27 Oct 2016

Ngeblog Jadi Pasion Hidup Selamanya

credit foto : Google
Hai sobat Omahantik, adakah yang pernah mengalami pergi tanpa tujuan yang jelas ? Pastinya susah dibayangkan, bukan ? Ingin pergi ke suatu tempat tanpa arah tujuan yang pasti tentunya akan membingungkan diri sendiri. Serba salah dan mengalami ketidakpastian yang teramat mendera.

Duh, metaforanya kok susah ditangkap yaa. Tenang, saya coba jelaskan lebih detail nih. Satu sisi dari pengalaman hidup yang pada akhirnya menuntun ke arah kebenaran yang selama ini saya cari-cari. NGEBLOG.

Dunia Blogging
Andai saja saya tidak resign mengajar di SMK atau saya tetap berkutat jadi asisten teman sebagai internet marketting, tidak bakalan saya melirik-lirik tuh namanya dunia blogging. Hmmm terlalu sombong diri *akh bukan juga, mengingat saya terlalu fokus dengan agenda Waka kurikulum sekolah. Namun setelah saya fix  resign jadi ibu rumteng biasa ajaah.

A little bit shock memang saya akui saja. Dari wanita pekerja yang handle detail hingga petang, sekarang berjibaku dengan urusan rumah yang tidak pernah ada selesainya. Beneran gaak'sih. Bayangkan pekerjaan sebelum subuh pagi hingga petang jelang malam, selalu saja dikejar urusan rumah tangga. Hmmm anggap saja hal merepotkan namun menyenangkan *anggapmenabungpahaladunia ^_^

Sisi lain yang kadang menyeruak dan menyisakan getir, saat detik-detik jelang akhir bulan. Gimana gak ngerasa ngenes atau baper ? Rasanya jauh dalam hati kok jadi iri pengin dapat gajian bulanan.*Lirik teman-teman yang masih eksis bekerja. Bikin diri minderan ,berkecil hati, atau enggan pergi sekedar bersosialisi. Penginnya berdiam diri, menutup dari hingar bingar dunia. Walaaah, segitunya :D

Dilema luar biasa seorang unemployee atau wanita non pekerja. Tiap bulannya tergantung dengan gajian suami, sang kepala keluarga. Merasa terpasung kebebasan finansial ? Biasanya bebas untuk memuaskan diri sekedar berbelanja kosmetik, tergiur diskonan ini itu dan sesekali have fun party dengan sahabat dan rekan kerja. Saya kira manusiawi, hidup memang perlu berproses- begitu pula saya dalam menjajaki kehidupan baru. Yakni ikhlas dan fokus mengabdikan diri untuk keluarga.

Dalam hati kecil, masih tersimpan harapan saya harus bisa kembali menemukan semangat menjalani aktifitas kehidupan. Tidak ketinggalan keinginan mengaktualisasikan kemampuan diri sesuai ilmu yang dimiliki di masyarakat luas. Akh harapan manis itu sepertinya membumbung tinggi belum tergapai. Saya kurang greget saja jika memposisikan ibu rumah tangga dengan serangkaian aktifitas monoton seperti mengurusi kebutuhan anak,keluarga serta urusan dapur. Berputarnya dari itu itu dan itu saja. ENOUGH !

Doa saya ternyata terjawab. Thanks God ! Ikhwal pertemuan saya dengan suatu komunitas penulis (IIDN Semarang) yang akhirnya menemukan muara baru. Yup, saya seperti kembali menemukan Pasion  yang telah menghilang berpuluh-puluh tahun lamanya. HIKS, meringis mengingat flashback ketika saya getol menulis karya dan alhamdullilah  selalu dimuat tiap minggunya sejak masa sekolah dasar. Sayangnya saat saya menjejak lagi setelah menikah terasa semuanya buntu terutama dalam memperoleh ilham maupun ide-ide brilian menulis. Gagal mencoba berulang kali, sampai batas berujung kesabaran habis. The END !

Untungnya dari bergabung dengan IIDN saya menjadi terlecut semangat kembali belajar menulis. Sehingga akhirnya merambah ke yang lain, tidak sekedar menulis ke media melainkan juga blog. Terdengar awam dengan kata BLOG. Namun sesungguhnya dari wahana BLOG inilah yang sukses menstimulasi otak dan otot tangan bersinergi kembali menulis.

Ya menulis tak lain adalah mengekspresikan apa yang ada dalam benak dan rasa terpadu satu dalam pengalaman hidup sekitar. Ibaratnya seperti menuliskan pada Buku Diari. Apa saja curhatan, keluh kesah dan sejuta pengalaman yang dialami sehari-hari. Ingeeet, kan sama kisah "CinTa Monyet". Nah itu dia, sekilas seperti itulah. Namun di dalam blog pribadi mungkin bisa saja disetting beda disesuaikan dengan faktor-faktor lingkungan sekitar. Tidak lantas, bisa membuka aib atau hal buruk secara blak-blakan.

