18 Oct 2016

Hal Terpenting Saat Menyusun Liburan Menyenangkan

Credit : thinkdigital.travel
Hi, sobat kece! Adakah yang kepengin liburan panjang dan berencana untuk bepergian, apa yang terlintas dalam benak pertama kali? Ngajak teman? Tempat wisata? Bukan. Duit, dong, yang harus pikirkan. Kalau tidak ada dana tentu mustahil bisa mewujudkan liburan di tempat yang indah bersama teman. Benar, nggak?


Sekedar membayangkan bersenang-senang bersama orang tercinta, sahabat di tempat wisata populer seperti Bali, Lombok, Papua, bahkan ke luar negeri sekalipun bisa dilakukan dan hanya direncanakan kapan saja. Namun dengan perencanaan dana yang sudah dipersiapkan, sehingga bisa segera mengeksekusi mimpi.


Dana memang bukan segalanya, tapi dengan dana yang cukup segera bisa mengestimasi segala macam akomodasi dan tetek bengeknya yang harus dipersiapkan. Perlu dipikirkan pula membeli beberapa cinderamata atau buah-tangan dari budaya setempat.  Apalagi bangsa Indonesia yang kaya keragaman alam, budaya, serta kulinernya tidak menampik cinta akan oleh-oleh khas setempat.





credit : mirror.co.uk

So,pastikan semua persiapan berikut dana memadai, dijamin destinasi yang akan dilalui serasa have fun saja. Kemudahan langsung dalam mencari akomodasi yang cocok. Tiket, hotel, dan berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk liburan di sana. Soal pemesanan tiket dan hotel tentu bukan perkara yang sulit di jaman seperti ini. Lihat saja banyak perusahaan beramai-ramai menawarkan fasilitas terbaik dalam pemberian servis untuk pemesanan hotel dan tiket pesawat di berbagai tujuan di Indonesia. Tak jarang lho mereka memiliki promo di waktu-waktu tertentu. Nah ini banyak hunter yang keranjingan  dengan sejumlah diskon istimewa hotel.


Bisa juga nih memanfaatkan info rekomendasi dari sejumlah teman yang sudah berpengalaman travelling dalam pemesanan secara online daripada langsung melakukan pembelian di tempat, khususnya hotel. Biasanya travel agen online itu memiliki harga yang lebih murah daripada pemesanan langsung plus jaminan ketersediaan kamar.


Nyesek, dong, andaikata sudah capek-capek datang ke hotelnya, lalu  memesan kamar dan … habis! Atau kalau nggak, tersedia kamar tapi dengan harga yang tinggi. Hadew ini menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan apalagi datangnya bersama-sama keluarga besar. Tidak bakalan deh  mendapatkan potongan khusus menginap dari hotel yang ada apalagi mengharap penawaran harga corporate rate.




credit : wheretotravel.today

Berdasarkan pengalaman yang ada, orang pastinya akan merasa lebih nyaman dan puas jika semua yang diharapkan berjalan baik mulai dari pemesanan tiket perjalanan, mendapatkan penginapan syukur-syukur ada promo spesial di dalamnya . Semuanya diperoleh dari referensi beberapa teman, atau pun review para travelling blogger. Nah, tuh CATAT baik.


Saya sih  meyakini teman-teman yang menuliskan banyak review dengan tingkat kepuasan yang sama biasanya berdasarkan user experienced yang sudah dialami sebelumnya. Makannya tidak perlu terburu-buru memutuskan suatu hal yang berkaitan dengan liburan menyenangkan, atau mendadak memilih hotel begitu saja. Bisa-bisa liburan yang diharapkan exicted berubah menjadi amburadol dan mengecewakan.



Credit : Google


Kini lazim melakukan pemesanan melalui online travel agensi acap dilakukan oleh banyak orang yang ingin bepergian. Keuntungannya lebih menghemat waktu dan tenaga untuk tidak bolak-balik pergi. Cara pemesanannya pun mudah dan rata-rata petunjuk dan alurnya bisa dimengerti oleh orang awam sekaligus.


Tapi jangan lupa untuk selalu membaca peraturan dan ketentuan dari mereka apakah, misalnya, harga yang tertera sudah termasuk pajak atau belum, harga hotel yang dipesan sudah termasuk paket sarapan pagi atau belum, ketentuan pemesanann ekstra bed, dan juga biaya-biaya lain yang mungkin akan dikenakan di luar harga yang tertera. Lepas dari itu, tidak ada yang susah dalam melakukan pemesanan akomodasi melalui online travel agensi.  Lumayan gampang ,kan ?


Nah, berhubung sudah terpecahkan masalah pendanaan, destinasi, dan bakalan mengajak siapa saja untuk meghabiskan masa liburan, menjadi satu pertanyaan tak kalah seru saat menyusun liburan adalah: berapa orang yang akan menunggu cinderamata atau oleh-oleh nanti yaaa? Penting,kan? Selamat membuat daftarnya. Siapa tahu butuh dana tambahan sekedar untuk menyenangkan hati orang.


Keeps Happy Blogging

11 comments:

  1. mesti well prepare kalo mau liburan biar asyik :)

    ReplyDelete
  2. Ah...iyaya..
    Kadang banyak hal terlupa kalau sudah dapat tiket.
    Term and condition nya tetap harus diperhatikan.

    Haturnuhun, mba...

    ReplyDelete
  3. Biasanya aku selalu cari referensi setiap kali mau bepergian mba.

    ReplyDelete
  4. Kalau online memang sangat menghemat waktu. Tinggal telpon dan pesan. Tapi harus yg bener-bener bisa dipercaya ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. sy msh prefer pesan online sih mba...biar lebih tenang aja plus suka ada promo2

    ReplyDelete
  6. Kalau booking via online emang harus jeli, terutama masalah harga :D dan, budget tambahan untuk oleh-oleh juga harus masuk ke list, karena temen-temen yg gak ikut liburan pasti menunggu 'sesuatu' yg bukan hanya cerita dan fotonya ajah, xixixixi..

    ReplyDelete
  7. Sekarang semuanya serba mudah yaa mba,bener mba asal ada dana semua beres :)

    ReplyDelete
  8. Aku udah pernah ngalami ngemper gegara gak dapat kamar hotel. Kapok deh, sekarang milih booking online aja.

    ReplyDelete
  9. Kalimat terakhir adalah yang paling sering bikin kantong jebol justruuuu, hihihi. Keluarga besar jadi oleh2nya harus banyak, hahaha.

    ReplyDelete
  10. Jadi kangen liburan manja ihik ihik

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)