13 Oct 2016

Suka Pets ? Lakukan 3 Hal Memelihara Binatang di Rumah Ini !

Credit : Google
Siapaaaaa siiiih yang gak gemes jika melihat hewan atau binatang lucu, imut nan menggemaskan ? Hampir semua rata-rata akan sependapat menyenangi binatang peliharaan-tentunya yang jinak dan bersahabat dong sama majikannya sendiri, *Bukan "jinak-jinak merpati" Tuh catat penting.

Mau menulis postingan ini malah teringat masa kecil dulu. Dimana adik bungsu sempat merengek-rengek dan mogok jalan ketika melewati Pets Shop di pasar tradisional. Bukannya terhibur hati malahan ngambek  gak keruan karena keinginan hati adik ditentang sama mama. Alasannya sih simpel lahan rumah kami sempit dan tipe couple-home alias dinding rumah saling menempel dekat dengan tetangga. Nah, kalau mau memelihara binatang *lumayan syusyeeeh dong ! Hahaha. Takut diprotes lantaran area perumahan yang terbatas.

Setidaknya kejadian tersebut juga jadi pembelajaran berharga, tidak semua keinginan harus dipenuhi seketika. Banyak faktor dan hal lain yang perlu dipertimbangkan lagi, Sayang adik bungsu saya kurang peka dan agak selfish. Apalagi keadaan waktu itu bersamaan dengan kepindahan rumah dari Semarang bawah ke wilayah yang agak tinggi, bukit Ngaliyan Semarang. Maklumlah seperti umumnya rumah  dijual di Surabaya, Semarang, Jakarta ataupun Bandung sekiranya akan menemui kendala yang sama jika memiliki lahan terbatas.

Setelah diberikan pengertian perlahan-lahan adik juga menyadari, tidak pada kondisi yang tepat untuk bisa memiliki binatang peliharaan seperti yang diminta tadi. Meskipun sebenarnya keberadaan hewan peliharaan itu sendiri bisa menjadikan nuansa rumah berbeda. Keadaaan rumah menjadi lebih gegap gempita karena ketambahan penghuni baru dan bisa diajak bermain.

Sisi buruknya jika pemilik hewan kurang bisa menempatkan lingkungan yang sesuai dengan hewan peliharaannya, malahan berakibat yang kurang baik. Dampaknya bisa saja majikan maupun hewan peliharaannya sama-sama kurang terurus bahkan menjadi sakit-sakitan.  Maka dari itu, pastikan sebelumnya  mengetahui  cara tepat sebelum memutuskan membawa binatang peliharaan ke rumah.

Mengutip dari berbagai pengalaman teman-teman yang suka memelihara binatang di rumah, bisa diperhatikan 3 hal penting berikut ini :

Sesuaikan Material Bangunan 

Usahakan untuk menggunakan material yang tidak berbahaya dan juga cocok untuk kandang khusus hewan peliharaan. Pastikan sebelumnya memilih material rumah yang baik dan mudah untuk dibersihkan ketika memelihara hewan peliharaan.
Untuk bagian lantai, gunakanlah bahan keramik. Selain kuat, bahan ini juga memberikan kesan adem untuk rumah Anda. Binatang peliharaan pun dapat dengan nyaman untuk duduk dan sekadar bermalas-malasan di lantai. Selain itu, bahan ini juga mudah dibersihkan
Untuk dinding, gunakanlah lapisan semi-gloss agar dinding lebih bercahaya. Dengan begitu lebih memudah kan dalam membersihkan dinding dari kotoran.

Furnitur dan Perabotan Ramah
Jangan menggunakan karpet yang lebar dan menutupi seluruh permukaan lantai. Hal tersebut akan merepotkan secara tidak langsung harus membersihkan karpet. Tidak hanya itu, karpet dapat menjadi salah satu tempat kuman dan jamur hewan untuk tumbuh.
Cobalah untuk menghindari menggunakan perabotan rumah yang pecah belah. Dengan begitu, tidak perlu khawatir jika perabotan bala pecah di rumah tersenggol atau menjadi mainan para binatang peliharaan tersebut.
Jangan pula membeli furnitur seperti kursi, sofa, atau meja yang sering dijadikan mainan oleh binatang peliharaan. Misalnya memilih perabotan rotan ketika memelihara kucing adalah sebuah kekeliruan, karena kucing senang mengasah kukunya di perabotan berbahan rotan. Akibatnya furniture tergores rusak oleh cakaran kuku kucing.

Lingkungan sekitar yang memadai
Hal yang bijak jika sebelumnya memperhatikan satu hal ini, yakni faktor lingkungan sekitar rumah. Pertimbangkan lebih jauh bagaimana dengan tetangga sekitar lingkungan rumah yang lain apakah merasa terganggu dan keberatan jika sampai halnya memilihara binatang. Agar nantinya tidak timbul masalah yang menganggu hubungan sosial.

Sekilas kesannya nampak sepele namun perlu dipikirkan lebih jika memang suka pets. Setidaknya 3 hal penting diatas bisa jadi acuan untuk menjadikan binatang piaraan rumah.
Hemmm,  sekiranya ada yang bertanya-tanya enggak soal kelanjutan cerita adik bungsu saya yang tadi ngambek ??? Hahaha .
Solusinya mudah bangeeet banget dan banget. Meskipun dia udah paham mengangguk-angguk terus tetap saja masih nggrundhel kata lainnya ada ganjalan hati. Untung saja terlintas ide brilian.. TING ^_^

Udaaah tinggal ajak lihat-lihat ikan hias, pilih mana yang paling disukai. Ambil sekalian akuarium mini dengan beberapa aksesoris pelengkapnya. Tradaaa ... SOLVE PROBLEM.  Senyum manisnya sudah terbingkai kembali tanpa perlu risau mikirin dimana meletakkan binatang "baru" kesayangannya.

Bagaimana dengan pengalamanmu ? Apakah pernah mengalami hal serupa. Share yuuuuk ^_^

Keeps Happy Blogging


3 comments:

  1. Kadng jga, org perkotaan meski perumahannya kecil mungil, tetep bisa nyetting gimana sekiranya naruh oets tapi tetap rumahbtrlihat rapi dan indah. Hhee

    ReplyDelete
  2. TERnyata susah2 gampang yaaa, mesti banyak pertimbangan

    ReplyDelete
  3. Aku sampe skrg belum bisa punya pets, karena masih suka pindah2 ..kasihan ntar petsnya. Tapi emang pengen pelihara guk guk sih..suami suka banget German Sheperd :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)