14 Jun 2016

Serba-Serbi Tentang Susu Ibu Hamil

Credit : ibudanbalita.com
Serba-serbi tentang susu ibu hamil ada baiknya diketahui para ibu yang menjalani proses kehamilannya pertama kali. Terlebih jika sang ibu hamil tersebut jauh dari keluarga ataupun kerabat dekatnya. Bisa-bisa ibu yang tengah hamil mengalami banyak gangguan di tengah kehamilannya.

Pengalaman saya saat hamil anak pertama dulu bisa dikatakan sembrono. Awalnya agak shock mengetahui sudah berbadan dua. Bukan masalah apa, sih melainkan saya dan suami sedang merintis usaha di rumah kontrakan. Terbayang sekali segala kerepotan berusaha hidup mandiri jauh dari keluarga. Semua serba dikerjakan sendiri.

Hamil pertama kali membutuhkan proses kesabaran yang lumayan menguras tenaga. Lantaran semua urusan dalam negeri rumah tangga saya kerjakan sendiri tanpa bantuan PRT. *cie sok wonderwoman ^_^.
Rasa penat yang bertumpuk-tumpuk yang secara tidak langsung menjadikan saya kurang concern dengan hal-hal yang harus saya lakukan pada awal trisemester kehamilan.  

Pola makan yang kurang tepat dan tidak selektif  dalam mengonsumsi makan ataupun minuman. Semisalnya saya lebih suka jajan makanan cepat saji ataupun sering minum soft drink. Mikirnya suka yang lebih praktis dan mudah digapai ketimbang membuat jus buah yang perlu tetek bengek mulai menyiapkan beberapa buah-buahan yang diinginkan, gula pasir, air matang serta es jika diperlukan. Beda kan jika minum langsung dari minuman kaleng yang rasanya penuh sensasi semriwing  (mungkin ditambah campuran soda) bikin nikmat seketika saat masuk ke tenggorokan. Cleguk-cleguk, segaaaar.

Credit : foto Pixbay.com
 Alih-alih untuk bisa minuman sehat dan menyegarkan,ya. Seringnya beberapa teman saya yang kebetulan sedang berombongan hamil. Alias sama-sama mengandung, ada yang mengalami antipati dengan minuman menyehatkan. Bahkan tidak sedikit diantaranya merasa tidak akrab untuk rutin mengonsumsi susu. Salah satu penyempurna dari makanan. Inget, kan makanan 4 sehat 5 sempurna. Nah, jajaran susu dianggap mewakili sebagai nutrisi terbaik.

Apakah Susu Menjadi Komponen Penting ?
Yup, saya jawab tegas. Kalau saya katakan susu menjadi komponen penting dalam melengkapi nutrisi gizi ibu hamil. Menginginkan tumbuh kembang janin berjalan sempurna sehingga nantinya mendorong menjadi sosok yangg berkualitas.
Sayangnya, tidak semua ibu hamil bisa dengan mudah minum susu. Ada juga yang sedang hamil muda merasa tidak berdaya menjalani proses kehamilannya yang dipenuhi rasa mual dan muntah jika dipaksa minum susu.

Hih keingetan saya merasa mabuk keliyengan mencoba minum susu ibu hamil pada mulanya. Maksut hati ingin mencoba memberikan yang terbaik, malahan dipenuhi rasa mual, muntah-muntah berkepanjangan serta lidah berasa pahit

Ada yang menganggap saya *agak manja dan ingin diperhatikan suami. (Bisa jadi) Hehehe. Namun menurut keterangan kesehatan keadaan hamil muda yang disertai gangguan mual dan muntah-muntah pada waktu minum susu lantaran kondisi intoleransi laktosa. Gangguan yang ditimbulkan pada sistem pencernaan yang tidak bisa mencerna baik zat laktosa dari susu sapi sehingga bisa menyebabkan rasa mual dan diare (baca : sakit perut).

Tapi tidak perlu kuatir kondisi tersebut biasanya diawal-awal semester kehamilan. Setelah itu berjalan lagi kondisi normal. Tidak ada salahnya kembali mencoba minum susu sesuai dengan selera yang diinginkan. Kalau saya sih  seringnya susu rasa cokelat kadang diselingi rasa moka. Hemmm yummy ^_^. 

