anak
Kadang ada anak yang suka minum susu rasa tertentu. Bahkan ada yang cenderung minum susu rasa coklat, rasa strawberi atau yang plain. Tapi perlu diingat juga jika ada anak potensi alergi tertentu, atau pengecualian dengan anak hiperaktif yang menghindari konsumsi coklat. Namanya anak kadang merasa bosan dengan rasa tertentu dan ingin mencoba rasa yang lainnya bisa dimaklumi.

5. Mengetahui komposisi susu
Sebelum membeli dan mengonsumsi susu formula, ada baiknya konsumen bijak mengetahui komposisi pada suatu produk susu. Biasanya susu formula yang diproduksi sudah disesuaikan dengan standar WHO. Diantaranya susu formula yang baik terdapat kandungan vitamin, mineral, asam lemak jenuh, protein, asam folat dan lain sebagainya yang bisa mendukung kesehatan dan kecerdasan anak.

Kembali ada rasa membuncah, apalagi merasakan bahagianya si kecil sehat ceria. Cukup beruntung sekali menjadi orang tua dipercaya mendidik dan merawat anak-anak hingga tumbuh kembangnya kini.
Bagaimana dengan kalian para pembaca budiman, adakah yang memiliki pengalaman sama atau lebih.  Silakan berbagi hal bersama dan saling memberikan semangat parenting.


[ Baca : Disclosure ]

Keep Happy Blogging

60 comments:

  1. Alhamdulillah anak-anaknya sehat n suka minum susu ya Mbak, sama kayak Aim
    kalo Aim sukanya minum susu kotak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aim juga suka ya ntar dedek Airanya juga suka juga y😊

      Delete
  2. Mari mencerdaskan bangsa dengan memulai memperbaiki makanan minuman yang dikonsumsi sejak dini. :D

    ReplyDelete
  3. Sedih rasanya kalau lihat anak sakit. Sampai turun selera makan kalau keadaan anak murung dan lesu. Segala cara dilakukan agar si kecil kembali ceria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata ortu bijak 5 tahun pertama anak masa rawan terkena sakit, makanya berhati 2lah dalam menjaga anak2 hehe

      Delete
    2. Kata ortu bijak 5 tahun pertama anak masa rawan terkena sakit, makanya berhati 2lah dalam menjaga anak2 hehe

      Delete
  4. Anakku juga mengkonsumsi susu loh, Mbak...

    ReplyDelete
  5. Iya Mbak, memang paling seneng kalo liat anak sehat dan ceria ya..
    maka dari itu, susu penting sekali untuk tumbuh kembang mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu salah satu unsur penting pembangun energi n kecerdasan otak anak

      Delete
  6. Iya ya mba kebahagiaan orang tua melihat tumbuh kembang anak yang optimal dan sehat. Kadang demi anak dibela belain laj ga punya duit juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti umar juga suka minum susu y mbaak.asyik☺

      Delete
  7. Ghifa kalau minum sufor pilih-pilih Mbak, dia suka yang manisnya nggak terlalu. Padahala susu yang kayak gitu kan agak mehong ya. Tapi demi anak saya lakoni. Thanks for sharing, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah adik Ghifa pinter dong, udah bisa bedaain rasa.Hehe iya mbk Ika demi anak semua diupayakan☺

      Delete
  8. Yang paling bikin hati ibu bahagia emang ketika anak2 sehat dan ceria ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget ya mbaak wati, semua ibu kayaknya sama.

      Delete
  9. gak cuma anaknya..sang emak juga doyan susu..hhehehhe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe berarti ntar kalo dedeknya kekenyangan jadi gak mubaadzir dong karena diminum sang mama

      Delete
  10. Iya mba.. setuju. Untuk susu anak penting bgt kita care dan cari tahu bener mana yg cocok... yg sesuai dan memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang si kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatian ortu tentang yg terbaik buat sang anak merupakan tugas dan kewajiban orangtua yg bijak

      Delete
  11. Ternyata untuk susu anak banyak hal yang harus diperhatikan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong mbk Titis anak hal yg terpenting dlm hidup ini

      Delete
  12. saya senang banget ngelihat anak saya rajin minum susu dan saya suka sedih kalo dalam sehari anak saya gak minum susu Mba..

