25 Nov 2016

Tips Mudah Merawat kompor Gas Agar Awet dan Tahan Lama


Era modern sekarang mengalami pelbagai perubahan. Termasuk dalam urusan dapur, yang menjadi urusan penting tiap harinya bagi ibu rumah tangga. Mulai dari perkakas masak berbahan arang-kayu, beralih ke kompor minyak dan merambah ke elektrik (via listrik) hingga gas.

Kini hampir semua dapur mempunyai kompor gas sebagai alat masak utama. Selain lebih hemat bahan bakar, penggunaan kompor gas juga lebih praktis dan bersih. Meski begitu, cara pemakaian yang praktis bukan berarti tanpa risiko, bukan?
Bila dipakai kurang kehati-hatian atau sembarangan, kompor gas justru dapat membahayakan penggunanya, contohnya seperti tabung meledak. Saya bergidik ngeri jika mengingat kejadian duka yang menimpa kerabat di Bogor. Beliau adalah budhe  masih ada hubungan darah dengan keluarga mama mertua. Peristiwanya cepat sekali dan tidak terduga, tabung gas yang sedang dipakai memasak tiba-tiba meledak.

Kontan dapur hancur berantakan. Entahlah apa penyebabnya, langsung budhe dibawa ke rumah sakit untuk ditangani. Selang beberapa hari menjalani perawatan akhirnya budhe menghembuskan nafas terakhir. Sungguh kami sekeluarga benar-benar merasa kehilangan sosok beliau yang supel dan piawai memasak enak.

Bercermin dari hal tersebut, ada baiknya kita semua lebih aware berhati-hati dan mengetahui cara merawat kompor gas dengan benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, juga agar umur kompor gas lebih awet. Kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi sebaik mungkin, silakan simak detail tips berikut cara mudah merawat kompor gas agar awet dan tahan lama.

Tips Mudah Merawat Kompor Gas 
Safety First!
Sebaiknya sebelum mulai menggunakan kompor gas, pastikan selang saluran gas pada kompor dan regulator sudah tersambung dengan sempurna. Regulator yang tidak terpasang dengan baik dapat menyebabkan kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran. Selain regulator, periksa lebih detail apakah selang berada di posisi tidak tertekuk atau terlipat, karena hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada selang. Wah, menyeramkan sekali ya?
Bersihkan Secara Rutin
Salah satu indikasi bahwa kompor memang butuh dibersihkan adalah timbulnya sedikit asap dan pijar api yang berwarna kemerahan. Hal ini mengindikasikan adanya kotoran yang menyumbat lubang-lubang kecil tempat keluarnya api (burner), akibatnya panas yang dikeluarkan tidak optimal dan juga lebih boros bahan bakar. Tidak hanya burner, bagian lain pada kompor gas juga harus dibersihkan supaya tidak ada resiko kerusajan yang menjalar  ke bagian kompor penting lainnya.
Pastikan Tabung Dalam Keadaan Baik
Cara paling sederhana untuk mengecek apakah tabung dalam kondisi baik adalah melihat apakah 80% permukaan tabung tertutup cat. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa tabung dan karat pada tabung. Karat yang dalam akan menyebabkan tabung lebih rentan terhadap kebocoran.
Jaga Agar Nyala Api Kompor Berwarna Biru
Biasanya saat membeli kompor baru, pasti apinya berwarna biru. Lama-kelamaan bila tidak dirawat, apinya akan menjadi merah. Nah, inilah yang harus dihindari karena api yang berwarna merah berarti pembakarannya tidak baik dan akan lebih boros gas. Untuk menghindarinya, pastikan untuk selalu membersihkan lubang kompor secara rutin agar kotoran tidak mengendap. Bisa juga membersihkannya menggunakan sikat agar saluran api kembali lancar. 
Bila Tercium Bau Gas
Segera tinggalkan apapun yang sedang kita lakukan! Jika tiba-tiba mencium bau gas mengindikasikan adanya kebocoran. Oleh karena itu, segera ambil langkah-langkah berikut:
  1. Segera matikan kompor dan alat apapun yang dapat menimbulkan percik api.Tutup katup regulator.Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Gas elpiji lebih berat daripada udara, sehingga jika sirkulasi kurang baik, gas akan mengendap di sekitar permukaan lantai. Ini yang biasanya menyebabkan “Bom Elpiji”.