7 Keuntungan dari Susu Ibu Hamil
Susu ibu hamil benar-benar menjadi komponen penting karena memiliki khasiat yang tidak main-main. Bahkan dokter kandungan malah  menyarankan ibu hamil HARUS mengonsumsinya. Susu menjadi salah satu makanan penambah gizi, vitamin dan mineral karena mengandung nutrisi kompleks.


1. Pelengkap kandungan protein baik

Membantu ibu hamil dalam pemenuhi kandungan protein. Dengan kecukupan protein yang baik dimungkinkan memperbaiki plasenta sebagai jalan masuknya gizi dan nutrisi bagi wanita hamil, membuat sirkulasi darah lebih lancar, menjaga kesehatan payudara serta bisa menguatkan rahim.

2. Sumber vitamin D
Ternyata rutin meminum susu  menjadi salah satu sumber vitamin D yang penting. Apalagi vitamin D diperlukan juga untuk mengantisipasi terjadinya berat badan bayi rendah dan "Rakhitis Neonatal". Minum susu diyakini memenuhi asupan gizi vitamin D hampir 60%.

3. Mengurangi rasa mual
Biasanya ibu hamil mengalami gangguan mual seperti "Morning Sickness" yang bisa diminimalisir dengan rajin mengonsumsi minuman susu dingin. Selain itu juga bisa membantu meringankan sakit maag  maupun gangguan lambung lainnya..

4. Memiliki Kandungan Kalsium Tinggi

Terpenuhinya kandungan akan kalsium yang tinggi di masa kehamilan akan membantu proses pertumbuhan dan kesehatan yang baik untuk janin dalam kandungan. Seperti memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi dan mengantisipasi terkena osteoporosis.

5. Penambah Cairan Sehat Tubuh

Dengan pemenuhan minuman susu yang teratur tiap harinya bisa meningkatkan  asupan cairan sehat  di masa kehamilan. Jangan ragu teratur meminum susu sebagai penambah cairan yang sehat bagi tubuh. Jika tidak dikuatirkan akan banyak resiko yang bisa terjadi ketika  ibu hamil mengalami dehidrasi (kekurangan cairan pada tubuh). Seperti penurunan volume darah, demam tinggi, menimbulkan gangguan sembelit,  mengalami rasa nyeri saat persalinan bayi prematur atau menghambat kelancaran produksi ASI

6. Mendukung pembentukan pada jaringan bayi
Susu yang mengandung vitamin A ditengarai bisa mendukung pembentukan pada jaringan tubuh untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bayi.Dianjurkan untuk ibu hamil rutin mengonsumsi susu yang telah diformulasikan sebagai susu ibu hamil. Bayangkan saja jika ibu hamil rajin memenuhi asupan asam lemak Omega 3 dan Omega 6 turut berperan menunjang pertumbuhan pada sel otakk dan retina janin. Belum lagi kecukupan akan vitamin, zat besi, kolin, asam folat menjadi nutrisi  baik dalam masa kehamilan ibu dan janin

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Diakui wanita yang hamil akan memerlukan  nutrisi protein yang lebih tinggi sekitar 80 gram daripada wanita yang tidak hamil Sedangkan mereka yang dalam keadaan normal hanya memerlukan sekitar 60 gram nutrisi protein saja. Sayangnya tidak bisa hanya dengan mengandalkan melalui makanan saja,oleh karena itu diperlukan minum susu bermanfaat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Wah betapa pentingnya mengonsumsi susu ibu hamil yang sarat dengan nutrisi. Jangan sampai menunda apalagi mengabaikan hal satu ini, ya. Sudah sepatutnya kita para ibu bijaksana dan bertanggung jawab atas kehamilan yang berjalan selama sembilan bulan. Sebagai perwujudan rasa cinta tulus terhadap janin dalam perut, inilah perjuangan sejati ibu.

Bagaimana para pembaca sudah mantap akan pentingnya susu ibu hamil ??? Setidaknya mulai bisa dipersiapkan dari dini dengan mengetahui serba-serbi tentang susu ibu hamil. 

