12 Oct 2016

7 Tips Mudah Mempercantik Halaman Minimalis Agar Betah di Rumah

Credit : Google
Seperti biasa namanya anak-anak tidak pernah mengenal lelah. Berlarian kian kemari apalagi jika diajak dolan ke suatu tempat atau rumah yang dirasa nyaman dan menyediakan keleluasaan ruang gerak. Mau jungkir-balik,  petak umpet atau berguling-guling di dasar lantai.
 Senengnya  aku main disini. Tempatnya baguuuuus banget

Si kecil cantik syalala ini memang suka bikin mamanya lumayan tengsin alias malu sama empunya rumah yang notabene teman satu sekolahan. Kebetulan memang ada acara outbond dan pulangnya mampir sebentar sekedar bersilahturahmi. Hahaha kebiasaan emak-emak gaul deh ^_^.

  Mah bikinin seperti ini yaaa biar rumahnya jadi indah, cantik dan berwarna

Kata-kata si cantikku imut sambil menuding sekelompok tanaman hias yang tertata rapi di sekitaran halaman rumah. Emang siiih cantik dan mempesona jadinya.
Hadeeeh !  Sudah saya kedipin berkali-kali tetep saja si kenes ini terus mengekpresikan kebahagiannya. Tanpa sungkan-sungkan meminta saya memenuhi apa yang diharapkan. Pokoknya yang menurutnya bagus dan menyenangkan hati. Tuuuh susahnya *minta ampun. 

Kadang ada benarnya sih, mengingat anak-anak sering minta main keluar rumah. Sudah diberitahu ada jam-jam tertentu bermain di luar, tetap saja mereka bandel dan susah mengerti.  Sepertinya mereka bosan terus terkungkung hanya diam dalam rumah.

Namun jika mau *lebih sedikit berusaha susah payah (maaf ini menurut versi emak rempong) ada solusi untuk membuat suasana yang baru supaya mereka bisa mengeksplore sesuatu di sekeliling rumah saja. Salah satunya dengan bongkar pasang bagian dari rumah seperti halaman yang selama ini kesannya cuma itu-itu saja. Terlalu fokus dengan interior rumah tangga dan yang berdekatan di dalamnya, penataan dapur atau serambi depan. Bener, kan umumnya demikian.

7 Tips Mudah Mempercantik Halaman Rumah Minimalis
Kini waktunya untuk mulai berpikir ke depan, bagaimana upaya menciptakan perubahan baru agar semua anggota keluarga bisa menikmati kebersamaan meski di rumah saja. Coba mengulik dari sisi halaman rumah saja yang sebelumnya dibiarkan tidak terurus. Iyaaa betul bukan?

Halaman di rumah kerap kali tidak sesuai dengan keinginan. Mulai dari luasnya, tanaman yang menghiasinya, dan juga kecantikan dari taman itu sendiri. Padahal, tentunya setiap pemilik rumah ingin taman atau halaman rumahnya tampak asri dan menarik untuk dilihat. Ingin mewujudkannya ? Mudah saja ikuti sejumlah tips mudah mempercantik halaman rumah minimalis sebagai berikut :

1. Buatlah Jalan Setapak
Tidak pernah terpikir sebelumnya fungsi estetika dalam menghias taman ternyata bisa dengan memberikan sentuhan kreatif seperti membuat jalan setapak pada taman rumah. Bahan pembuat jalan setapak sendiri bisa bermacam-macam. Mulai dari semen biasa, batu bata, batu kali, batu alam, hingga kayu. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan selera hati sesuai dengan konsep yang diusung di taman.

2. Tanaman Cantik

Ciptan kesan berbeda di halaman rumah juga bisa dipermanis dengan cara menanam beberapa tumbuhan dan juga tanaman di halaman. Tanam beberapa bunga yang menyegarkan mata semisal bunga sepatu,  mawar, melati, anggrek, bunga matahari, hingga bunga tulip untuk mempercantik taman rumah. Selain itu juga bisa ditanami sejumlah pohon hias yang diharapkan menyejukkan rumah.