Sekali lagi, mungkin ini sudah My Destination melewati jalan hidup berliku sehingga akhirnya dipertemukan lagi dengan kecintaan dunia literasi. Sungguh saya akui bila NGEBLOG jadi PASION hidup selamanya. Tidak bisa terpisahkan barang semenit pun, semuanya selalu berkaitan dengan dunia ngeblog ngeblog dan ngeblog.

Klaim Penting Tentang Blog
Kenapa sih ngeblog dikatakan sebagai pasion hidup selamanya ? Pede banget saya berani klaim tentang blog dalam perjalanan hidup menuju setengah abad *Whatsss masih 10 tahun lagi dah ^_^.
Bertemu dengan dunia blogging seakan memberikan suatu OASE kehidupan yang baru. Dimana selama ini saya seperti mengabaikan dan tidak pernah mau peduli tentang bagaimana nikmatnya menjalani hidup ini. SEE ?
Penasaran ?? Pengin tahu apa saja Magic Spirit tersebut. Yuuk, simak beberapa hal yang sudah menjadi poin penting dalam rentang waktu ngeblog saya hampir 7 tahun ini ( tahun 2009-2016)

1. Rasa Percaya Diri Menguat
Bingo ! Saat saya bisa menggeluti dunia blogging rasanya hidup kembali berwarna serta merta mengembalikan rasa semangat kembali menulis. Selalu pede saja dengan kemampuan menulis meskipun harus memulai dari basic. It's okay, times changing so fast. Semoga dengan ketekunan dan konsistensi tinggi bisa membawa kemajuan yang baik.

2. Tidak Perlu Melihat Rumput Tetangga lagi
Kekurangan masa lalu saat saya selalu mengalami dilema (merasa hanya sebagai ibu rumteng) tidak memiliki aktifitas dan kebanggaan berkarya seringnya membandingkan dengan beberapa teman dekat yang saya anggap lebih mujur. Padahal sebaliknya, mereka malahan yang pengin berada dalam posisi seperti saya ini. Bisa berada di rumah menjaga anak-anak sambil memperoleh penghasilan.

3. Ikon Kebanggaan
Bisa jadi setelah saya mantap ngeblog saya tidak merasa minderan atau berkecil hati bila bertemu dengan rekan maupun sahabat diluar. Malahan saya merasa bangga jika ada yang tanya tentang pekerjaan saya. Maklum sudah bukan penggangguran. Dalam artian saya sudah fix mempunyai tujuan mengapresiasikan apapun ilmu sebatas kemampuan. Swear, saya bangga sebagai BLOGGER ! Noted ya .

4. Ilmu Yang bisa Diwariskan
Pernah terpikir mencari jawaban sekiranya ilmu bermanfaat yang bisa diwariskan untuk berkarya dan mendulang prestasi itu apa saja yang sesuai dengan kemampuan diri. Sempat putus asa, mengingat usia produktif terus maju. Jadi tidak ada salahnya saat saya tahu ngeblog bisa dioptimalkan sekaligus ilmu diwariskan pada generasi muda dan anak-anak nantinya.


5. Income Yang Tidak Terbatas
Salah satu yang bikin surprised ketika mengetahui sisi lain dunia blogging. Ternyata bisa mendatangkan suatu pendapatan yang luar biasa. Dalam artian selama ini ngeblog sebatas untuk have fun  atau sekedar membagikan pengalaman bermanfaat. Namun tidak menutup kemungkinan juga dengan ngeblog yang dioptimalkan lebih serius, fokus dan profesional malahan menjadi ladang rezeki.

6.Silahturahmi Yang Tidak Terputus
Tidak hanya kegiatan ngeblog yang diutamakan namun adanya jalinan persahabatan yang bisa diuntai dengan keakraban dan ketulusan pada waktu bertemu kopdar, menghadiri event penting ataupun workshop blogging. Dari situlah saya merasa keberadaan bersama-sama saling support dan  melengkapi satu sama lain.

7. Kian Menambah Wawasan
Dari dunia blog inilah saya juga mempelajari hal-hal penting yang selama ini saya tidak ketahui. Dengan saling bertukar maupun sharing pengalaman  baru setidaknya bisa menambah wawasan diri sendiri. Apalagi ngeblog bersama-sama sesama blogger dari berbagai background hidup semakin memperkaya khasanah wawasan ilmu. Bener, bukan ?

Saya kira sudah lebih dari cukup beberapa poin penting yang saya paparkan di atas tadi. Meskipun masih banyak poin yang belum sempat dirangkum. Semoga saja poin yang ada dalam postingan omahantik tentang ngapain harus NGEBLOG, sudah mewakili jawaban gamblang dari pertanyaan seputar dunia blog.
 
Sebelumnya tanpa mengurangi rasa hormat saya ingin sampaikan rasa bahagia diiringi rasa kebanggan juga menyambut adanya apreasiasi untuk dunia blogging. Selamat Hari Blogger Nasional, semoga terus jaya dan sukses memajukan NKRI tercinta.