    ReplyDelete
  13. Setuju mbak.. Anakku aja alhamdulillah sehat meskipun porsi nasi dan susu banyakan susu nya

    ReplyDelete
  14. Setuju mbak.. Anakku aja alhamdulillah sehat meskipun porsi nasi dan susu banyakan susu nya

    ReplyDelete
  15. Iya mak, bahagia anak bisa sehat terus..makasii sudah berbagiiiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak adalah harta yang tiada ternilai mbk☺

      Delete
  16. Kenes banget ya. Hihihi. Minum susu memang bagus untuk pertumbuhan, tapi harus sesuai dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang nih si centhil aktif n kemayu auntie silpi

      Delete
  17. Anak sulung saya, kalau minum susu UHT selalu jadi super aktif, bisa berlarian terus seharian ampe pegel juga ngeliatnya. Mungkin ada komposisinya yang bikin dia seperti itu kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tanda2 anak kreatif, cerdas dan aktif masbro☺

      Delete
  18. biar bahagianya bertambah banyak, anaknya juga harus ditambah banyak lagi ya mba :D hehehe

    ReplyDelete
  19. Anakku sekarang lebih suka minum susu cair, kalo dulu susu bubuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 enak dan bergizi sebenarnya kok mbk,☺

      Delete
  20. Bener banget, anak ceria itu anugerah tersendiri ya Mba.. :)

    dedeknya gemesin deeeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur alhamdullilah pokoknya bisa memiliki anugerah anak mbak🙏

      Delete
  21. sekarang susu sdh menjadi kebutuhan dan gaya hidup
    makanya ada gerakan nasional minum susu...
    supaya generasi kita jg pintar dan cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul3x gerakan minum susu bisa menjadi simulasi baik untuk mengenalkan minum susu pada anak2 kecil☺

      Delete
  22. anakku suka banget susu mbak...

    ReplyDelete
  23. Setuju sama point ke 4. Selera anak tetap yg jadi utama ya Mbak, dulu aku pernah tiwas beli rasa madu dalam box besar ternyata anakku nggak suka, daripada mubadzir aku buat eskrim saja susunya. Hahaha..

    ReplyDelete
  24. aku juga selalu memperhatikan selera anak, pernah beliin susu yg kupikir lbh baik tapi nyatanya mereka ogah minum :(

    ReplyDelete
  25. Anakku juga suka susu, tapi kubatasin gak lebih dari 500 ml perhari, sebab aku pengennya mereka banyak makan hehe.

    ReplyDelete
  26. Waktu kecil anakku suka banget susu, Mbak. Sekarang sudah nggak begitu. Paling sehari sekali aja. Tapi makannya lumayan banyak.
    Emang harus pintar memilih susu terbaik buat anak2 kita yg bakal jadi penerus bangsa, ya :)

    ReplyDelete
  27. orang tua pasti selalu berharap anak-anaknay sehat ya

    ReplyDelete
  28. Anak-anakku minum susu sampai kelas 3-4, setelah itu ngg mau lagi mba

    ReplyDelete
  29. Penting banget memang membuat anak tetap sehat dan ceria

    ReplyDelete
  30. Anakku doyan minum susu, mba
    Aku juga suka. Terasa sekali manfaatnya :)

    ReplyDelete
  31. Asma mah suka semua jenis susu. :D

    ReplyDelete
  32. Anakku juga suka banget ama susu, mba.
    Susu emmang membantu pertumbuhan tulang dan gizinya pun lengkap

    ReplyDelete
  33. Apalagi anak balita lagi aktif2nya ya mba, harus diselingin minum susu utk asupan nutrisinya, makasi sharingnya mba Tanty, kadang aku aja suka lupa buatinnya :'

    ReplyDelete
  34. hemm jd pgn cpet2 nikah n punya anak

    ReplyDelete
  35. Susu sbg sumber protein, bagus jg untuk meningkatkan daya otak

    ReplyDelete
  36. aku dari kcil gk trlalu suka minum susu, makanya badanya kecil gini

    ReplyDelete
  37. Waah, seneng kalo lihat anak2 ceria karena tandanya sehat ya

    ReplyDelete
  38. 2-2 nya anakku alergi susu mbak pas bayi nya.. Mereka memang ga asi sih dr umur sebulan.. makanya dulu aku rempong milih susu yg cocok. Alergi si kaka lbh parah dr adeknya, jd susunya bnr2 khusus dan itu susah bgt dicari -_-. Tx God menjelang umur 2 thn alerginya ga kambuh lagi, jd skr dia udh bisa minum susu cair yg biasa.. tp adeknya msh blm kluar dr fase alergi. Jd susunya masih yg hypoallergic.

    ReplyDelete
  39. truly the most important thing.. anak-anak sehat dan bahagia :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)