14 Oct 2016

Tips Praktis Membangun Rumah Minimalis Natural

Credit : Google
Dulu selalu berangan-angan untuk bisa memiliki rumah sendiri yang sederhana, kokoh dan bersih. Ketimbang berada dalam zona nyaman bersama orang tua atau mertua. So saya dan suami kerap hunting info yang berkaitan dengan properti. Atau melihat-lihat berbagai pameran promo perumahan yang ada. 

Demi mewujudkan mimpi tersebut secara tidak langsung membuat saya getol mengumpulkan gambar dan info yang berkaitan dengan konsep rumah minimalis. Pokoknya serba kliping gambar rumah minimalis natural.

Ada beberapa alasan mendasar yang membuat saya dan suami lebih cenderung menyukai konsep rumah minimalis lantaran :

Lebih Menarik dan Elegan
Rumah yang kecil namun bisa tertata rapi dengan desain interior yang sesuai tentunya akan lebih menarik dan terkesan elegan. Sehingga bisa menciptakan atmosfer kenyamanan dan rasa betah untuk menempati bersama keluarga.

Tampak cozy
Biasanya rumah yang dibangun secara minimalis akan tampak serba praktis dan mudah menempatkan suatu hal. Sehingga tidak banyak ruang/celah kosong dengan kekurangan perabotan atau sejumlah dekorasi ruangan yang belum lengkap. Semisal cuma memajang satu tampilan dekorasi entah itu pigura foto, atau menempatkan akuarium ikan sudah bisa mengurangi pikiran stres.

Salah satu sudut ruangan rumah minimalis natural yang jadi favorit

Mudah Membersihkan Rumah
Tentunya ruangan yang kecil dengan konsep minimalis akan lebih meringankan dalam urusan pekerjaan rumah. Karena dengan mudah dan efektif membersihkan lorong kamar ataupun perabotan yang berada di sekitarnya. Tenaga lebih hemat melakukan pekerjaan beberes rumah dan sekejap kemudian bisa menikmati semua keadaan kembali bersih dan tertata rapi. Duh, melegakan sekali.

Sekarang tinggal menyesuaikan setelah memutuskan memilih sebuah rumah dengan  konsep minimalis yang sedang populer sekarang ini.Memang, rumah minimalis sendiri banyak dijual oleh para pengembang. Namun, rumah tersebut belum tentu sesuai dengan keinginan para customer yang memang membutuhkan.

Beberapa orang bahkan memilih untuk membangun rumah minimalis sendiri. Berbagai tipe banyak didesain untuk rumah minimalis yakni rumah minimalis tipe 45, 36, 21, atau tipe lebih besar seperti 52, 75, dan tipe lainnya, dapat dengan mudah mencari desainnya di internet untuk referensi.

Tapi tidak menutup kemungkinan bagi yang ingin menciptakan rumah sendiri, tentunya disesuaikan dengan selera tentang  rumah minimalis natural yang menjadi pilihan utama. Rumah minimalis yang ada banyak di pasaran, kebanyakan menonjolkan konsep modern sebagai hunian.  

Memang, konsep natural kerap disebut orang sebagai konsep yang membosankan dan juga terlalu sederhana. Namun, siapa saja bisa kok memaksimalkannya dengan mengikuti tips-tips berikut ini untuk mendapatkan suasana rumah minimalis natural :

1. Fungsikan ruang sentra
Kamar utama ini bisa jadi pusat dari seluruh rumah sekaligs.Dimana bisa jadi tempat menyenangkan berkumpul bersama keluarga, melakukan sharing dan ngobrol bareng, atau tempat diskusi. 

2. Tempatkan furniture tepat
Dengan mengatur furniture atau perabotan yang tepat sesuai dengan konsep minimalis akan membantu menghidupkan suasana ruangan yang ada. Bagaimana pengaturan suatu meja makan agar bisa berbaur dengan furniture lainnya tampak lebih apik dan  leluasa dalam konsep rumah minimalis.

3. Pilih bentuk kaca lebar
Pemilihan dan penempatan kaca yang berukuran lebar di beberapa sudut ruangan ternyata bisa memperoleh kesan natural atau lebih dekat dengan suasana alam. Selain memudahkan sirkulasi udara dan cahaya matahari masuk. Hal ini tentunya berdampak rumah terasa lebih sehat dan menyegarkan alami.

4. Tonjolkan elemen kayu
 Ternyata pemakaian elemen kayu di sejumlah bagian rumah juga bisa menjadikan rumah minimalis lebih natural dan menciptakan nuansa kehangatan. Coba saja bereksperimen  dalam memadu padankan unsur kayu pada ubin, atau gagang pintu rumah minimalis.
Anda dapat menggunakan elemen kayu di berbagai bagian rumah Anda. Cobalah untuk mewarnai atau memasang dinding kayu untuk beberapa bagian rumah maka akan terasa lebih alami dan natural.