Capture kompor gas form.JPG

Pemakaian kompor yang kurang kehati-hatian dapat mengakibatkan kompor rusak dan menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan. Jika urgen membutuhkan service kompor gas, kini telah hadirmarketplace jasa bernama www.sejasa.com Cukup dengan membuka Sejasa.com, isi form request, dan nantikan penawaran dari beberapa penyedia jasa.

Sangat membantu sekali nih jika semua konsumen bisa akses pelayanan online ini. Bahkan kita bisa juga menyimak detail sekaligus compare  harga dan review. Jadi, tunggu apalagi bisa mulai segera menyayangi perkakas dapur yang ada - rawatlah kompor gas dapur secara rutin!

Keep Happy Blogging

21 comments:

  1. Saya sepakat sama tips yang telah di bagikan,, sedikit menambahi Taruhlah Tabung GasNya di uang yang terbuka dan ada cerobong udara, jika sewaktu-waktu ada kebocoran bisa terbawa angin.... Maksih ya bunda infonya.

    ReplyDelete
  2. kompor gas memang harus dirawat dan diperhatiin keamanannya ya mb.

    ReplyDelete
  3. aku suka parno kalo ada bunyi mendesis dari gas, menghayal yg gak-gak deh.. terimakasih infonya ya, service kompor pun ada jasanya ya

    ReplyDelete
  4. Tipsnya bermanfaat mba. Aku juga takut kalau tercium bau gas mba

    ReplyDelete
  5. Wah iya banget nih, kalau rajin dirawat, Kompos jadi awet. Alhamdulillah komporku sejak nikah 11 tahun masih awet hehe

    ReplyDelete
  6. Baru tau klo tabung gas ada tanggal kadaluarsa jg. Lht nya dibagian mn ya mb

    ReplyDelete
  7. paling maleees emang kalo harus bersihin kompor gas..hahaa..udah males bersihin, males masaknya pula..upss...tfs mbaa

    ReplyDelete
  8. Penting banget merawat kompor gas agar terhindar dari bahaya.. Kan sering terdengar oleh kita kalo kurang perawatan kompor gas bisa meledak..

    ReplyDelete
  9. Kompor d rmh yg aku pake umurnya udah lbh dr 10 th, tp mah awet smpe skrg. Alhamdulillah ya kalo dirawat jd gk cpt rusaak

    ReplyDelete
  10. Betul mba, penting jaga kesehatan kompor & tabung gas kita. Eh, aku udah lama nda bersihin kompor secara menyeluruh lho *tutupmuka

    ReplyDelete
  11. Wah...infonya bermanfaat sekali..saya tu orangnya paling parno sama kompor gas. Alhamdulillah belum.pernah ada pengalaman jelek ttg kompor gas, cuma berita-berita yang beredar kadang bikin ngeri..makasih mbak infonya...

    ReplyDelete
  12. penting banget ya jaga kompor gas ini. akhir2 ini saya agak parno sama kompos gas gara2 tikus dirumah itu loh huhuhu T___T takut kalo selangnya diapa2in sama si mickey ini

    ReplyDelete
  13. terimakasih ya infonya berguna banget, paling sadar warna api di komporku agak kemerahan.. bs dibersihkan dg sikat ya? salam kenal ya mbak:-)

    ReplyDelete
  14. Aku paling takut mba sama gas hehehe, untungnya ART-ku paling rajin ngelapin kompor klo bekas aku pakai :)

    ReplyDelete
  15. Innalillahi, turut berduka atas meninggalnya Budhe, Mbak.
    Ngeri juga kalo denger ada kompor gas yang meledak. Makasih tipsnya Mbak, memang perlu diterapkan.

    ReplyDelete
  16. makasih tips dan sharingnya mbak. Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  17. Padahal penting ya mb crist membersihkan kompor, kadang2 aku suka hilap abis masak main ngloyor aja, alhasil arang nempel dimana2

    ReplyDelete
  18. nah itulah aku paling malas bersihin kompor krn bagian dalamnya harus telaaten gak bisa buru2 tp komporku kompor dari aku pertama kali menikah masih bagus dan masih tak pakai sampai saat ini

    ReplyDelete
  19. Gas kalau mau abis juga suka kecium ya mbak, lihat meterannya juga di selang, aku pakai tabung gas 12kg, awet juga walau hampir tiap hari dipakai, kalau kompor selalu rinnai, ada juga yang dicat tetanggaku mah heu

    ReplyDelete
  20. Rajin rajin dibersihkan ya mba.. thanks tipsnya

    ReplyDelete
  21. aku juga suka ketakutan kalau ada suara mendesis dari kompor gas mbak apalagi kalau g ada suami

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)