3. Jadikan multifungsi
Halaman rumah yang dipermak cantik bisa juga  menjadi tempat multifungsi. Seperti  tempat bersantai, tempat menyapa tamu, tempat menghabiskan waktu untuk keluarga. Bahkan juga dapat menyimpan furnitur di teras rumah yang menghadap ke taman. Selain itu bisa juga dibangun gazebo mini atau pendopo di dekat halaman rumah.

4. Pasang ornamen / hiasan rumah menarik
Tidak ketinggalan dalam mempercantik halaman minimalis agar betah di rumah tentunya dengan memasang sejumlah ornamen/ hiasan rumah yang menarik. Gnome atau patung-patungan dapat dijadikan pilihan hiasan.

5. Manfaatkan ruang vertikal
Menyiasati lahan yang terbatas bisa juga dengan cara menanam tanaman dalam posisi vertikal sehingga lebih menghemat tempat. Tanamlah tanaman dengan menyandar ke dinding untuk memaksimalkan ruang. Atau bisa saja berinovasi dengan menciptakan pot gantung atau pot dinding.

6.Lighting cukup
Memasang lampu atau penerangan yang cukup pada lahan taman yang ada akan memberikan panorama tersendiri. Adapun ada beragam jenis lampu taman yang dijual di pasaran. Yang patut dipperhatikan dalam membeli lampu yang dirasa sesuai dengan konsep taman yang dikehendaki. Semisal nih  membeli lampu sorot yang dipasang di salah satu sisi rumah dan ditembakkan ke arah taman agar taman menjadi lebih terang pada malam hari. Cobalah untuk membeli lampu yang berjenis CFL atau LED agar lebih ramah lingkungan dan juga hemat listrik.

7.Buat inovasi kreatif
Tidak ada salahnya jika keluarga membuat acara kecil di halaman rumah. Seperti mendirikan tenda/kemah atau memasang ayunan kecil di pancangkan di pohon. Konsep rekreasi di alam luar akan membuat anggota keluarga terutama anak-anak bahagia dan mengingat momen tak terlupakan.
Buat saya pribadi tentu cenderung memilih solusi tips diatas yang lumayan praktis tanpa harus repot menghitung-hitung biaya tata ulang menyulap halaman rumah menjadi asri dan cantik. Apalagi saya membeli rumah tipe kecil 36 yang umum ada perumahan atau rumah dijual di Bandung, Surabaya, Semarang dan beberapa daerah pastinya memiliki lahan yang sempit dan terbatas.

Sudahlah enggak usah dipikirin soal rumah lahan sepetak,  yang penting aplikasikan solusi praktis dalam  7 tips mudah mempercantik halaman minimalis agar betah di rumah. Hehehe. Lihat saja, bagaimana nanti anggota keluarga di rumah akan menyambut antusias perubahan yang ada. Duh, keren bingits !

Keeps Happy Blogging





8 comments:

  1. Rumah saya bener-bener minimalis masuk gang sempit, Mak. Udah nggak bisa dipasang jalan setapak, hahaha... *ketawa miris*

    ReplyDelete
  2. Mksh tipsnya Mba.. Memang sih rumah dgn lingkungan yg asri bikin betah di rumah ya Mba..

    ReplyDelete
  3. Halaman rumahku sedang berantakaaannn, banyak barang, hahaha. Mau nata2 masih malas :(

    ReplyDelete
  4. Halaman rumahku luas, tapi induk semangku yang merawat (maklum kontraktor :)) )
    Gak sabar punya rumah sendiri supaya bisa menata halaman sendiri :D
    Moga2 keturutan aamiin Ya Allah #numpangdoa :))

    ReplyDelete
  5. sebenarnya perawatannya jg penting ya... kdg kita semangat pas awal, begitu sdh jadi rutinitas eh malah bosen... terus jd tdk terawat...

    ReplyDelete
  6. aku pengennya ada taman yang hijau hijau biar segar di mata :)

    ReplyDelete
  7. Pinginnya punya halaman luas ....
    Bagus nih idenya.

    ReplyDelete
  8. Asyik kali ya bikin rumah pohon buat tempat main anak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)