Keep Happy Blogging

31 comments:

  1. Semangat! Selamat hari Blogger nasional ya

    ReplyDelete
  2. Blogging emang menyenangkan ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Wah 7 magic spiritnya keren mbak. Saya juga merasakan percaya diri bertambah meskipun swdikit dwmi sesikit. Yang penting ada perubahan ya mbak..

    Swlanat hari blogger nasional semoga tambah rajin dan banyak job :)

    ReplyDelete
  4. Bener passion nulis di blog bener2 menyenangkan dan menghasilkan juga silaturahminya dapet ☺

    ReplyDelete
  5. Selamat hari blogger ya mbak...

    That's rite... passion hidup foreva.... nggak ngeblog hidup lu nggak rame daah :D :D

    ReplyDelete
  6. Pertamaxxx...

    Iyap, akurrrr.
    Mari komit tularkan virus ngeblog ke mana-manaaaa...

    ReplyDelete
  7. Suka bacanya Mbak. Moga makin semangat ngeblognya ya :)

    ReplyDelete
  8. Sebagai IRT..i feel U mba, walau ndak keseluruhan sama, tetap semangat dan tetap menginspirasi mb

    ReplyDelete
  9. Selamat hari blogger, Mba. Seneng deh, sdh menemukan passion nya di dunia ngeblog...salam kenal, Mba. Saya baru gabung di GRes kmrn, biar ketularan semangat ngeblog lagi

    ReplyDelete
  10. Sepakat mba.. terutama yang ke 6. Kapan kita kenalan ya mba. Sepertinya belum pernah bersua

    ReplyDelete
  11. Siip.. Smoga nular semangat & kreatifitas mba dlm ngeblog aah.. Aamiin..

    ReplyDelete
  12. Selamat hari Blogger nasional yaa mbak.. kiprahnya makin sukses.. banyak rezeki... amin

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, bahagia jadi blogger ya mba tanti, banyak banget manfaatnya :*

    ReplyDelete
  14. Nice to have a blog ya mbaaaak...
    I feel you...

    ReplyDelete
  15. Semoga makin istiqomah bloggingnya ya mbak, Happy Blogger Day ya :)

    ReplyDelete
  16. Ilmu yang bisa diwariskan itu yang buatku penting mba. Kalau suatu saat kita dah gak ada, orang tetap mengenang kita.

    ReplyDelete
  17. Mbak, ini tanggal tua, sebagai ibu bekerja tangganku dah gatel. Gimana masih iri? Hahahaha ojo iri yo Mbak. Mbak Tanty mah apalah-apalah. Darimu aku belajar jadi ibu bekerja yang stroooonggg. Makasih Mbak.

    ReplyDelete
  18. Selamat hari bloger nasional

    ReplyDelete
  19. Selamat Hari Blogger Nasional. Terus semangat menulis ya :)

    ReplyDelete
  20. 7 tahun ngeblog waow..aku suka yang bilang tidak melihat rumput tetangga lagi, secara kita selalu mikir si A enak ya..padahal mereka juga kadang mikir hidup kita enak hehe

    ReplyDelete
  21. Waaa. Ex wakakur y mba. Keren pasti kerjanyaaa... kereeen deh mba. Smoga makin sukses kedepannya yaaa... *salim*

    ReplyDelete
  22. Waaa. Ex wakakur y mba. Keren pasti kerjanyaaa... kereeen deh mba. Smoga makin sukses kedepannya yaaa... *salim*

    ReplyDelete
  23. Passion yang membawa banyak kebaikan ya mbaaa.. Aku juga cinta bangeet ngeblog!

    ReplyDelete
  24. mba tanti mah udah senior banget ya di dunia bloging... kudu banyak belajar dr mbak tanti :)

    ReplyDelete
  25. kalau sudah passion wis pokokmen selalu dibuat happy yaa mbak :)

    ReplyDelete
  26. Oh jadi kamu dulu nya guru yaaa kak
    Aku mau diajar kalo gurunya cantik gitu #EhGimana hahaha

    ReplyDelete
  27. Semangat ngeblognya ya mba...pekerjaan rmh tangga emang ga ada habisnya huhuhu

    ReplyDelete
  28. Walaupun yang didapat dr ngeblog blm terlihat, saya masih semangat belajar terus :D

    ReplyDelete
  29. Sukses terus ya Tanti, happy blogging!

    ReplyDelete
  30. selamat hari blogging nasional walau udah rada telat nih... keep on writing and keep on blogging :)

    ReplyDelete
  31. Blogging memang menyenangkan Mbak. Tapi, belum tentu 10 tahun kemudian platform semacam blog akan sepopuler sekarang. Kita tetap harus berkarya mengikuti perkembangan digital dan semoga menulis jadi bagian yang utuh dari diri kita ;)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)