Keterangan :  All post refers to Disclosure

Keep Happy Blogging

24 comments:

  1. Aku jaraaaang minum suau hamil, banyakin makanan yg dibutuhkan aja sbg suber folat, kalsium, dll. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikannya ada yg getol ya pastinya doyan bangt dong

      Delete
    2. Kebalikannya ada yg getol ya pastinya doyan bangt dong

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Saya malah bisanya minum susu caur/uht yg plain itu aja mbak wkt hamil.
    Susu lain termasuk susu hamil malah eneg

    ReplyDelete
  4. Aku nggak seberapa suka susu, tapi waktu hamil dulu kupaksain deh minum susu ibu hamil biar sehat, baby nya juga. Pilih yang rasa cokelat :)

    ReplyDelete
  5. Aku nggak begitu suka minum susu, tapi pas hamil minum sih, ga mewajibkan diri buat minum tapi.. Hehe

    ReplyDelete
  6. huweehhh... Kalo gitu, ga hanya ibu hamil aja yg memiliki keuntungan lebih meminum susu utk menambah vitamin D. Aku juga perlu nih buat minum Susu, biar ga terlalu kerempeng :D

    ReplyDelete
  7. Aduh... sudah tidak ingin hamil lagi. Cukuplah 2 saja

    ReplyDelete
  8. Saya kira semua susu untuk ibu hamil itu memiliki rasa yang enak mbak ternyata ada juga ya yang memiliki rasa yang tidak begitu disukai dan bahkan sampai menimbulkan mual mual.

    ReplyDelete
  9. Pas trimester pertama, saya juga mual kalau minum susu ibu hamil.
    Kalau masa mabok dah lewat sih enak aja minum susu.

    ReplyDelete
  10. Kalau hamil asupan ibu mesti dijaga bener ya mba biar cadebay sehat dan dpt nutrisi yg tepat pula di dalam sana. Waktu hamil dulu suami saya getol bgt soal susu ini.

    ReplyDelete
  11. aku 2 kali hamil ngga pernah minum susu ibu hamil mba hehehe...bahkan waktu aku tanya di Australia dan Swiss apakah ada susu khusus ibu hamil, ternyata memang ngga ada :)

    ReplyDelete
  12. Aku suka minum susu hamil saat hamil, aku susu apapun mah suka, penggemar susu soale :))

    ReplyDelete
  13. Aku pas hamil selalu minum susu hamil, mba. Bergizi banget jadi yaa pas kan buat kesehatan mbaa

    ReplyDelete
  14. aku termausk fans berat susu.. jadi tiap hamil pasti minum susu ibu hamil biasanya

    ReplyDelete
  15. Jadi inget waktu hamil muda, Mbak. Mau minum susu, takut mual. Akhirnya pilih susu untuk ibu hamil yang anti mual. Dipaksain masuk, soalnya inget pentingnya nutrisi untuk ibu hamil.

    ReplyDelete
  16. Aku hamil ini ga begitu doyan susu hamil ig mbak, duuh pie yaa??

    ReplyDelete
  17. beda orang beda pilihan dan beda selera ya Mbak, temenku gak suka susu semenjak gadis, pas hamil dia sama sekali gak mau minum susu, Tapi akuuu doyan banget sama susu, jadi apapun kondisinya aku tetep minum susu

    ReplyDelete
  18. selamat atas kehamilannya, Mak.

    hamil ketiga kemarin, aku jarang minum susu ibu hamil. Soalnya aku takut gendut, haha. efek anakku lahir dg BB besar, jadina pas hamil kemarin, aku jarang minum susu ibu hamil. Karena susu ibu hamil termasuk yg bikin cepet gendut. Jadina minum susu UHT aja utk kalsium, itupun jarang2.

    ReplyDelete
  19. saya minum susu hamil hanya pada awal kehamilan ajah Mba, saat itu tujuan saya minum susu hamil untuk menghilangkan mual dan muntah :)
    memasuki trimester kedua saya hentikan mengkonsumsi susu hamil karena udah nggak mual muntah lagi, makanpun lebih "rakus" :)

    ReplyDelete
  20. Aku segala susu doyan, hahaha...hamilnya ngebo sih, jadi segala masuk yg penting bagus buat baby :)

    ReplyDelete
  21. Ubu hamil butuh kalsium tinggi yaaa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)