5.  Memajang dekorasi foto
Untuk mengurangi kejenuhan atau kebosanan di dalam rumah bisa saja memasang dekorasi sederhana seperti memajang sebuah lukisan antik, bisa juga gambar pemandangan atau pigura foto keluarga yang bisa menambah suasana ruangan so welcome.

6. Sentuhan aksentual
Tata ruang dalam rumah minimal tampak lebih alami atau natural jika ditambahkan dengan sentuhan aksentual seperti menempatkan vas bunga, hiasan maupun ornamen yang berhubungan dengan alam, atau meletakkan beberapa batu alam yang menarik.

7. Buat tanaman merambat
Untuk bagian luar rumah, bisa juga menonjolkan konsep natural dengan menanam tanaman merambat di dinding rumah. Ingat, bahwa tanaman harus terus dijaga agar tetap cantik dan menarik untuk dipandang. Sebaliknya jika tidak malah akan merusak pemandangan dengan sulur-sulur tanaman yang tak terurus rapi. Jangan biarkan hal tersebut terjadi.

Setelah selesai dan berhasil mengerjakan semua itu dengan baik tinggal menikmati hasil terbaik. Hati tenang dengan perasaan puas bisa memoles rumah dengan tips praktis membangun rumah minalis natural.
Enggak ada salahnya dong empunyarumah  mau duduk, santai, dan menikmati panorama konsep ruangan rumah baru yang serba minimalis.Terasa begitu damai dan memuaskan. Yup, ini adalah imbalan atas kerja keras dan kemauan gigih. Ahh. Begitu baik!

 Keeps Happy Blogging

sumber foto : website freshome.com

19 comments:

  1. Wah makasih tipsnya keren mbak

    ReplyDelete
  2. Point ke 4 memang sangat efektif untuk membangun rumah minimalis yang sangat natural :-)

    ReplyDelete
  3. Wah udah lama nggak baca artikel soal rumah, mimpiku dari dulu punya rumah minimalis

    ReplyDelete
  4. Aduuh, tip nya berguna bgt nih mba, aku lg pingin ganti suasana rumah :D

    ReplyDelete
  5. Selain karena emang lagi tren, konsep minimalis ini emang bikin gemes sihhhhh... Mau T___T

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka sih konsep rumah minimalis... jadi lebih lapang dan luas kesannya.

    ReplyDelete
  7. Aku suka rumah minimalis dengan banyak unsur kayu, mbak. Kayane serasa di kampung terus meski tinggal di tengah kota.

    ReplyDelete
  8. Aku suka rumah minimalis karena anakku tingkahnya aduhai. Kalau kebanyakan barang bisa heboh senggol sana-sini.

    ReplyDelete
  9. meskipun saya orang bali (biasanya org bali akan membbuat design rumah arsitektur khas bali) tapi kelak kalau sy pnya rumah saya maunya yg minimalis aja lah mba faktornya biar gamoang dibersihkan dan saya ga suka sama tatanan rumah yg terllau ramai

    ReplyDelete
  10. Kalau saya pilih rumah minimalis karena budget yg ada segitu mba..hihi

    ReplyDelete
  11. Saya juga mengidamkan rumah dg konsep minimalis. keliatah bersih gitu. tapi kalau masih punya anak kecil apalagi balita mah tetep aja gpang berantakan. hihi

    ReplyDelete
  12. Cita-citaku punya rumah minimalis

    ReplyDelete
  13. wah keren... pengen bisa design rumah minimalis yg cozy

    ReplyDelete
  14. Suka dg design minimalis apalgi dtambah aksen shabby chic.. ga suka rumah yg terlalu gede, susah ngebersihinnya wakaka...

    ReplyDelete
  15. saya baru tau itu namanya aksentual..Saya juga sih konsep minimalis, rapi kayaknya en cozy

    ReplyDelete
  16. Karena rumahku, syurgaku. Tempat berpulang semua lelah. Jadi tempat nyaman adalah hal wajib yang harus ada ^^

    ReplyDelete
  17. ide interiornya cukup memuaskan, bukan hanya buat yg mau bikin rumah, tapi pebisnis proferti juga sangat membutuhin nih, thanks gan

    ReplyDelete
  18. Iya bener kalo rumah nya simple jadi mudah ngebersihin nya

    ReplyDelete
  19. Aku ingin rumahku ntar depannya pakai tanaman bersulur. Semoga bisa rajin merawatnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)